Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

17 Habits of Self-Made Millionaires: Inilah Daftar Kebiasaan Menentukan Kesuksesan

Ketika membaca buku karya Thomas Corley, kita akan disuguhi apa saja dan bagaimana kebiasaan seseorang yang menentukan kesuksesannya hingga menjadi milioner. Bukan tanpa dasar, Thomas Corley menghabiskan waktu selama 5 tahun untuk survei pada keseharian 177 jutawan.

Dari penelitian tersebut, Thomas menemukan bahwa kebiasaan seseorang menentukan kesuksesan. Semua informasi yang didapat kemudian disimpulkan dan diterbitkan dalam buku berjudul Change Your Habits, Change Your Life.

Menurut Thomas, ada sebab akibat yang berhubungan dengan kebiasaan. Sedangkan kebiasaan itu sendiri merupakan penyebab kekayaan, kemiskinan, kebahagiaan, kesedihan stress, hubungan baik atau buruk, serta kesehatan baik atau buruk. Thomas juga menuliskan, jika kebiasaan buruk dapat diubah.

Hasil kajian yang diteliti oleh Thomas Corley tersebut ditulis ulang oleh penulis Philip Andres dalam buku berjudul 17 Habits of Self-Made Millionaires. Di dalam buku ini, penjelasan mengenai “rich habit” disajikan lebih ringkas. Isi dari kebiasaan yang dapat menguubah seseorang menjadi sukses berdasarkan buku 17 Habits of Self-Made Millionaires adalah:

  1. Konsisten Membaca Setiap Hari

Hampir semua orang sukses di dunia memiliki kebiasaan membaca. Hal ini sudah dibuktikan oleh tokoh berpengaruh seperti Opprah Winfrey, David Rubeinstein, Phil Knight, Bill Gates, Warren Buffet, dan masih banyak lagi. Bagi orang-orang ini membaca bukan hanya kegiatan untuk mengisi waktu senggang, melainkan untuk menggali informasi baru.

Menurut Thomas Corley, 88% orang-orang sukses yang ia teliti menggunakan 30 menit atau lebih dalam sehari untuk membaca buku. Sebagian besar dari mereka tidak membaca buku untuk hiburan, tapi membaca untuk mempertahankan ilmunya. Umumnya, jenis buku yang dibaca adalah biografi tokoh penting, buku pengembangan diri, atau sejarah.

  1. Giat Melakukan Latihan Kebugaran

Sebagian besar jutawan di dunia memiliki pemikiran bahwa menjadi orang sukses harus selalu tampil fit dan sehat. Seperti yang diketahui, gaya hidup pengusaha dengan jam terbang tinggi hampir tidak memiliki waktu untuk olahraga. Nyatanya kesibukan sama sekali tidak menghalangi latihan kebugaran.

Hasil penelitian Thomas Corley menunjukkan, 76% orang sukses melakukan latihan aerobik setiap 30 menit dalam satu hari. Bukan hanya itu, mereka cenderung melakukan olahraga yang berfokus pada kardio seperti lari, jalan kaki, atau bersepeda. Menurut penelitian lain, jenis latihan ini dapat menumbuhkan neuron di dalam otak.

  1. Berkumpul dengan Orang-orang Sukses

Tidak dapat dipungkiri lingkungan juga sangat menentukan kesuksesan seseorang. Omong kosong jika memilih teman tidak boleh pilih-pilih, dengan kata lain memilah siapa yang memberi dampak negatif dan positif. Tanpa disadari interaksi yang dilakukan dapat mempengaruhi pola pikir dan kebiasaan seseorang.

Thomas Corley menuliskan, orang-orang sukses selalu mencari individu yang berorientasi pada tujuan, optimis, antusias, dan memiliki pandangan mental positif secara keseluruhan. Sehingga, menjauhi seseorang yang membawa pengaruh negatif sangatlah penting. Di dalam buku ini juga ditekankan, pengaruh negatif dapat menggagalkan kesuksesan.

