Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Tip Mempersiapkan Pensiun Dini

Memiliki masa kerja lama atau bahkan menahun tentu menjadi pilihan bagi setiap orang. Memasuki usia yang hampir setengah abad tentu menjadi momok, karena pilihan pensiun atau pensiun dini salah satu faktornya. Anda bisa saja memilih mengambil pensiun lebih awal dengan alasan tertentu, hal ini wajar dan bagi perusahaan sangatlah mudah.

Untuk mengambil pensiun dini Anda harus mempersiapkan segala sesuatunya lebih awal, agar pada saat pensiun Anda tahu apa yang akan dilakukan. Karena banyak kejadian, setelah pensiun mereka tidak bisa melakukan banyak hal, dan justru uang pensiun habis tidak tersisa.

Untuk Anda yang memang ingin segera pensiun dari saat ini, dan bingung hendak melangkah seperti apa. Berikut ini beberapa penjelasan yang bisa Anda coba, seperti di bawah ini:

Langkah-langkah Mengambil Pensiun Dini

1. Lunasi semua hutang yang Anda miliki

Baik itu hutang yang berskala kecil sampai skala besar, usahakan bayar semua tagihan kartu kredit Anda, mobil, rumah dan sebagainya. Dengan demikian Anda akan terbebas dari beban besar, betapa menyenangkan hidup tanpa ditakut – takuti oleh bayangan hutang. Jangan sekali – kali untuk membuka kesempatan kepada hutang atau kredit, pertimbangkan untuk hal tersebut, karena Anda sudah berstatus sebagai pensiunan.

2. Mulai dengan kebiasaan menabung sejak dini

Sebelum Anda memutuskan pensiun sebaiknya Anda sudah siap untuk tabungan jangka panjang. Anda bisa menyimpan dalam bentuk deposito berjangka, obligasi, dan tabungan lainnya. Jika memang Anda sudah pensiun, dana tersebut bisa digunakan untuk investasi jangka panjang, namun pertimbangkan untuk meneliti sebelum Anda memutuskan investasi mana yang cocok dan juga aman. Investasi ada banyak jenisnya, bisa berupa saham, properti, bisnis barang dagangan, dan sebagainya. Jadi pilihan kembali kepada Anda, bijak dalam menentukan serta memutuskan mana yang baik dan juga menguntungkan masa tua Anda.

3. Manfaatkan rencana pensiun Anda

Setelah Anda memutuskan untuk mengambil pensiun dini segera sesuaikan rencana yang sudah diatur, mulai dari pembayaran hutang, pajak, dan pembayaran tunggakan lainnya. Hal ini untuk mempermudah Anda memantau pengeluaran dana yang sudah Anda susun, dan tidak terjadi penyimpangan. Apabila rencana pensiun Anda tidak sesuai maka kemungkinan Anda akan mengalami defisit dana, bahkan uang habis dengan alasan yang tidak jelas. Rencana pensiun dapat dibuat dengan aktivitas yang positif, dan merencanakan usaha atau bisnis untuk memperoleh keuntungan lain.

4. Cari cara untuk memiliki penghasilan lain.

Masa pensiun tidak hanya menjemukan Anda apabila tidak ada kegiatan yang bisa dilakukan. Walau Anda sudah tidak bekerja lagi, namun sebagai tambahan penghasilan tidak salah jika Anda mencoba berbagai cara untuk mendapat dana lebih. Misal Anda memiliki skill bahasa Inggris, maka Anda bisa membuka kursus di rumah Anda untuk menjadi tenaga pengajar part time atau private course, atau Anda bisa menjual kue hasil karya Anda, serta menjadi penulis artikel lepas pada web tertentu. Pilihan bisa Anda lakukan sesuai dengan kemampuan dan kemauan Anda sendiri.

5. Tinggal di tempat atau area yang lebih murah

Tidak salah jika masa pensiun Anda memiliki dan tinggal di rumah yang sederhana dan cukup murah. Anda bisa menjual aset berupa rumah dan tanah Anda dan membeli rumah yang lebih murah dan juga minimalis. Hal ini jauh lebih menguntungkan, selain biaya pajak rumah lebih ringan, perawatan rumah yang sederhana lebih hemat, seperti hemat biaya listrik, biaya renovasi, biaya air dan sebagainya.

