Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

6 Pekerjaan Aneh dan Tidak Umum yang Bergaji Tinggi

Siapa yang tidak ingin memiliki pekerjaan dengan gaji tinggi? Setiap orang pasti menginginkannya. Pekerjaan bergaji tinggi sering kali diidentikkan dengan keahlian dan keterampilan mumpuni yang artinya harus didukung dengan tingkat pendidikan yang tinggi pula. Di sisi lain, gaji atau penghasilan tinggi tentunya harus dicapai dengan kerja keras. Bahkan untuk mendapatkan banyak uang, orang harus bekerja siang malam tanpa henti.

Namun kini, pekerjaan bergaji tinggi tak lagi didominasi oleh jenis pekerjaan kantoran yang tampak bergengsi. Saat ini banyak jenis pekerjaan yang bisa dibilang anti mainstream dan unik untuk dijadikan sebagai pekerjaan utama tetapi memiliki gaji atau penghasilan yang tinggi. Apa saja itu?

  • Koordinator dukacita

Kehilangan orang tercinta tentu sangatlah menyedihkan. Saat menghadapi situasi dan kondisi seperti ini, orang akan merasa emosional sebab menanggung kesedihan yang teramat dalam. Dalam situasi ini, kehadiran seorang koordinator dukacita begitu dibutuhkan. Hal ini tak lepas dari peran koordinator dukacita yang berusaha untuk membuat situasi yang demikian menyakitkan dan menyedihkan menjadi berkurang. Koordinator dukacita bekerja dengan menerapkan program tertentu untuk membantu pihak keluarga yang sedang dalam suasana berkabung.

Di Indonesia, jenis pekerjaan ini memang belum populer, tetapi telah banyak dijalani di luar negeri. Meski terkesan sederhana, namun tak sembarang orang bisa menjadi seorang koordinator dukacita, minimal memiliki gelar sarjana. Sebab, tidak mudah bekerja dalam suasana duka di mana tingkat tekanan cukup tinggi karena berada dalam lingkungan dan suasana terburuk bagi keluarga yang ditinggalkan. Maka dari itu, penghasilan seorang koordinator dukacita tergolong cukup menggiurkan, yakni rata-rata per tahun sebesar US$ 57.158.

  • Konsultan persalinan

Bagi setiap perempuan, persalinan merupakan proses yang mendebarkan sekaligus menakutkan. DI satu sisi, persalinan menghadirkan buah hati yang ditunggu-tunggu kelahirkannya. Namun di sisi lain, persalinan dianggap sebagai momen yang menegangkan sekaligus menyakitkan. Tak heran, banyak perempuan yang takut menghadapi persalinan.

Munculnya ketakutan pra persalinan sering kali disebabkan oleh kurangnya informasi mengenai proses persalinan itu sendiri. Selain itu, bisa jadi informasi yang diterima kurang tepat sehingga menimbulkan asumsi salah yang berpengaruh secara psikologis. Untuk memberikan informasi yang benar terkait proses persalinan, tugas seorang konsultan atau pendidik persalinan sangat dibutuhkan.

Seorang konsultan atau pendidik persalinan justru tidak datang dari kalangan petugas medis baik dokter, perawat, maupun bidan, tetapi orang umum tetapi memiliki gelar sarjana plus pengalaman di bidang tersebut. Tugas seorang konsultan atau pendidik persalinan bukanlah membantu dalam proses persalinan, melainkan mempersiapkan proses persalinan, mulai dari penyampaian informasi mengenai prosedur melahirkan, tren dalam persalinan, bahkan menyelenggarakan kelas pra-konsepsi. Konsultan atau pendidik persalinan ini sering kali berafiliasi dengan rumah sakit. Tak hanya sebagai sumber informasi awal, konsultan atau pendidik persalinan juga memberikan layanan informasi pasca persalinan.

Jenis pekerjaan ini tergolong sebagai pekerjaan unik dengan gaji tinggi. Seorang konsultan atau pendidikan persalinan bisa mengantongi penghasilan rata-rata sebesar US$ 62.711 per tahun.

  • Inspektur lift

Tak bisa dipungkiri bahwa saat ini peradaban telah semakin berkembang dan canggih, termasuk dalam hal pembangunan. Tak heran banyak gedung pencakar langit berdiri dengan megahnya dengan beragam fungsi baik sebagai tempat tinggal, penginapan, pusat perbelanjaan, perkantoran, dan juga hiburan.

Keberadaan gedung-gedung tinggi pencakar langit di satu sisi memang mampu menghemat penggunaan lahan karena posisi bangunan vertikal. Namun di sisi lain, pasti sangatlah melelahkan jika orang-orang yang beraktivitas di gedung tersebut harus naik turun tangga. Sebab itu, setiap gedung pencakar langit dilengkapi dengan lift yang berfungsi untuk mengakses setiap lantai yang terdapat di gedung tersebut secara efektif dan efisien.

Meski memberikan manfaat dan kemudahan, namun keberadaan lift pada gedung-gedung tinggi tak lepas dari risiko bahaya yang bisa mengancam keselamatan. Misalnya lift macet atau bahkan tali penggerak lift terputus sehingga terjun bebas yang mengakibatkan korban jiwa apabila terdapat penumpang di dalamnya. Untuk mengantisipasi dan mencegah hal tersebut, keamanan lift harus senantiasa dipantau. Di sinilah peran inspektur lift dibutuhkan.