  1. Menjadi Sukarelawan

Selain mendekatkan diri dengan orang-orang sukses, Thomas Corley menyatakan bahwa sukses berawal dari amal. Menurutnya, para jutawan menjadi sukarelawan untuk membantu golongan yang membutuhkan. Totalnya ada 72% dari objek penelitiannya melakukan kegiatan ini sekitar 5 jam atau lebih dalam satu bulan.

Tokoh yang sebelumnya sudah disebutkan Bill Gates dan Warren Buffet diketahui menyenangi kegiatan amal. Kedua sosok ini percaya jika menyumbangkan sebagian hartanya tidak membuat seseorang menjadi miskin. Lantas sampai sekarang mereka tetap dikenal sebagai orang sukses yang menginspirasi.

  1. Menulis Setiap Keinginan

Menetapkan mimpi menentukan kehidupan di masa depan, itulah yang ditulis oleh Thomas Corley. Lebih jelasnya, seseorang akan lebih terarah jika menulis apapun yang ingin dicapai. Di dalam penelitiannya, 62% orang berhasil meraih mimpi yang mereka tulis pada kertas.

Akan tetapi, cara ini tidak semudah kelihatannya. Bukan sekadar menulis keinginan dalam buku catatan. Harus benar-benar bertanya pada diri sendiri apa yang diinginkan. Dengan demikian, mimpi-mimpi yang ditulis akan lebih mudah terealisasi. Lantas tidak semua hal serta merta ditulis, kemudian terwujud dengan tiba-tiba.

  1. Fokus Mengejar Tujuan

Banyak orang yang melakukan kesalahan dengan mengikuti mimpi orang lain. Kenyataannya orang sukses dapat mencapai mimpinya sendiri tanpa kenal lelah. Seseorang akan lebih bersemangat ketika mengejar keinginan yang timbul dari diri sendiri.

Semangat yang muncul membuat pekerjaan menjadi menyenangkan, serta memberikan energi, ketekunan, dan fokus yang sangat dibutuhkan ketika menghadapi kegagalan, kesalahan, atau penolakan. Thomas Corley menulis, mengejar impian dan tujuan sendiri dapat menciptakan kebahagiaan jangka panjang dan menghasilkan kekayaan terbesar.

  1. Tidur Setidaknya 7 Jam dalam Sehari

Sudah bukan menjadi rahasia lagi, kurang tidur mempengaruhi kondisi kesehatan. Oleh karena itu, istirahat yang cukup sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, dengan pola tidur yang tepat, otak dapat membangkitkan ide-ide yang segar. Sayangnya di jaman ini, jarang orang yang mendapatkan istirahat dengan baik.

Padalah pola tidur memiliki peran penting untuk mencapai kesuksesan. Berdasarkan penelitian Thomas Corley, didapat 89% orang sukses melaporkan bahwa mereka tidur sedikitnya 7 jam semalam. Menurutnya, dengan tidur memori seseorang dapat terbentuk dengan sangat baik.

  1. Bangun Tidur Tepat Waktu

Sekitar 50% dari objek penelitian Thomas Corley bangun setidaknya 3 jam sebelum memulai pekerjaan. Kebiasaan ini merupakan strategi untuk menghadapi kegiatan diluar rencana seperti rapat yang melebihi batas waktu,  jalanan macet, atau anak tiba-tiba sakit di sekolah.

Meskipun terdengar sepele, hal-hal diluar rencana tersebut dapat mengganggu psikologi. Dengan bangun lebih awal, seseorang akan lebih siap menghadapi segala bentuk resiko. Selain itu, gangguan yang ada dapat ditangani dengan pikiran jernih, tidak terburu-buru dan tanpa memperburuk keadaan.

