Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Contoh-contoh Biaya Overhead

Biaya overhead atau overhead expenses adalah salah satu istilah yang sering muncul dalam dunia akuntansi. Biaya overhead merupakan biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan yang tidak berkaitan secara langsung dengan proses bisnis serta produksi yang dilakukan oleh perusahaan, biaya overhead juga sering diartikan sebagai biaya yang tidak terduga atau biaya tambahan yang sering muncul di luar perkiraan.

Laporan keuangan bagi setiap perusahaan merupakan hal yang penting untuk menganalisis peforma perusahaan, apakah sudah berjalan sesuai dengan harapan atau tidak. Salah satu hal yang menjadi komponen yang tidak boleh diabaikan adalah biaya overhead, hal ini menjadikan biaya overhead memiliki peranan yang penting.

Biaya overhead pada dasarnya merupakan salah satu jenis biaya atau pengeluaran yang terdapat dalam semua bidang usaha, baik itu perusahaan produksi jasa maupun barang. Jenis-jenis biaya overhead bisa berbeda – beda tergantung dari jenis perusahaan. Sebagai contoh biaya overhead perusahaan manufaktur akan berbeda dengan perusahaan dagang. Pada perusahaan manufaktur biaya overhead bisa meliputi biaya sewa, biaya asuransi, biaya peralatan kantor, dan lain-lain.

Contoh-contoh Biaya Overhead

Biaya overhead memiliki banyak contoh jika dikelompokan berdasarkan konteks yang berbeda, dan berikut adalah contoh biaya overhead berdasarkan sifatnya, biaya overhead berdasarkan perubahan volume produksi, dan biaya overhead berdasarkan departemen dalam perusahaan.

biaya overhead berdasarkan sifatnya, biaya overhead berdasarkan departemen dalam perusahaan, dan

1. Contoh Biaya Overhead Berdasarkan Perubahan Volume Produksi

  • Biaya Overhead Tetap (Fixed Expenses)

Biaya ini merupakan biaya-biaya yang sifatnya tetap dan harus dipenuhi setiap bulannya. Biaya ini harus selalu dibayarkan tanpa memperhitungkan perubahan volume produksi yang dihasilkan oleh perusahaan. Contoh nyata dari biaya overhead tetap ini misalnya:

    • Biaya sewa atau hipotek.
    • Depresiasi asset tetap (fixed asset) misalnya depresiasi kendaraan atau peralatan kantor.
    • Biaya asuransi dan jaminan kesehatan.
    • Biaya jasa akuntan
    • Biaya jasa hukum
    • Biaya tenaga kerja untuk manajer, karyawan akuntan, dan lainnya.
  • Biaya Overhead Variabel

Biaya ini merupakan biaya yang akan selalu mengalami perubahan yang disebabkan oleh banyak faktor, seperti aktivitas penjualan dan faktor eksternal seperti kondisi perekonomian Negara atau faktor musim, biaya ini seringkali tidak dapat diperhitungkan karena jumlahnya akan terus berubah meskipun masih dalam periode yang sama. Contoh biaya overhead variabel misalnya:

    • Biaya pemasaran
    • Biaya telepon
    • Biaya peralatan alat tulis kantor dan perlengkapannya
  • Biaya Overhead Semi Variabel

Biaya ini lebih fleksibel dari biaya lainnya atau biaya yang nilainya tidak selalu berubah namun juga tidak selalu harus dibayarkan, akan tetapi biaya ini juga bisa dapat menjadi biaya yang tetap dari periode waktu tertentu. Biaya ini dipengaruhi adanya faktor eksternal atau kegiatan operasional perusahaan yang meningkat atau menurun.

Contoh dari biaya overhead semi variabel adalah pembelian kertas dan tinta printer. Karyawan pada dasarkan akan menggunakan kertas dan tinta printer konstan sesuai dengan kebutuhan. Akan tetapi, ketika pada masa periode akhir tahun perusahaan yang akan tutup buku membutuhkan lebih banyak laporan – laporan yang perlu dicetak, hal ini bisa jadi mempengaruhi penggunaan kertas dan tinta printer lebih banyak dipakai

Pembelian kertas dan tinta printer. Terkadang, pegawai di sebuah perusahaan harus menggunakan kertas dan tinta printer secara konstan dalam beberapa periode waktu tertentu. Namun, karena pada akhir tahun perusahaan itu harus tutup buku, maka besar kemungkinan beberapa pegawai akan menggunakan kerta dan tinta printer lebih banyak dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.

2. Contoh Biaya Overhead Berdasarkan Sifatnya

Jika dilihat dari sifatnya, biaya overhead yang dikeluarkan oleh perusahaan bisa dikelompokan dalam beberapa macam. Diantaranya adalah:

  • Biaya bahan penolong

Biaya ini merupakan biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk membeli bahan yang tidak menjadi bagian atau komposisi utama dari hasil produksi, atau bahan yang memiliki nilai yang lebih kecil dari harga produksi secara keseluruhan.

  • Biaya tenaga kerja tidak langsung

Biaya ini adalah biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk membiayai upah atau gaji dari tenaga kerja yang tidak bisa diperhitungkan langsung pada produk.

  • Biaya pemeliharaan

Biaya ini adalah biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk bahan habis pakai, biaya suku cadang, biaya mesin produksi, biaya perawatan kendaraan, dan biaya alat penunjang kegiatan operasional lainnya.

3. Biaya Overhead Berdasarkan Departemen dalam Perusahaan

  • Biaya overhead langsung

Biaya ini merupakan biaya yang dikeluarkan oleh departemen yang manfaatnya hanya bisa dinikmati oleh departemen tersebut.

  • Biaya overhead tidak langsung

Biaya ini merupakan biaya yang dikeluarkan untuk sebuah departemen akan tetapi memiliki manfaat yang juga bisa dirasakan oleh departemen lainnya.

Demikian ulasan mengenai contoh-contoh biaya overhead, mulai dari biaya overhead berdasarkan sifatnya, biaya overhead berdasarkan perubahan volume produksi, dan biaya overhead berdasarkan departemen dalam perusahaan. Semoga bisa menambah wawasan mengenai ilmu akuntansi perusahaan dan bisa menerapkannya agar usaha yang dijalankan bisa memiliki laporan keuangan yang baik.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang contoh-comtoh biaya overhead, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Perkiraan Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di Singapura
10 Kota di Dunia Paling Mahal Biaya Hidupnya 2019
Contoh-contoh Disguised Unemployment (Pengangguran Terselubung)
Contoh Surat Permohonan Menjadi Anggota Ormas
Mengapa Biaya Kuliah Untuk Mahasiswa Internasional Lebih Mahal?
Perbedaan Antara Fixed Expenses Dengan Variable Expenses
Contoh Nyata Penawaran Inelastis Sempurna
10 Biaya Tersembunyi dalam Memulai Bisnis
Contoh Nyata Opportunity Cost
Anda Menabung di Bank? Ini Dia Ragam Biaya dan Potongan di Bank!


Bagikan Ke Teman Anda