Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Mengatur Keuangan Pribadi dengan Model 70/10/10/10

Pernahkah Anda mengenal istilah 70/10/10/10 bugeting model? Pada halaman ini kami akan mengulas tuntas mengenai 70/10/10/10 bugeting model beserta tips-tips yang wajib Anda ketahui.

Tentang 70/10/10/10 Budgeting Model

Pertama-tama yang harus Anda pahami mengenai 70/10/10/10 bugeting model adalah sebuah strategi penganggaran yang dipopulerkan oleh Jim Rohn.

Idennya sangat sederhana, Anda cukup “mengambil” seluruh penghasilan (setelah dipotong pajak) dan membaginya menjadi 4 kelompok.

Kelompok pertama adalah bagian “70”, kelompok kedua adalah “10” pertama, kelompok ketiga adalah “10” kedua, dan kelompok keempat adalah “10” yang terakhir.

Secara sederhana, distribusinya adalah sebagai berikut:

  • 70 – Habiskan 70% pertama penghasilan Anda untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, termasuk pula di dalamnya hiburan.
  • 10 – Simpan 10% pertama dari penghasilan tersebut untuk dana masa depan Anda
  • 10 – Investasikan 10% kedua dari penghasilan Anda
  • 10 – Bagikan 10% ketiga untuk yang lebih membutuhkan

70/10/10/10 bugeting model terlihat mudah untuk diterapkankan, namun kenyataannya, tidak semua orang dan sangat sedikit yang mampu melaksanakannya. Dibutuhkan komitmen, disiplin, perencanaan, kerja, serta visi untuk masa depan Anda.

Mewujudkan 70/10/10/10 Bugeting Model

Baiklah, mari kita ulas satu per satu agar 70/10/10/10 bugeting model ini bukanlah sekedar teori ekonomi.

  • 70% – Habiskan

Anda dapat menggunakan bagian 70% ini untuk biaya hidup dan juga gaya hidup Anda. Tentu yang ini terasa mudah, tapi tunggu dulu. Nyatanya 99% orang tidak dapat mempraktekkannya, sebab rata-rata orang-orang hidup dari gaji ke gaji.

Mereka menghabiskan lebih banyak dari yang mereka dapatkan, dan kian hari kian jatuh ke dalam hutang tiap tahunnya.

Porsi 70% dari penghasilan nampaknya tidak pernah cukup, kecuali Anda bersedia memotong beberapa pengeluaran pribadi. Misalnya dengan membawa bekal dari rumah, alih-alih membeli makan siang di restoran atau kafe.

Anda juga bisa mulai memangkas anggaran untuk mengisi pulsa telepon atau paket data, atau menyederhanakan bunga kartu kredit Anda.

Sekali lagi, untuk hidup dengan angka 70% tersebut dibutuhkan komitmen besar, disiplin, serta fokus untuk mencapai hasil yang diharapkan.

  • 10% – Simpan

Mungkin Anda bertanya-tanya, jika hidup dengan 70% dari penghasilan saja sudah menguras “energi”, bagaimana mungkin bisa menyissihkan 10% nya lagi?

Kata kuncinya adalah “MULAI”. Tidak perduli berapa yang bisa Anda hemat, namun memulai dengan langkah kecil akan membuka langkah-langkah besar selanjutnya.

Misalnya saja, jika penghasilan Anda adalah Rp. 3 juta per bulan, maka Anda tidak harus mulai menghemat Rp. 300 ribu (jika memang itu terlalu berat), Anda bisa memulai dengan menabung Rp 200 ribu, atau bahkan Rp. 100 ribu.

Berapa pun itu akan sangat berarti untuk langkah 70/10/10/10 selanjutnya.

  • 10% – Investasikan

Sebagian besar dari masyarakat kita nampaknya masih asing dengan kata investasi, utamanya kalangan menengah ke bawah. Dan jika Anda salah satu dari mereka, maka mulai sekarang ubahlah persepsi tersebut.

Anda bisa mulai belajar menyisihkan 10% selanjutnya dari penghasilan bulanan Anda untuk berinvestasi. Hanya 10%? Investasi seperti apa?

