Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

4 Contoh Investasi Jangka Pendek yang Cocok Untuk Anak Muda

Di masa muda ini, sudah saatnya untuk melek finansial. Karena di masa muda adalah saatnya untuk memperoleh keuntungan dan melipatgandakan keuntungan dari uang yang dimiliki dalam waktu singkat. Pilihan investasi jangka pendek merupakan pilihan yang paling tepat. Karena dengan berinvestasi jangka pendek lebih mudah dipelajari dan lebih minim risiko terjadinya kerugian. Itulah kenapa bagi anak muda penting untuk memulai investasi jangka pendek dari sekarang.

Investasi jangka pendek merupakan produk investasi dengan menyetorkan sejumlah dana untuk kemudian di kelola dalam waktu singkat, sehingga keuntungan yang diperoleh dapat dicairkan dalam tempo waktu yang tidak lama. Periode investasi jangka pendek biasa berlangsung selama satu tahun.

Dana yang di investasikan umumnya dikelola dalam hal yang mudah untuk diperjualbelikan dan dicairkan. Investasi jangka pendek juga tergolong lebih aman, khususnya bagi anak muda yang baru akan memulai investasi.

Nah, apabila kamu tertarik dan berencana untuk menggeluti dunia investasi, maka kamu bisa simak contoh investasi jangka pendek berikut ini yang bisa kamu coba untuk bisa menghasilkan cuan secara maksimal. Setidaknya ada lima jenis investasi jangka pendek yang paling banyak diminati sebagai berikut :

1.  Deposito

Contoh yang pertama ini merupakan cara investasi yang mudah dilakukan dengan cara menyisihkan uang secara rutin untuk ditabung di bank. Hal ini memang tidak jauh berbeda dengan menabung di bank, hanya saja pada deposito sudah ditentukan jangka waktunya oleh pihak bank. Ada yang jangka waktunya satu tahun, tiga tahun, bahkan lebih. Setelah sudah jatuh tempo, barulah uang di dalam deposito kamu bisa diambil.

Cara menabung deposito, pertama kamu bisa mendatangi bank yang kamu pilih dalam menyimpan dana deposito kamu, kemudian pilih jangka waktu deposito sesuai tujuan finansialmu, simpan dana deposito dengan pilihan tenor yang kamu inginkan, pilih dana yang ingin ditempatkan, kemudian pilih bunga deposito sesuai dengan yang kamu inginkan.

Berbicara tentang keuntungan yang didapatkan dari investasi deposito ini yaitu menjanjikan bunga yang lebih tinggi dibandingkan dengan bunga tabungan biasa. Bunga deposito berkisar 5 – 6%, dan kamu juga tidak perlu khawatir akan risiko kehilangan uang karena Bank memberikan jaminan bagi dana kamu.

2. Reksadana Pasar Uang

Reksadana merupakan contoh investasi jangka pendek selanjutnya yang merupakan wadah dalam menghimpun dana dari masyarakat untuk kemudian diinvestasikan pada instrumen-instrumen investasi tertentu. Dalam reksadana pasar uang, instrumen investasi yang dijual diantaranya seperti obligasi dan deposito.

Sekarang ini, kamu bisa membeli reksadana secara online di beberapa e-commerce terpercaya. Caranya adalah dengan memilih menu reksadana di e-commerce yang kamu inginkan, kemudian beli dan isi data diri dan dokumen calon nasabah, kemudian kamu akan mendapatkan nomor identitas untuk melakukan transaksi, kemudian aktivasi akun, pilih produk reksadana, dan lakukan pembayaran menggunakan uang elektronik atau transfer. Setelah membeli reksadana, maka kamu bisa memantau keuntungan dari bunga yang kamu dapatkan setiap harinya.

3. Obligasi Negara Ritel (ORI)

Investasi jangka pendek lain yang juga cocok bagi anak muda adalah ORI. Instrumen investasi ini merupakan surat hutang yang dikeluarkan pemerintah, karena dikelauarkan oleh negara maka sudah dipastikan tingkat risikonya rendah. Batas minimal pembelian ORI dimulai dari Rp 3 juta dengan tenor yang cukup panjang sampai 3 tahun.

4. Saving Bonds Ritel (SBR)

Saving Bonds Ritel (SBR) merupakan produk investasi berupa surat utang yang dikeluarkan oleh pemerintah. Untuk kamu yang tertarik berinvestasi di SBR, kenali mitra distribusi nya terlebih dahulu diantaranya adalah bank dan lembaga keuangan lainnya, termasuk aplikasi keuangan yang ditunjuk sebagai mitra distribusi SBR.

Cara membelinya yaitu dengan membuka situs mitra distribusi dan kemudian isi registrasi secara online. Nah, bagi kamu yang belum pernah investasi SBR, kamu bisa membuat single investor identification (SID) dan rekening surat berharga terlebih dahulu di sistem pemesanan SBR online.

Setelah melakukan registrasi, maka kamu sudah bisa memesan melalui sistem elektronik mitra distribusi dengan membaca segala ketentuan di dalam memorandum informasi. Jika pesanan kamu sudah terverifikasi, maka kamu akan mendapatkan kode pembayaran dari mitra distribusi lewat email. Billing code ini digunakan untuk penyetoran dana sesuai pemesanan, dan pembayaran bisa dilakukan di teller, internet banking, mobile banking, ATM, dan uang elektronik lainnya. Kemudian jika pembayaran sudah terverifikasi, kamu akan memperoleh NTPN dari email dan kamu sudah memiliki SBR.

Demikianlah contoh investasi jangka pendek yang bisa kamu pilih. Yuk, membangun kemandirian finansial di masa muda dengan cara investasi.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang contoh investasi jangka pendek yang cocok untuk anak muda, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Tip Do & Don’t Bagi Investor Pemula di Pasar Saham
Contoh-Contoh Biaya Overhead
Untung Rugi Investasi Emas
10 Tips Investasi untuk Pemula
Apa Itu Lot dalam Saham?
Saran Profesional untuk Anak-anak Muda di Usia di Bawah 30 Tahun
Apa Itu Price to Sales Ratio
Apa Itu Analisis Kelayakan Investasi? Berikut Penjelasannya!
Untung Rugi Investasi Emas
Contoh Tanda Terima Barang


Bagikan Ke Teman Anda