Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa Itu Staycation dan Mengapa Begitu Ngetrend

Akhir-akhir ini istilah staycation sangat familiar di telinga kita. Sebenarnya apa itu staycation? Apakah sama dengan vacation yang berarti liburan? Yuk simak ulasan lebih lanjutnya berikut ini.

Apa Itu Staycation?

Sebelum terkenal seperti sekarang, sebenarnya istilah staycation sudah mencuat sejak awal 2010. Trend liburan satu ini pun makin naik pamornya sejak awal 2019. Staycation berasal dari Bahasa Inggris yang merupakan gabungan dua kata.

Stay berarti tinggal, dan cation yang artinya berlibur. Berarti dari gabungan dua kata tersebut memberikan makna menetap di suatu tempat untuk berlibur. Definisi staycation menurut Cambridge Dictionary juga demikian.

Menurut Cambridge Dictionary, staycation berarti berlibur tetapi tidak jalan-jalan ke tempat wisata yang jauh. Liburan menurut staycation tempat tujuannya lebih dekat, dan cenderung digunakan hanya untuk mengistirahatkan badan.

Di Indonesia, trend staycation begitu tinggi terutama di kota-kota metropolitan. Misalnya saja di Bandung, Jakarta, Surabaya, hingga Medan. Hotel, villa, apartment, sampai guest house menjadi tempat favorit untuk melakukan jenis liburan ini.

Masyarakat menganggap hotel, villa, maupun sejenisnya dapat memberikan rasa nyaman untuk tinggal beberapa saat. Walaupun pada akhirnya staycation banyak berdiam diri di hotel, tetapi dianggap lebih nyaman daripada hanya diam di rumah.

Umumnya orang-orang menyukai jenis liburan ini karena dirasa lebih santai. Selain itu, untuk kondisi pandemi seperti sekarang, mobilitas harus dibatasi. Staycation hadir sebagai solusi berlibur tanpa khawatir risiko pandemi. Kamu bisa sendiri, bersama teman, pasangan, atau keluarga untuk ber-staycation.

Alasan Staycation Menjadi Trending

Akhir-akhir ini staycation menjadi pilihan banyak orang dan jadi trending. Mengapa itu bisa terjadi?

  1. Budget Lebih Sedikit

Staycation lebih sering menjadi pilihan karena alasan budget. Kamu hanya perlu menyiapkan dana untuk memesan kamar hotel. Selain itu, biaya lain yang diperlukan adalah transport.

Staycation pada umumnya tidak dilakukan di tempat jauh. Oleh karena itu, kamu tidak perlu repot menyiapkan uang untuk membeli tiket pesawat, membayar tiket tempat wisata, dan sebagainya.

  1. Perencanaan Mudah

Kamu hanya perlu memesan hotel, apartemen, atau villa yang akan dijadikan tempat staycation. Tidak perlu repot memikirkan akan makan dimana, bagaimana sampai ke tempat wisata, dan berbagai hal kompleks lain. Staycation dianggap sebagai solusi untuk yang ingin refreshing secara praktis.

  1. Tetap Memberi Efek Refreshing

Jika dengan biaya lebih sedikit masih bisa refreshing, mengapa harus mengeluarkan banyak uang? Begitulah kira-kira alasan mengapa staycation begitu hype. Walaupun budget yang diperlukan lebih sedikit, kamu akan tetap bisa me-refresh otak bahkan tanpa perlu panas-panasan berjibaku dengan macet.  

  1. Tidak Memakan Banyak Waktu

Tanpa perjalanan jauh, kamu tetap bisa berlibur. Staycation tidak perlu menunggu libur panjang atau mengajukan cuti tahunan. Kamu bahkan bisa melakukannya hanya di akhir pekan biasa. Hal ini tentu cocok sebagai solusi jika pekerjaan dan rutinitas padat tetapi ingin merasakan berlibur.

  1. Liburan dan Tetap Taat Aturan Pemerintah

Untuk yang satu ini juga patut dijadikan alasan mengapa staycation semakin trending. Pemerintah di kala pandemi seperti sekarang sangat ketat dalam memantau mobilitas masyarakat. Bahkan disarankan untuk tetap di rumah hingga kondisi memungkinkan.

