Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

13 Saran Menabung Bagi Anak Muda Generasi Milenial

Kalangan milenial dihadapkan pada dilema antara memiliki gaya hidup sosialita dan menabung untuk masa depan. Namun sayang, jalan yang dipilih terkadang jauh dari kata ideal. Penghasilan yang diterima setiap bulan sering kali menguap dalam sekejap saja.

Anda ingin menjadi milenial yang bijak dalam mengatur keuangan? Simak tips menabung untuk kalangan muda berikut ini.

Advise Menabung Kepada Anak Muda

1. Lacak setiap pengeluaran

Memang metode ini terdengan kuno dan kurang efisien, tapi tunggu sampai Anda benar-benar mempraktekkannya. Membuat anggaran bulanan akan memudahkan Anda melacak setiap pengeluaran yang terjadi, baik itu yang telah tertulis pada anggaran, maupun pengeluaran lain-lain.

Tidak ada cara lain selain menuliskannya dengan disiplin. Jika merasa kesulitan dan kurang waktu untuk menyusun buku anggaran, bukankah kini banyak aplikasi yang memudahkan Anda dalam mencatat semua transaksi yang Anda lakukan? Manfaatkan saja itu.

2. Simpan uang sejauh mungkin dari jangkauan Anda

Pastikan saat Anda pergi jalan-jalan atau ke mana saja, Anda hanya membawa “cukup” uang dan meninggalkan kartu kredit di rumah. Dalam hal ini, Anda pun harus peka terhadap bahaya laten kartu kredit.

Begitu Anda mengeluarkan dari dompet, kartu kredit seolah-olah menarik semua barang ke meja kasir. Pada akhirnya, Anda pun harus membayar dengan bunga tinggi untuk barang-barang yang tidak begitu Anda butuhkan.

3. Kendaraan pribadi bukanlah hal yang utama

Kami memahami bahwa memiliki kendaraan pribadi bagi sebagian besar kaum muda adalah sebuah gengsi yang tiada tara. Tapi pikirkan ini, alih-alih mengghabiskan tabungan untuk membeli mobil, sebaiknya pakai uang tersebut untuk membeli rumah.

Rumah akan selalu memiliki harga jual yang meningkat di kemudian hari, namun mobil, harganya akan terjun bebas dalam beberapa tahun saja. Lagi pula, jika Anda benar-benar membutuhkan kendaraan, Anda sangat perlu mempertimbangkan membeli mobil bekas.

4. Segera pindah dari rumah orang tua Anda

Saat Anda telah memiliki pekerjaan tetap, segera pikirkan untuk memiliki rumah sendiri. Buat anggaran tersebut menjadi nyata dengan berhemat atau memiliki pendapatan tambahan. Anda tentu tidak akan diam di rumah orang tua selamanya, bukan?

Harga rumah kian hari juga kian melambung, jadi tidak ada alasan untuk menunda-nunda memiliki rumah. Tidak masalah jika itu bukan rumah impian Anda, seiring berjalannya waktu, Anda bisa merubahnya menjadi seperti yang Anda impikan.

5. Tidak perlu melirik rumput tetangga

Yup, bagaimanapun rumput tetangga akan selalu terlihat lebih bagus dari sudut pandang kita. Namun jangan terpancing untuk menuruti gaya hidup, atau malah bersaing dengan mereka. Anda tidak tahu pasti apa yang mereka kerjakan, atau berapa banyak hutang mereka untuk sekedar menghidupi gaya hidup mereka.

6. Sekali-kali katakan tidak

Ketika teman atau kerabat mengajak Anda untuk liburan mewah atau makan di tempat yang tidak terjangkau bagi Anda, sebaiknya Anda segera berkata tidak. Jika mereka benar-benar teman Anda, tentu mereka akan mengerti, tapi jika mereka memaksa, sebaiknya tinggalkan dan cari pergaulan baru yang lebih suportif.