Sehingga sisa dana yang Anda miliki bisa ditabung atau diinvestasikan dalam bentuk bisnis yang menguntungkan. Apabila Anda memutuskan untuk menyewa sebuah rumah, pastikan pertimbangkan untung dan ruginya, walau tidak harus membayar pajak, namun Anda diwajibkan membayar beban sewa rumah dan sebagainya. Belum lagi risiko hal lain yang sewaktu – waktu dapat terjadi dari pihak pemilik rumah atau lingkungan sekitar.

6. Mencari pemasukan lain

Tidak mesti masa pensiun dihabiskan dengan santai – santai tanpa ada kegiatan penunjang kehidupan Anda. Untuk menambah pemasukan dana Anda, tidak salah apabila Anda mencoba peruntungan sebagai tenaga lepas sesuai dengan keahlian serta minat Anda. Ada banyak kesempatan jika Anda ingin berusaha, Anda bisa menawarkan keahlian Anda sebagai penulis, guru lepas, konsultan, bisnis rumahan, atau agen property dan masih banyak lagi. Tentu kegiatan tersebut selain bermanfaat untuk aktivitas Anda, juga menambah pemasukan lain. Jadi, tabungan Anda tidak akan terkuras dengan kondisi ekonomi yang serba sulit dan mahal.

Pertimbangan lainnya

Apabila Anda memiliki jaminan sosial lain seperti asuransi pekerja, asuransi hari tua, maka dana tersebut bisa Anda gunakan sebagai tabungan, jika usia pensiun Anda memasuki 65 tahun. Atau jika pensiun Anda belum mencukupi, maka Anda harus menunggu sampai jaminan tersebut bisa dicairkan.

Oleh sebab itu pentingnya mengatur dana simpanan  Anda dengan bijak dan juga hemat, penjelasan di atas dirasa bisa mewakili untuk Anda memulai langkah menyiasati masa pensiun. Anda juga bisa melakukan bisnis sampingan sesuai dengan rencana yang sebelumnya yang sudah Anda buat secara matang.

Pada kenyataannya masa pensiun tidak terlepas dari masalah biaya-biaya serta pengeluaran tetap yang harus Anda pikirkan. Biaya tersebut bersifat pokok dan utama, seperti biaya angsuran rumah, cicilan kendaraan, asuransi, pajak dan sebagainya. Tentu biaya itu semua harus Anda keluarkan secara rutin atau secara tertentu, pastikan apabila usia pensiun Anda tidak lebih dari 65 tahun, Anda harus memiliki penghasilan lain untuk menutupi biaya itu semua.

Belum lagi Anda harus mempertimbangkan tentang jaminan kesehatan yang selama ini dibiayai oleh perusahaan, dengan Anda pensiun tentu perusahaan sudah tidak lagi menanggung biaya tersebut. Siapkan dana asuransi kesehatan dengan dana yang dikhususkan sebelumnya, agar apabila Anda mengalami suatu hal yang tidak diinginkan, Anda sudah memiliki jaminan tersebut.

Oleh karena itu pentingnya untuk mengatur dan mengelola uang pensiun Anda selagi bisa diatur dengan sehat dan bijak, karena jika, maka dana tersebut akan habis dan Anda tidak bisa menjalani kehidupan pensiun Anda dengan tenang dan sejahtera.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang tip mempersiapkan pensiun dini, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Apa itu Literasi Keuangan?
Tip Keuangan untuk Kamu yang Baru Lulus dari SMA
7 Tip Perencanaan Keuangan Pribadi dan Investasi
Persiapan Pribadi Menghadapi Resesi yang Akan Datang
Aspek Keuangan yang Sering Terlupa dan Harus Diperhatikan
Redenominasi Rupiah, Bagaimana Seharusnya Masyarakat Menyikapinya?
Perbedaan Kebiasaan Orang Kaya vs Orang Biasa
Cara Membuat Budget Anggaran Keluarga
Apa itu Tabungan Jenius? Review Tabungan Jenius
Masuk Masa Pensiun? Perhatikan Beberapa Hal Ini!


Bagikan Ke Teman Anda