Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa itu Cashback?

Bisnis ­e-commerce saat ini mengalami perkembangan yang demikian pesat. Konsekuensinya persaingan semakin ketat sebab banyaknya pemain di bisnis tersebut. Meski begitu, ada saja trik dan strategi jitu yang diterapkan untuk membidik konsumen agar berminat membeli produk-produk yang ditawarkan. Mulai dari pemberian diskon hingga cashback yang cukup menggiurkan.

Ketika berbelanja atau membeli barang atau jasa, Anda pasti pernah mendapatkan diskon. Bahkan bisa jadi Anda sering berburu barang-barang diskon di momen-momen tertentu seperti menjelang hari raya keagamaan, hari kemerdekaan, hari kasih sayang, dan lainnya. Bagaimana dengan cashback? Pernahkah Anda mendapatkan cashback saat berbelanja? Memang, apa sih cashback itu?

Pengertian cashback

Istilah cashback berasal dari kata cash yang berarti tunai dan back yang artinya pengembalian. Secara sederhana, cashback dapat dipahami sebagai pengembalian tunai. Dalam pengertian yang lebih luas, cashback merupakan penawaran yang diberikan kepada konsumen dalam bentuk persentase pengembalian uang tunai atau uang virtual atau berupa suatu produk dengan persyaratan memenuhi minimal pembelian yang ditentukan.

Sebagai bagian dari program promosi, cashback terbilang cukup jitu. Banyak konsumen yang berminat untuk membeli barang atau jasa yang ditawarkan hanya sekadar ingin mendapatkan cashback. Namun faktanya, cashback tak benar-benar diberikan dalam bentuk pengembalian uang tunai kepada konsumen. Cashback kebanyakan diberikan dalam bentuk uang virtual atau deposit yang dapat digunakan konsumen untuk melakukan pembelian ulang di merchant yang menyelenggarakan promo cashback. Strategi ini jelas bertujuan untuk mengikat konsumen agar melakukan pembelian ulang karena merasa memiliki deposit yang bisa digunakan kemudian. Tak hanya deposit belanja atau voucher, cashback juga diberikan dalam bentuk barang.

Promo cashback bisa diselenggarakan oleh toko (merchant) atau bank penerbit kartu kredit sebagai alat bayar. Perlu diketahui bahwa cashback memiliki jangkauan yang terbatas. Jika program promo cashback diselenggarakan oleh toko, maka hanya bisa digunakan untuk berbelanja atau melakukan pembelian uang di toko penyelenggara program promo tersebut. Sementara apabila promo cashback diselenggarakan oleh bank penerbit kartu debit atau kredit, maka cashback yang diterima konsumen setelah memenuhi minimal pembelian yang disyaratkan hanya bisa digunakan untuk berbelanja kembali dengan pembayaran melalui kartu debit atau kredit saja.

Jenis-jenis cashback

Program promo cashback memiliki beragam jenis. Jenis-jenis program cashback yang umum diselenggarakan antara lain sebagai berikut.

  • Cashback online shop

Cashback online shop merupakan jenis promo cashback yang diselenggarakan oleh online shop dengan memberikan pengembalian uang dengan syarat konsumen berbelanja dengan minimal pembelian atau membeli barang dalam jumlah yang ditentukan. Misalnya, konsumen akan mendapatkan cashback apabila berbelanja di online shop terkait minimal sebesar Rp 300.000,-. Selain itu, bisa pula dalam bentuk pembelian barang minimal 3 item, maka konsumen akan mendapatkan cashback dengan jumlah tertentu.

Promo cashback yang diberikan oleh online shop umumnya bukan berupa pengembalian uang secara tunai, melainkan voucher belanja yang bisa digunakan untuk membeli barang di online shop yang sama di kemudian hari. Meski konsumen tak menerima pengembalian uang tunai secara langsung, namun promo cashback ini sama-sama menguntungkan baik bagi konsumen maupun online shop terkait. Cashback berupa voucher belanja memungkinkan konsumen untuk menghemat uang belanja pada pembelian berikutnya. Sementara bagi online shop, promo cashback ini dapat mengikat konsumen sehingga loyal sebab akan terus melakukan pembelian secara berulang di online shop tersebut.

