Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Contoh Investasi Jangka Panjang yang Bisa Menjadi Pilihan

Tidak ada kata terlambat atau terlalu cepat dalam memulai sebuah investasi, setiap orang berhak mendapatkan kestabilan finansial bahkan di usianya yang masih muda. Bayangkan jika di masa tua nanti, kamu tidak perlu lagi bersusah payah kerja keras untuk mendapatkan penghasilan. Kamu hanya tinggal menikmati waktu pension dengan santai bahkan dengan pemasukkan yang cukup tanpa perlu bekerja. Semua itu dilalui dengan proses berinvestasi mulai saat ini.

Namun, hanya sebatas membayangkan bisa merasakan financial freedom saja belum cukup, kamu harus mulai merencanakan investasi jangka panjang mulai sekarang dengan bijak. Kamu bisa memulainya dengan memahami tujuan serta jenis invetasi jangka panjang terlebih dahulu. Ya, investasi terbagi dua yaitu investasi jangka pendek dan jangka panjang. Keduanya sama-sama cara investasi terbaik yang bisa kamu pilih untuk menghasilkan keuntungan di masa depan.

Bagi kamu yang saat ini mulai menyadari pentingnya berinvestasi, berikut ini adalah contoh investasi jangka panjang yang bisa kamu pertimbangkan untuk dimiliki.

Contoh Investasi Jangka Panjang

Bila kamu telah memahami tujuan kamu dalam berinvestasi, maka kamu sudah bisa mulai mempertimbangkan jenis investasi apa yang paling tepat dan sesuai dengan kebutuhan kamu. Berikut ini ada beberapa pilihan investasi jangka panjang rekomendasi dari kami yang bisa kamu pilih.

1. Saham

Saham dapat menjadi alternatif investasi jangka panjang yang bisa kamu pilih untuk meraup keuntungan yang besar. Langkah pertamanya mungkin kamu masih bingung, tapi kamu bisa mulai mempelajarinya di berbagai artikel dan video tentang investasi. Bahkan beberapa kampus juga sudah memiliki Galeri Investasi yang berfungsi sebagai wadah mahasiswa mempelajari investasi saham.

Pada investasi saham , keuntungan yang akan kamu dapatkan adalah berasal dari kenaikan saham perusahaan yang dibeli. Untuk itu langkah awal membeli saham adalah bisa memilih sekuriras terlebih dahulu, untuk kemudian manajer investasi bisa membantu kamu dalam memilih perusahaan yang tepat untuk Anda membeli saham perusahaan terbuka tersebut.

2. Reksa Dana

Reksa dana dapat menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin memulai investasi jangka panjang. Untuk investasi reksa dana ini, kamu tidak membutuhkan dana yang cukup besar, dan risiko investasi tersebut juga cukup rendah. Jadi, pilihan investasi jangka panjang yang kedua ini bisa jadi pilihan yang tepat bagi investor pemula

Cara investasi reksadana dimulai dengan memilih platform investasi sebelum mulai berinvestasi, jadi kamu menentukan terlebih dahulu mana yang ingin digunakan. Beberapa platform reksadana online tersedia di beberapa e-commerce dan situs web, pastikan kamu memilih platform yang tepat.

3. Investasi Emas

Emas menjadi salah satu investasi dengan risiko yang rendah. Bahkan investasi emas ini sudah dari dulu dilakukan karena cukup mudah dan nilai jual emas juga selalu stabil. Itulah alasan kenapa hingga saat ini investasi emas masih menjadi favorit bagi banyak orang untuk berinvestasi.

Bentuk dari investasi emas juga semakin beragam, mulai dari emas fisik hingga tabungan emas. Untuk memulai menjalankan investasi ini, kamu perlu memperhatikan fluktuasi emas untuk menentukan saat yang tepat bagi kamu dalam membeli dan menjual emas agar bisa mendapatkan keuntungan yang besar.

4. Properti

Sejak awal tahun 2000, investasi jangka panjang properti ini kian ramai dilakukan investor. Memang investasi ini memerlukan dana yang cukup besar, namun peluang keuntungannya juga cukup besar. Seperti slogan dalam investasi, yakni high risk high return. Itulah kenyataan dalam berinvestasi properti.

Nah, jika kamu memiliki bangunan atau tanah, kamu bisa memanfaatkannya sebagai ladang investasi kamu. Karena umumnya harga tanah bisa mengalami kenaikan setiap tahunnya. Hal itu dipengaruhi dengan lahan yang kedepannya akan banyak diisi oleh penduduk. Jadi, investasi properti ini menjadi salah satu asset yang menjanjikan.

5. Obligasi

Obligasi adalah sebuah surat utang yang dapat dibeli berisikan tanggal jatuh tempo pembayaran beserta utang dan bunganya. Kelebihan obligasi salah satunya bunganya yang cukup besar. Syarat untuk membeli obligasi ini adalah minimum 5 juta, WNI, memiliki KTP, dan mempunyai rekening tabungan di salah satu bank umum.

Karena investasi ini cukup minim risikonya, maka bisa dijadikan pilihan tepat bagi kamu yang ingin mempersiapkan dana pensiun di masa depan. Kamu bisa membeli produk obligasi di lembaga keuangan terpercaya.

Demikianlah Contoh Investasi Jangka Panjang yang Bisa Menjadi Pilihan bagi kamu yang akan atau baru memulai investasi. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang contoh investasi jangka panjang, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Apa Itu Price to Book Ratio?
10 Contoh Nama Kafe Unik, Simpel Nan Kekinian
Apa Itu Capital Gain?
Apa itu Stock Split?
Perbedaan EBIT vs EBITDA
Apa Itu Bond Yield Formula?
Apa Itu Currency Futures?
Waspada Investasi Bodong Big Data (BDIG)
Contoh-contoh Credit Card Scam (Penipuan Kartu Kredit)
3 Contoh Investasi Syariah Bebas Riba


Bagikan Ke Teman Anda