  1. Memiliki Lebih dari Satu Sumber Pendapatan

Thomas Corley menegaskan, orang sukses tidak hanya bergantung pada satu sumber pendapatan. Sebagian besar jutawan mengembangkan banyak usaha. Menurutnya 3 menjadi angka paling ajaib. Mengapa demikian? Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa 65% orang sukses memiliki 3 bidang usaha.

Usaha tersebut dirintis sebelum mereka mendapatkan satu juta dolar pertamanya. Sebagian besar bisnis yang dijalankan oleh objek penelitian Thomas Corley adalah persewaan real estate, investasi pasar bersama, dan kepemilikan sebagian dalam bisnis bersama.

  1. Memiliki Mentor yang Baik

Menjadi orang yang berhasil dan sukses juga membutuhkan mentor yang baik. Thomas Corley mengatakan hal yang sama seperti pernyataan tersebut. Menurutnya, menemukan mentor yang tepat merupakan jalur cepat menuju kekayaan. Seorang mentor melakukan lebih dari sekadar mempengaruhi hidup menjadi lebih positif.

Seorang mentor juga berpartisipasi secara aktif dalam kesuksesan seseorang, mengajari apa yang harus dilakukan dan tidak dilakukan. Tidak segan membagi pengalaman hidup dengan orang lain, baik pengalaman yang didapat sendiri maupun perjalanan hidup orang lain.

  1. Membantu Kesuksesan Orang Lain

Membantu orang lain agar berpikir maju dapat mendorong seseorang menjadi sukses. Kesuksesan tidak akan tercapai tanpa tim yang terdiri dari orang-orang berkualitas. Cara terbaik untuk membentuk tim yang berkualitas adalah dengan menawarkan bantuan terhadap orang yang mau menjadi sukses terlebih dahulu.

Dalam hal ini, Thomas Corley menjelaskan bahwa tidak semua orang dapat dibantu. Akan tetapi, hanya orang-orang pilihan seperti mereka yang fokus mengejar kesuksesan, optimis, selalu berpikir positif, dan dapat membangkitkan semangat pada diri sendiri maupun orang lain.

  1. Selalu Berpikir dan Melakukan Hal Positif

Sukses jangka panjang mungkin terjadi jika seseorang memiliki pandangan dan mental positif. Hal itulah yang didapat Thomas Corley dalam penelitiannya. Berpikir positif merupakan ciri khas dari orang sukses. Namun yang menjadi masalah, sering atau tidak pikiran negatif tetap akan muncul.

Ketika pikiran mulai mengarah ke pikiran negatif, memang untuk menghilangkannya tidak mudah. Akan tetapi, pikiran tersebut dapat dialihkan dengan membayangkan hal-hal yang menyenangkan. Mencoba untuk memikirkan hal tersebut dari sudut pandang lain.

  1. Tidak Mudah Terbawa Arus

Bersosialisasi merupakan kebutuhan hidup setiap manusia. Akan tetapi, membaur dengan lingkungan membuat seseorang berusaha tidak terlihat berbeda diantara banyak orang. Menurut Thomas Corley, hal ini justru membuat seseorang cenderung menerima kegagalan karena terlalu mengikuti arus.

Menurut Thomas Corley, orang sukses membuat lingkungannya sendiri dan menarik orang yang sepemikiran kedalam lingkaran tersebut. Singkatnya, dibandingkan harus menyesuaikan dengan suatu kelompok, akan lebih baik jika seseorang keluar dari kelompok tersebut dan membentuk kelompok baru.

  1. Memiliki Etiket yang Baik

Meskipun sudah dikenal sebagai orang sukses dan menjadi jutawan, seseorang tidak akan pernah kehilangan tata krama. Demikianlah yang ditulis oleh Thomas Corley berdasarkan penilitian yang dilakukan. Setiap individu harus memegang prinsip etika tertentu jika ingin berhasil kedepannya.