  • Cashback kartu kredit

Jenis promo cashback kartu kredit banyak ditemui baik dalam belanja online maupun offline. Cashback kartu kredit adalah jenis promo pembelian pengembalian tunai yang diselenggarakan oleh bank penerbit kartu kredit. Umumnya promo cashback kartu kredit dapat diperoleh dengan berbelanja secara online dan juga offline.

Konsumen dapat memperoleh cashback jika berbelanja dan menggunakan kartu kredit sebagai alat pembayarannya. Jenis cashback ini juga memiliki persyaratan, di mana konsumen akan mendapatkan pengembalian uang apabila berbelanja dengan minimal pembelian tertentu. Uniknya, semakin besar nilai pembelian, maka semakin besar pula cashback yang diberikan. Namun, cashback kartu kredit tidak diberikan langsung dalam bentuk uang tunai. Umumnya berupa dana deposit yang bisa digunakan untuk membayar cicilan atau mengurangi tagihan kartu kredit.

  • Cashback kartu debit

Cashback kartu debit tak berbeda jauh dengan cashback kartu kredit. Jenis cashback ini diselenggarakan oleh bank penerbit kartu debit. Untuk menikmati jenis cashback ini, nasabah harus memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. Misalnya melakukan transaksi pembelian di setiap merchant yang bekerjasama dengan bank sejumlah nominal tertentu. Cashback kartu debit umumnya diberikan dalam bentuk persentase yang kemudian diakumulasikan dan dikembalikan ke rekening tabungan nasabah.

  • Cashback reward program

Cashback reward program merupakan jenis cashback yang pengembaliannya bukan dalam bentuk uang tunai secara langsung melainkan poin yang dikumpulkan setiap melakukan transaksi. Akumulasi dari poin tersebut kemudian dapat ditukarkan dalam bentuk sejumlah uang tunai, merchandise, voucher belanja, dan lain sebagainya, tergantung tawaran yang diberikan oleh pihak penyelenggara program promo cashback tersebut. Jenis cashback ini biasanya diselenggarakan oleh perbankan yang disematkan pada produk kartu debit atau kreditnya.

Perbedaan cashback dengan diskon

Cashback merupakan pengembalian uang yang diberikan kepada konsumen atau nasabah bank atas transaksi belanja yang dilakukannya dalam batas minimal yang ditentukan. Kebanyakan orang menganggap bahwa cashback tak ubahnya seperti diskon, sebab mengurangi harga barang yang dibeli. Padahal tidaklah demikian, cashback memiliki perbedaan yang cukup signifikan dengan diskon. Berikut perbedaannya.

Aspek

Cashback

Diskon

Mekanisme
  • Konsumen tetap membayar harga barang penuh.
  • Cashback atas pembelian barang dikreditkan untuk pembelian berikutnya.
  • Konsumen membayar harga barang setelah mendapat potongan.
Waktu

Program promo cashback cenderung memiliki periode waktu cukup lama, bisa dalam hitungan beberapa minggu bahkan bulan.

Periode program promo diskon cenderung lebih pendek, umumnya hanya beberapa hari bahkan hanya dalam hitungan jam.

Bentuk

Cashback bisa diberikan dalam bentuk pengembalian uang tunai langsung, deposit, voucher belanja, dan barang, di mana konsumen tidak bisa bebas memilih karena sudah ditentukan oleh penyelenggara program cashback.

Diskon jelas berupa potongan harga barang yang langsung dibayarkan oleh konsumen.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang cashback, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Hindari Pemborosan Berikut Ini Ketika Mempersiapkan Pensiun
Apa Itu Wealth Management di Bank?
10 Negara dengan Inflasi Tertinggi di Dunia
Apa itu Money Supply?
Apa itu Devisa?
Bagaimana Modus Rekrutmen Perusahaan Palsu?
Kesalahan yang Sering Dilakukan di Bandara
Kesalahan Umum Pengusaha UMKM
Definisi Too Big to Fail
Sifat-sifat Umum yang Dimiliki Orang Kaya


Bagikan Ke Teman Anda