7. Cari beasiswa untuk sekolah

Pendidikan sangat penting di era ini. Untuk itulah Anda wajib meraih pendidikan setinggi mungkin. Jangan jadikan ketiadaan uang sebagai kendala utama. Di luar sana banyak beasiswa untuk siswa yang benar-benar menginginkan bangku kuliah.

Selain itu, Anda juga bisa mengambil pekerjaan paruh waktu untuk mencukupi kebutuhan selama Anda kuliah. Jika ada universitas di kota Anda tentu itu keuntungan ganda, sebab Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk menyewa kamar kos.

8. Mulailah pikirkan dana pensiun

Anda akan berpikir, “yang benar saja?”. Tapi kami bersungguh-sungguh akan hal ini. Banyak orang mengabaikan untuk mulai memikirkan dana pensiun dan terus menundanya sampai semua sudah terlambat.

Mulailah anggarkan tabungan untuk pensiun, toh tidak ada ruginya bagi Anda karena dana tersebut tidak akan hilang.

9. Menjadi kaya bukanlah kejahatan

Banyak orang salah menilai tentang konsep menjadi kaya. Atau jangan-jangan mereka hanya iri? Jika Anda seorang muda dan mulai berpikir untuk masa depan Anda sendiri, abaikan pandangan miring orang-orang tentang kerja keras Anda.

Tidak ada kerja yang menghianati hasil, zaman telah berganti, kini sebagian besar milyuner di dunia adalah orang-orang muda yang berusia di bawah 50 tahun.

10. Ketekunan mengalahkan obsesi

Pekerjaan pertama Anda mungkin bukanlah pekerjaan impian Anda. Namun belajarlah dari setiap pengalaman yang Anda dapatkan. Bahkan tidak jarang orang-orang justru menemukan puncak karier dan keberhasilan mereka dari sesuatu yang kurang mereka sukai pada awalnya.

11. Dapatkan pasangan yang tepat

Pernikahan akan jauh lebih sulit ketika Anda berdua tidak pernah sepakat tentang keuangan. Pastikan pasangan yang Anda pilih untuk mendampingi Anda seumur hidup adalah pasangan yang tepat dan memiliki konsep keuangan yang “setara” dengan Anda.

12. Hindari terlalu banyak menimbun

Gaya hidup dan banyak hal lainnya sering kali membuat kita menjadi penimbun. Tidak masalah jika Anda memiliki banyak barang, yang menjadi masalah adalah ketika Anda memilikinya tanpa pernah menggunakannya.

Barang-barang tersebut akan menumpuk di sudut gudang atau menjadi pajangan yang tidak berarti. Mulai sekarang, batasi keinginan Anda untuk membeli barang sebesar apa pun Anda menginginkannya.

13. Banyak berbagi tidak akan membuat Anda bangkrut

Beramal akan menjadikan Anda semakin kaya. Tidak hanya dalam sisi finansial, tapi juga dari sisi yang lain. Semakin banyak yang Anda bagikan, semakin banyak pula berkat yang menggantikannya. Jika tidak percaya, silahkan buktikan sendiri!

Menjadi muda dan kaya bukan saja hak setiap orang, namun juga merupakan tanggung jawab setiap orang untuk masa depan mereka masing-masing.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 13 saran menabung bagi anak muda generasi milenial, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Ini Dia 7 Kebiasaan Agar Bisnis Anda Sukses
Tip Sederhana untuk Berhemat
Inilah 6 Cara Mengatur Keuangan Ala Orang Cina
Pengaturan Keuangan yang Perlu Diperhatikan Pada Usia 30
Besar Pasak daripada Tiang, Berikut Ini Tanda-tandanya
Tipe Orang yang Akan Gagal Mengelola Uang
Bagaimana Menghasilkan Uang Tambahan saat Traveling/Liburan
Ajarkanlah Tip Keuangan Ini pada Anak Anda!
Apa Itu Hedonisme dan Mengapa Tak Baik untuk Keuangan Keluarga
Kesalahan Pola Asuh Anak Mengenai Keuangan yang Mungkin Anda Lakukan


Bagikan Ke Teman Anda