Seperti contohnya mengucapkan terimakasih ketika mendapatkan ucapan ulang tahun dari orang lain, makan dengan sopan ketika berada di depan umum, menggunakan pakaian yang pantas di berbagai acara, hanya mengucapkan kalimat yang seharusnya diucapkan, atau masih banyak lagi.

  1. Mendedikasikan 15 sampai 30 Menit Sehari untuk Berpikir

Berpikir merupakan kunci untuk mencapai kesuksesan. Menurut hasil penelitian Thomas Corley, jutawan cenderung berpikir secara individu di pagi hari selama kurang lebih 15 menit. Cara ini dilakukan hampir setiap hari. Logikanya tanpa berpikir seseorang tidak akan menemukan jalan keberhasilannya sendiri.

Setiap jutawan dalam objek penelitiannya menyempatkan waktu untuk berpikir mengenai diri sendiri yang menyangkut banyak hal diantaranya karir, keuangan, kesehatan, dan lain sebagainya.

Mereka juga mengajukan pertanyaan seperti Apa yang dapat saya lakukan untuk menghasilkan banyak uang? atau Apakah pekerjaan ini membuat saya bahagia? Apakah saya sudah cukup berolahraga? Kegiatan amal apa lagi yang perlu saya lakukan? dan masih banyak lagi.

  1. Mencari Umpan Balik

Thomas Corley mengungkap fakta jika rasa takut akan kritik merupakan alasan para jutawan tidak mencari umpan balik dari orang lain. Akan tetapi disisi lain umpan balik merupakan masukan penting untuk mempelajari mana yang berhasil dan mana yang tidak. Dengan kata lain, membantu seseorang memahami bahwa dirinya berada di jalur yang benar.

Kritik umpan balik, baik itu baik ataupun buruk merupakan elemen penting untuk pembelajaran dan pertumbuhan. Bukan hanya itu, cara ini juga dapat membantu seseorang untuk mengubah arah dan bereksperimen dengan karir atau bisnis baru. Seperti yang dikatakan oleh Thomas Corley, umpan balik memberi informasi yang diperlukan untuk keberhasilan dalam usaha apapun.

  1. Tidak Pernah Menyerah

Jutawan mandiri selalu gigih, mereka tidak pernah berhenti mewujudkan mimpi. Mereka lebih memilih karam bersama kapal dari pada harus berhenti. Berdasarkan penelitian yang dilakukannya, seperempat dari orang sukses tersebut pernah mengalami kegagalan dan segera mencari cara untuk bangkit.

Jika ingin menjadi orang sukses, baik sukses dalam karir maupun sukses dalam kehidupan, seseorang harus mampu bertahan dalam menghadapi segala macam bentuk kesulitan. Sejatinya manusia hidup akan terus menghadapi cobaan yang seolah tidak berkesudahan. Oleh karena itu, agar berhasil melewatinya seseorang harus memiliki jiwa yang pantang menyerah.

Untuk mencapai kesuksesan, ada kalanya seseorang harus merubah pribadinya menjadi lebih baik. Seperti yang dirangkum dari buku 17 Habits of Self-Made Millionaires di atas.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang daftar kebiasaan menentukan kesuksesan, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



7 Habit/Kebiasaan agar Meraih Sukses di Kantor
Apa Indikator Orang Bisa Menjadi Sukses?
Inilah 7 Kebiasaan yang Akan Membuat Anda Semakin Kaya
Apakah Terlambat Sukses Setelah Tua?
8 Kebiasaan yang Harus Ditanamkan pada Anak Agar Sukses
Pengertian Lembaga Pemeringkat serta Daftar Lembaga Pemeringkat yang Diakui oleh Bank Indonesia
Daftar Negara Penghasil Kopi Terbesar di Dunia
Perbedaan Kebiasaan Orang Kaya vs Orang Biasa
Daftar 10 Negara Militer Terkuat Di Dunia
Miliki Mindset untuk Meraih Kesuksesan Berikut


Bagikan Ke Teman Anda