Inspektur lift adalah orang yang bertugas memeriksa dan memastikan agar lift di dalam gedung bertingkat senantiasa dalam kondisi laik dan memenuhi kode keselamatan baik bagi penumpang maupun barang. Pemeriksaan lift dilakukan mulai dari kondisi fisik lift hingga sistem yang mengatur kerja lift. Sebab itu, inspektur lift harus bisa memastikan bahwa lift dalam berfungsi dengan baik dan aman.

Tampak sederhana dan mudah. Oleh karenanya, tidak diperlukan gelar pendidikan formal untuk menekuni profesi sebagai inspektur lift. Hanya saja, jenis pekerjaan ini membutuhkan sertifikasi dan lisensi khusus yang menunjukkan keahlian dan keterampilan di bidang tersebut. Tak tanggung-tanggung, gaji atau penghasilan yang bisa dikantongi oleh seorang inspektur lift rata-rata per tahun mencapai US$ 66.401.

  • Penghangat tempat tidur

Tidur di ranjang yang empuk dan dingin pasti terasa sangat nyaman, apalagi saat suhu udara panas. Namun ternyata tak semua orang nyaman dengan tempat tidur yang dingin. Orang-orang seperti ini membutuhkan jasa penghangat tempat tidur. Jenis pekerjaan ini memang cukup nyleneh dan unik, di mana orang dibayar hanya untuk berbaring di atas ranjang sebelum digunakan untuk tidur.

Pekerjaan aneh ini memang jarang atau bahkan belum ada di Indonesia, tapi sudah cukup banyak di luar negeri. Jangan salah sangka dengan pelaku pekerjaan ini. Semua dilakukan secara profesional. Pekerjaan ini legal sebab ada permintaan, demi kenyamanan dan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Meski kerjanya ringan, namun bayaran yang diterima seorang penghangat tempat tidur sangatlah menggiurkan, yakni rata-rata per tahun mencapai US$ 200.000. Fantastis bukan?

  • Penerima pelukan

Banyak yang salah mengartikan jenis pekerjaan yang satu ini. Bahkan tak sedikit yang berprasangka buruk dengan pekerjaan ini. Penerima pelukan adalah pekerjaan yang dilakukan untuk menghibur atau sebagai penyalur kegembiraan dan kesedihan yang sedang dirasakan oleh seseorang. Pekerjaan ini memang memiliki kesan yang ‘kurang baik’, karena pelakunya harus rela dipeluk oleh orang yang tidak dikenal, bahkan dalam posisi berbaring di ranjang sekalipun. Namun lagi-lagi harus dipahami bahwa pekerjaan ini dilakukan secara profesional. Artinya, penyedia jasa pelukan ini adalah orang-orang yang memberikan pelukan secara profesional dan tidak berhubungan dengan aktivitas seksual. Lantas berapa bayarannya? Tak tanggung-tanggung jasa seorang pemberi pelukan profesional tarifnya mencapai sekitar US$ 60 hingga 80 per jam. Jadi, Anda bisa bayangkan banyaknya penghasilan yang bisa diperoleh selama satu tahun. Tertarik?

  • Penunggang kuda

Pernah nonton olahraga balap kuda? Kerjasama yang harmonis antara joki dengan kuda yang ditungganginya. Sang joki begitu piawai mengendalikan kudanya, sedangkan kuda begitu perkasa dan lihai dalam berlari dan melompati rintangan yang ada. Namun, tahukah Anda bahwa di balik ‘kekompakan’ joki dan kuda tunggangannya, ada peran seorang penunggang kuda yang melatih kuda sebelum berlaga?

Penunggang kuda yang dimaksudkan di sini bukanlah sang joki, melainkan orang yang melakukan olah kuda. Olah kuda adalah kegiatan melatih kuda baik dalam berlari dan melompati rintangan demi rintangan dengan ketinggian yang bervariasi. Seorang penunggang sekaligus pelatih kuda ini bertanggung jawab untuk mempersiapkan kuda sebelum berlaga dalam pertandingan, baik secara fisik atau stamina, kecepatan berlari, dan keterampilannya melompat.

Untuk menekuni pekerjaan ini, seseorang tak harus memiliki latar belakang pendidikan tinggi, cukup hanya dengan ijazah sekolah menengah. Meski demikian, penghasilan yang diterima bisa sepadan bahkan lebih tinggi dari pekerja kantoran. Mau tahu rata-rata penghasilan seorang penunggang sekaligus pelatih kuda per tahunnya? Bisa mencapai US$ 54.091.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 6 pekerjaan aneh dan tidak umum yang bergaji tinggi, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Tips Negoisasi Gaji di Tempat Baru
Kartu Kredit Yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga
Perbedaan Gaji dengan Upah
Kartu Kredit untuk Karyawan
Awas! Perhatikan Hal-hal Berikut Sebelum Meminta Kenaikan Gaji!
Pengangguran Digaji? Ini Dia Untung Ruginya!
Cara untuk Melakukan Negosiasi Gaji (Kenaikan Gaji) dengan Atasan
5 Cara Mengatasi Sifat Suka Menunda Pekerjaan
Punya Gaji Tinggi, Bagaimana Tetap Rendah Hati?
Kesalahan yang Sering Dilakukan Ketika Naik Gaji


Bagikan Ke Teman Anda