Investasi tidak harus untuk sesuatu yang besar, semisal membeli properti atau ikut dalam bursa saham. Modal 10% tersebut bisa Anda pakai untuk ide bisnis online yang kini sedang populer, atau investasikan dengan membeli buku-buku terbaik yang bisa membangun karakter Anda.

Atau Anda juga bisa mengikuti beberapa seminar bisnis dan pengembangan diri. Sederhana, namun kami yakin hal tersebut bisa berdampak besar dan mengubah gaya hidup Anda. Kini Anda pun semakin dekat dengan 70/10/10/10 bugeting model.

  • 10% – Bagikan

Tidak semua orang senang dengan ide ini, dan tidak semua orang mampu menjalankannya dengan sepenuh hati.

Mungkin yang ada di benak kita saat mendengar kata “berbagi” adalah: Bagaimana mungkin saya bisa berbagi jika saya masih kekurangan?

Prinsipnya sama dengan berhemat atau menyimpan. Yang Anda butuhkan adalah keberanian untuk memulai. Awali dengan hal-hal kecil dan sederhana yang bisa Anda kerjakan untuk orang lain di sekitar Anda.

Lama-lama hal itu akan menjadi kebiasaan dan membuat Anda ketagihan untuk melakukannya. Percayalah, semakin Anda memberi, maka Anda akan semakin banyak menerima.

Disamping itu, ada kepuasan batin saat melihat orang yang Anda tolong hidupnya menjadi lebih baik. Kunjungi beberapa panti asuhan atau panti jompo, hal tersebut akan mengubah perspektif hidup dan membantu Anda untuk lebih bersyukur.

Tips Menjalani 70/10/10/10 Bugeting Model

Tantangan besar bagi Anda yang akan menjalankan 70/10/10/10 bugeting model adalah bahwa Anda harus memotong biaya hidup yang tadinya berkisar 91% menjadi hanya 70% dari pendapatan.

Dengan kata lain, ada jarak 23% dari pengeluaran sehari-hari untuk dapat mewujudkan ide ini. Namun jangan menyerah, ada sejumlah tips yang bisa dipraktekkan untuk membantu Anda mewujudkan 70/10/10/10 bugeting model ini.

  • Jika diperlukan, pindahlah dari rumah mewah atau apartemen besar Anda saat ini, dan milikilah rumah yang lebih kecil atau lebih sederhana. Hasil penjualan rumah atau selisih dari menyewa apartemen bisa digunakan untuk melunasi hutang.
  • Cari rumah yang lebih dekat dengan tempat Anda bekerja, tentu ini akan sangat membantu dalam menghemat biaya transportasi.
  • Tinggalkan kendaraan pribadi dan beralihlah ke moda transportasi umum yang lebih hemat, atau Anda bisa mulai menggunakan sepeda untuk pergi ke kantor atau berbelanja. Keuntungan ganda yang akan Anda dapatkan adalah gaya hidup yang lebih sehat.
  • Selalu siapkan makanan dari rumah. Hindari menghabiskan waktu di kafe-kafe yang hanya akan membakar uang Anda.

70/10/10/10 bugeting adalah sebuah ide perbaikan ekonomi yang sangat tepat diterapkan di masyarakat modern. Tantangannya hanya maukah Anda mengambil tindakan dan mulai melakukan perubahan besar tersebut?

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang mengatur keuangan pribadi dengan model 70/10/10/10, semoga bermanfaat bagu Anda semua.



Apa Itu Perusahaan Pergadaian?
Evaluasi Kesehatan Keuangan Anda? Ini Dia Caranya!
Inilah 6 Cara Mengatur Keuangan Ala Orang Cina
Apa Itu Wealth Management?
8 Prinsip untuk Mengelola Keuangan dengan Baik
10 Tips Ampuh untuk Mengelola Keuangan
Tips Mengatur Keuangan untuk Generasi Milenial
Kalau Mau Jadi Milyader, Harus Mulai dari Mana?
Daftar Kata-kata Bijak Tentang Keuangan
6 Cara Menjadi Kaya Ala Orang Yahudi


Bagikan Ke Teman Anda