Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa Ciri-Ciri Emas Asli?

Emas adalah logam yang nilainya paling tinggi. Tidak heran emas juga banyak dijadikan instrumen investasi oleh sebagian emas. Ini karena salah satu karakteristik emas adalah nilainya yang selalu naik dari tahun ke tahun.

Harga emas pun cenderung stabil sehingga tidak menyebabkan kerugian yang terlalu banyak bagi orang yang menyimpannya untuk investasi. Namun demikian, kasus penipuan dan pemalsuan emas juga sering ditemui.

Itulah mengapa sangat penting untuk mengetahui ciri-ciri emas yang asli, sehingga Anda tidak menjadi korban penipuan pihak yang tidak bertanggung jawab.

Ciri-Ciri Emas Asli

Di bawah ini ciri-ciri emas asli yang bisa dilihat oleh mata. Ketika Anda akan membeli emas, pastikan beberapa hal di bawah ini agar Anda tidak tertipu ya!

  • Emas memiliki kilau yang terang

Emas merupakan logam yang memiliki kilau terang karena warnanya yang kuning. Kilau emas terlihat sangat indah dan lebih cerah dibandingkan dengan logam lain, terutama kuningan yang sekilas mirip dengan emas.

Berbeda dengan logam kuningan dan kilaunya cenderung redup dan permukaannya sedikit kusam. Kilau emas akan terpancar dengan maksimal di bawah pencahayaan yang terang.

  • Terdapat label pabrik dan kadar kemurnian

Ini dia cara sederhana lain yang bisa Anda terapkan untuk mengetahui keaslian emas. Pada emas batangan akan diberi label pabrik pembuatnya (misalnya ANTAM) lengkap dengan keterangan kadar kemurnian emas tersebut.

Hal yang sama juga bisa Anda temukan dalam emas perhiasan. Biasanya terdapat label atau tanda khusus yang menunjukkan kemurnian emas tersebut.

  • Sertifikat keaslian emas

Selain label yang menandakan pabrik mana yang memproduksi logam emas, emas asli dilengkapi dengan sertifikat khusus yang menunjukkan keasliannya. Biasanya hanya emas batangan saja yang dilengkapi dengan sertifikat semacam ini.

Sehingga ketika Anda akan menjualnya kembali, calon pembeli tidak akan meragukan keaslian emas tersebut. Namun meski Anda sudah mendapatkan sertifikat keaslian emas, tetap lakukan tes sederhana untuk memastikan bahwa emas tersebut memang asli.

  • Warna tidak berubah jadi hitam seiring berjalannya waktu

Emas yang tidak asli mudah berubah warna dan menghitam seiring berjalannya waktu. Biasanya warnanya akan berubah menjadi hitam. Ini banyak ditemukan terutama pada emas perhiasan. Karena terkena keringat dan air, maka emas yang tidak asli akan mengalami perubahan warna menjadi kehitaman. Anda juga bisa melakukan tes sederhana dengan menggoreskan emas pada keramik untuk memastikan keasliannya.

  • Harganya lebih mahal dari kuningan atau logam lainnya

Emas adalah logam yang paling berharga. Sehingga tidak heran harga emas juga jauh lebih mahal dari logam lain seperti perak, perunggu, atau kuningan. Kini rata-rata harga emas adalah Rp 850 ribu hingga Rp 900 ribu.

Jadi jika Anda ingin membeli emas namun harga jauh di bawah harga tersebut, Anda patut curiga akan keaslian emasnya. Namun hal ini hanya berlaku untuk emas batangan saja. Karena emas perhiasan yang sudah diberi campuran logam lain pasti harganya lebih murah.

Cara yang Bisa Dilakukan Untuk Menguji Keaslian Emas

Memastikan keaslian emas tentu tidak bisa hanya dengan dilihat saja. Berikut ini beberapa cara membuktikan keaslian logam emas yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

  1. Perubahan warna

Emas asli tidak akan bisa berubah warnanya. Untuk membuktikan keaslian emas, Anda bisa melihat apakah emas berubah warna setelah digosokkan ke permukaan tertentu. Coba gosok emas menggunakan jari Anda dan lihat apakah warnanya berubah. Emas yang asli tidak akan menunjukkan perubahan warna.

  1. Kepadatan

Tahukah Anda bahwa emas adalah salah satu logam yang memiliki kepadatan rendah? Ciri khas tersebut bisa menjadi salah satu cara untuk membuktikan keasliannya.

Semakin tinggi kadar keaslian emas, maka semakin lunak pula tekstur logam tersebut. Jika Anda ingin tahu apakah emas yang Anda miliki itu asli atau tidak, Anda bisa coba menggigitnya. Apabila emas tersebut asli, akan tertinggal bekas gigitannya.

Anda bisa menerapkannya untuk emas berbentuk batangan untuk menguji keasliannya. Emas yang tidak asli tidak akan memiliki bekas gigitan.

Hanya saja, cara ini tidak bisa diaplikasikan pada semua bentuk emas. Anda tidak bisa membuktikan keaslian emas perhiasan dengan cara digigit karena campuran logam lainnya yang terlalu banyak.

  1. Goreskan pada keramik

Ini adalah cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui apakah emas yang Anda miliki asli atau tidak. Caranya sangat sederhana, yaitu dengan menggoreskan batang emas pada selembar kertas atau keramik. Emas murni atau emas asli tidak akan meninggalkan goresan. Jadi permukaan kertas atau keramik tetap mulus seperti biasa.

Namun apabila emas yang Anda miliki tidak asli, akan tertinggal goresan-goresan kecil pada kertas atau keramik. Tapi perlu Anda ketahui bahwa menguji keaslian emas dengan cara ini beresiko merusak emas itu sendiri.

Itu dia beberapa metode yang bisa digunakan untuk mengetahui ciri-ciri emas asli. Perlu diketahui bahwa uji emas asli hanya bisa dilakukan pada emas batangan yang kadarnya sangat tinggi. Uji tersebut mungkin tidak terlalu efektif jika diterapkan pada emas perhiasan yang kadarnya relatif rendah.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang ciri-ciri emas asli, semoga bermanfaat bai Anda semua.



Ciri-ciri Orang yang Akan Sukses di Masa Depan
Apa Itu Price to Book Ratio?
Waspada Investasi Bodong GCG Asia
Pengaruh Inflasi Terhadap Saham
Apa itu Buy The Dip?
Apa itu Brent Crude Oil?
Untung Rugi Investasi Bitcoin
Apa itu Annual Return?
Apa Itu Day Trading?
Apa Itu Volatility?


Bagikan Ke Teman Anda