Ingin Menjadi Kaya Seperti Milyuner? Intip Rahasia Berikut Ini!

Jika selama ini Anda berpikir bahwa yang dilakukan para milyuner adalah menghabiskan uang sebanyak dan sesering mungkin, maka pola pikir itu harus dirubah sekarang juga. Siapa sangka kalau kunci kekayaan milyuner adalah satu, yaitu berhemat sebisa mungkin di setiap kesempatan. Mungkin hal ini terdengar agak aneh, mengapa mereka harus berhemat padahal memiliki uang yang berlimpah?

Namun justru dengan berhemat, tepatnya mengatur uang dengan bijaksana, inilah yang membuat para milyuner dapat mempertahankan bahkan meningkatkan terus kekayaannya. Jadi mereka bukannya hidup dengan glamour dan menghabiskan uang sesuka hati, namun justru hidup seolah lebih miskin dari yang sebenarnya. Untuk mengikuti jejak para milyuner dan mendapatkan kekayaan Anda sendiri, berikut adalah hal-hal penting yang perlu diperhatikan dan tentunya diterapkan.

1. Gunakan Mobil Sesuai Fungsinya

Membeli dan menggunakan mobil dengan tujuan status, prestige, serta simbol kemewahan belaka adalah cara termudah membuat uang Anda melayang, dan siap-siap ucapkan selamat tinggal untuk menjadi milyuner. Milyuner sejati justru tidak membuang uang mereka untuk berganti-ganti mobil mewah yang mengutamakan gengsi semata, namun lebih kepada penggunaan mobil sesuai dengan fungsinya. Fungsi dasar mobil adalah sebagai alat transportasi yang memudahkan mobilitas dan aktivitas, maka berfokuslah pada hal tersebut.

Bukan berarti Anda harus membeli mobil dengan harga termurah dan kualitas rendah, karena tentu saja membeli barang dengan kualitas bagus adalah investasi yang baik. Namun perlu diingat bahwa harga selangit bukan berarti kualitasnya paling baik, karena bisa saja yang dijual bukanlah fungsi namun prestige dan gaya hidup tingkat tinggi. Anda tentu menemukan sendiri ada banyak mobil yang memiliki fungsi dan kualitas bagus tanpa perlu membayar dengan harga yang tak masuk akal.

2. Membeli Rumah Berdasarkan Kebutuhan

Jika anggota keluarga Anda hanya berjumlah empat orang, mengapa harus membeli rumah yang seperti istana? Anda hanya akan membuang uang dengan banyaknya ruangan yang tak terpakai dan tentunya biaya perawatan yang lebih besar lagi. Belilah rumah yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda serta keluarga tanpa perlu mengutamakan gengsi semata.

Dengan begitu, uang Anda bisa lebih dimanfaatkan untuk hal lain yang penting seperti pembelian perabot dan perawatan rumah. Atau Anda bisa menggunakan uang tersebut untuk membeli rumah lain yang kemudian dijadikan bisnis kontrakan atau mungkin dijual lagi saat harganya sudah lebih tinggi. Ini tentunya akan menjadi investasi yang menjanjikan dan lebih berguna untuk jangka waktu yang panjang.

3. Dapatkan Penawaran Terbaik

Pernahkan Anda berpikir kalau nanti jadi orang kaya akan membeli barang-barang tanpa melihat tag harganya? Atau justru selama ini memang hal semacam itulah yang ada di benak saat memikirkan bagaimana para milyuner menghabiskan uangnya? Tenang saja, Anda bukan yang satu-satunya karena banyak juga yang berpikir begitu meski ternyata bukan seperti itu kenyataannya.

Justru para milyuner lebih berhati-hati dalam mengeluarkan dan membelanjakan uang mereka, dengan membandingkan penawaran terbaik yang bisa didapat. Kalau ada barang dengan kualitas sama dan harganya rendah, mengapa kita harus membayar lebih? Memiliki kemampuan membayar dengan harga tinggi bukan berarti kita harus melakukannya, karena kita semua tahu kalau uang tidak didapat dengan mudah tanpa kerja keras.

4. Hindari Hutang

Satu lagi hal penting untuk menjadi orang kaya adalah hindari hutang yang tidak perlu sebisa mungkin, karena akan menyusahkan Anda di kemudian hari. Tentunya ada jenis-jenis hutang yang memang perlu diambil seperti pinjaman KPR untuk mendapatkan tempat tinggal bagi keluarga, atau penggunaan kartu kredit yang menawarkan berbagai keuntungan. Tidak menjadi masalah jika pinjaman tersebut memang Anda butuhkan dan pastinya ada kemapuan untuk membayar cicilannya.

Namun yang sangat perlu dihindari adalah hutang yang sebenarnya tidak diperlukan dan biasanya hanya bagian dari gaya hidup saja. Misalnya saja sekarang banyak ditawarkan cicilan tas bermerek atau perhiasan seperti berlian, yang sebenarnya tidak begitu Anda butuhkan. Ingatlah bahwa hutang yang tidak perlu hanya akan menghabiskan penghasilan dan harta Anda, yang mana sebenarnya bisa dialokasikan untuk hal lain yang lebih berguna.

5. Menabung, Menabung, dan Menabung

Menabung selalu menjadi hal yang tak lepas dari berbagai tips dan rahasia untuk menjadi kaya, baik penjelasan oleh para ahli keuangan maupun pesan orangtua kita sejak kecil. Idealnya, Anda perlu menyisihkan sekitar 10 hingga 20 persen dari total pendapatan untuk ditabung sebagai dana darurat atau tabungan pensiun nanti. Dan seperti jejak para milyuner dalam mengelola uangnya, tentunya Anda perlu menambah persentase tabungan rutin, bukan?

6. Uang Tidak Bisa Membeli Kebahagiaan

Meskipun kita sama-sama tahu bahwa tidak ada orang yang tidak ingin jadi orang kaya, namun pada akhirnya kita pun harus mengakui bahwa uang tidak bisa membeli kebahagiaan. Berapapun uang yang Anda keluarkan, semuanya tidak akan bermakna jika tidak terdapat kenyamanan dan kebahagiaan didalamnya. Membeli jam tangan seharga 3 juta tidak membuat Anda kurang bahagia dengan membeli yang dibandrol sebesar 30 juta. Karenanya dibanding mencari sensasi akan kepemilikan harta benda mewah dan glamour, lebih baik mencari kebahagiaan yang terasa menenangkan di hati.

Demikianlah beberapa hal penting yang dilakukan para milyuner dan tentunya sangat dapat diterapkan dalam kehidupan Anda sehari-hari. Ingatlah kembali nasihat warisan nenek moyang kita, yaitu hemat pangkal kaya. Semoga informasi dalam pembahasan ini berguna dan bermanfaat!

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang rahasia menjadi kaya seperti milyuner, semoga bermanfaat bagi Anda semua.