Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa Itu Beban Administrasi?

Membangun sebuah usaha baru bukanlah hal yang mudah. Meskipun tidak mudah untuk dilakukan, tapi semua orang bisa mencoba untuk melakukannya. Ada banyak sekali hal yang harus dipelajari apabila ingin mendirikan sebuah usaha. Hal tersebut mulai dari uang sewa, berapa pajaknya, bagaimana cara produksinya dan masih banyak lagi yang lain. Salah satu dari bagian yang harus Anda pelajari apabila ingin membangun sebuah usaha baru adalah beban administrasi.

Tahukah Anda apa yang dimaksud dengan beban administrasi? Berikut ini adalah beberapa hal yang ada kaitannya dengan beban administrasi, mulai dari pengertian hingga apa perbedaannya dengan beban yang lain.

Pengertian Beban Administasi

Menurut kamus bisnis online, beban administrasi atau administrative expenses adalah sebuah pengeluaran yang dikeluarkan untuk kepentingan manajerial dan administrasi, sehingga bisa dibebankan kepada perusahaan. Beban administrasi ini berbeda dengan jenis beban lainnya, seperti beban penjualan, beban produksi atau yang lainnya.

Ada juga beberapa orang yang mengartikan biaya administrasi ini adalah biaya yang berhubungan dengan penentu kebijakan perusahaan atau perencanaan.

Perbedaannya terletak pada untuk apa uang tersebut dikeluarkan. Beban administrasi dikeluarkan untuk biaya administrasi perusahaan. Sama halnya dengan beban produksi yang dikeluarkan untuk kepentingan produksi dan seterusnya.

Peran beban administrasi dalam perusahaan tentunya sangat penting, karena sebuah perusahaan sudah pasti membutuhkan biaya administrasi tertentu.

Contoh Beban Administrasi

Salah satu contoh paling mudah dari beban administrasi adalah biaya sewa. Bagi sebuah usaha yang baru berjalan, tentunya ada beberapa barang yang masih menyewa, entah itu kantor atau yang lainnya. Biaya sewa gedung untuk tempat beroperasi juga bisa dibebankan kepada beban administrasi.

Contoh lain yang bisa membuat Anda semakin mengerti tentang beban administrasi adalah gaji. Mulai dari gaji manajer hingga gaji karyawan akan dibebankan kepada biaya administrasi. Gaji manajer dan administrator umum juga bisa dimasukkan dalam beban administrasi. Pembayaran upah atau gaji semua orang yang termasuk dalam biaya operasi sudah menjadi tanggung jawab untuk dimasukkan dalam beban administrasi.

Fungsi Beban Administrasi

Secara garis besar, ada satu fungsi utama dari beban administrasi. Fungsi tersebut adalah fungsi yang memiliki hubungan dengan perencanaan dan kebijakan dari sebuah perusahaan. Sangat penting fungsi beban administrasi ini di dalam sebuah perusahaan. Apabila tidak ada, maka perusahaan tidak akan seimbang dan tertimpa banyak masalah.

Apabila fungsi ini berhasil diterapkan dalam sebuah perusahaan, maka perusahaan akan mendapatkan dua hasil yakni pengawasan yang efektif dan pengawasan efisien. Kedua fungsi ini memiliki peranan yang tidak kalah penting dalam fungsi produksi dan pemasaran.

Dalam fungsi produksi, pengawasan yang efektif dan efisien akan menghasilkan produk yang maksimal. Misalnya saja sebuah perusahaan menggaji seorang karyawan untuk bekerja selama 6 jam sehari tidak termasuk jam istirahat dan waktu ibadah. Satu orang karyawan bisa menghasilkan 5 buah produk dalam satu hari. Kalau beban administrasi diterapkan dengan baik, maka perusahaan bisa mendapatkan hasil yang maksimal dari kemampuan para karyawannya.

Sedangkan dari segi pemasaran, beban administrasi sangat erat kaitan dan perannya karena berkaitan dengan uang. Tidak mungkin sebuah perusahaan melakukan pemasaran tanpa dana sedikitpun. Tim marketing akan berusaha untuk memasarkan sebanyak mungkin produk kepada sebanyak mungkin pelanggan dan hal tersebut akan membutuhkan dana. Jika tidak sedang melakukan pemasaran face to face kepada pelanggan, tetap saja beban administrasi ini dibutuhkan.

Dengan banyaknya sosial media yang bisa dimanfaatkan, perusahaan akan membutuhkan beban administrasi untuk dijadikan patokan dalam pengeluaran sebuah perusahaan. Fungsi efektif dan efisien akan lebih tepat digunakan dalam tim marketing perusahaan ini.

Langkah-langkah Pengawasan Beban Administrasi

Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengawasi beban administrasi sebuah perusahaan, misalnya:

1. Menggolongkan biaya administrasi dan umum

Secara umum, ada dua manfaat yang bisa didapatkan oleh perusahaan apabila berhasil menggolongkan biaya administrasi dan umum secara tepat. Manfaat yang pertama adalah sebagai dasar untuk melakukan perbandingan antara biaya administrasi dan juga biaya umum sebuah perusahaan. Sedangkan manfaat yang kedua adalah untuk memudahkan membagi dana dari setiap bagian atau divisi perusahaan.

Selain manfaatnya, ada juga kelompok obyek biaya yang harus Anda ketahui dalam rangka menggolongkan beban administrasi. Kelompok tersebut adalah gaji dan upah, kesejahteraan karyawan, biaya maintanance atau perawatan, biaya penyusutan aktiva tetap dan biaya administrasi umum lainnya.

2. Membagi dana sesuai dengan jenisnya

Tujuan dari membagikan dana sesuai dengan jenisnya adalah untuk menentukan tanggung jawab atas beban administrasi kepada divisi tertentu dalam sebuah perusahaan. Tentunya alokasi biaya ini memiliki beberapa dasar yang bisa digunakan sebagai acuan. Yang pertama adalah tingkat perubahan beban administrasi kepada kegiatan tertentu, yang kedua adalah hubungan dari beban administrasi dan beban umum serta untuk mengendalikan kondisi keuangan atau biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan.

3. Menentukan teknik terbaik untuk pengawasan biaya administrasi

Sama seperti sebelumnya, ada beberapa teknik yang bisa Anda lakukan untuk melakukan pengawasan beban administrasi. Yang pertama adalah menggunakan anggaran. Setiap divisi harus membuat laporan neraca yang bisa dipertanggungjawabkan saat akhir periode. Cara yang kedua adalah menggunakan teknik pengawasan standart. Kelebihan dari pengawasan standart ini adalah untuk meningkatkan efisiensi fungsi dari beban administrasi. Caranya adalah dengan mengaitkan prestasi serta kegiatan terhadap biaya yang diprediksi akan terjadi atau dibutuhkan.

Beberapa hal yang berkaitan dengan beban administrasi diatas harus Anda ketahui dan juga terapkan dalam sebuah perusahaan.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang apa itu beban administrasi, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Cara Menghemat Biaya Pengeluaran di Rumah
Inilah Limit Serta Biaya Beberapa Bank di Indonesia
Perkiraan Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di Jerman
Apa itu Indirect Labor Cost?
Cara Menghemat Biaya Bahan Bakar
Perkiraan Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di Australia
Cara Membiayai Kuliah dan Hidup di Luar Negeri
Perbedaan Costs (Biaya) dan Expenses (Beban)
Mengapa Biaya Kuliah Untuk Mahasiswa Internasional Lebih Mahal?
Menghitung Biaya Peluang


Bagikan Ke Teman Anda