Staycation merupakan solusi yang ingin refreshing tanpa khawatir melanggar aturan. Kamu tidak perlu ke luar kota, tidak berkerumun, dan tentunya mobilitas juga dibatasi dengan staycation. Hasilnya, tetap taat aturan pemerintah dan pikiran lebih segar.

  1. Promosi Gencar-gencaran oleh Hotel

Pamor staycation yang kian melejit tidak lepas dari peran hotel, villa, dan penginapan dalam promosi. Untuk tetap mendapat pemasukan di kala pandemi, pihak penginapan berlomba untuk menarik banyak pengunjung.

Alhasil banyak promo menarik untuk membuat konsumen mau staycation di hotel. Belum lagi banyak hotel yang berani meng-endorse artis ternama untuk semakin memperlancar promosi staycation.

Perbedaan Staycation dan Vacation

Staycation dan vacation adalah dua istilah yang memiliki tujuan sama-sama berlibur. Meski demikian keduanya berbeda.

  1. Secara Waktu

Staycation memiliki jangka waktu lebih pendek dibandingkan vacation. Waktu untuk staycation biasanya paling lama 2 hari. Sedangkan vacation setidaknya memerlukan waktu lebih dari 3 hari.

Untuk staycation, kamu tidak perlu menempuh perjalanan jauh. Selain itu, aktivitas yang dilakukan lebih banyak istirahat di hotel. Saat vacation, hotel bisa dikatakan hanya sebagai tempat tidur. Kamu akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk menjelajah aneka tempat wisata di kota tujuan.

  1. Tujuan

Staycation bertujuan untuk melepas penat sejenak. Tempat yang dituju pun tidak perlu jauh asalkan suasananya berbeda. Sedangkan vacation sifatnya mencari suasana baru di tempat yang berbeda, serta jangka waktunya sedikit lebih lama.

Orang yang melakukan vacation akan berencana mengunjungi aneka tempat wisata, bahkan ke daerah terpencil. Sedangkan yang staycation, cukup istirahat di hotel, jalan-jalan sebentar asalkan bisa melepas penat.

  1. Alokasi Biaya

Ingin berlibur tetapi budget yang dimiliki tipis? Staycation adalah solusinya. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, staycation terasa lebih hemat. Kamu hanya perlu memikirkan penginapan dan transport.

Sedangkan vacation memerlukan persiapan biaya lebih tinggi. Sebelum vacation, kamu harus memikirkan biaya hotel, makan, oleh-oleh, tiket tempat wisata, tiket transportasi, dan biaya lain untuk persiapan.

  1. Persiapan

Jika hendak berlibur secara spontan, tanpa persiapan matang, staycation cocok untuk dipilih. Sebaiknya jangan sekali-kali vacation tanpa persiapan. mengapa demikian? Sebab staycation sifatnya sebentar dan tidak jauh tujuannya.

Sedangkan vacation umumnya lebih lama waktunya. Untuk waktu yang lama tersebut, segala persiapan harus dilakukan bahkan jauh-jauh hari. Misalnya jika hendak memesan tiket pesawat untuk vacation. Jika pemesanan mepet waktunya, dikhawatirkan akan kehabisan.

Ternyata antara staycation dan vacation jelas sekali bedanya. Kamu tinggal memutuskan sesuai dengan kondisi. Jika waktu dan kondisi keuangan memungkinkan, vacation bisa jadi pilihan. Jika sebaliknya, cobalah menggunakan staycation sebagai alternatif.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang apa itu staycation, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Apa Itu Staycation dan Mengapa Begitu Ngetrend
Apa Itu MoU dan Bedanya dengan Perjanjian Kerja Sama?
Biosolar B30 dan Pengaruh terhadap Harga Minyak
Apa Itu Crazy Rich?
Ternyata Ini Penyebab Harga Gandum Melonjak Tinggi
Memahami Tentang Studi Kelayakan Bisnis
Apa Itu Influencer? Keuntungan Hingga Alasan Dibutuhkan
Mengenal Apa Itu SID, Kegunaan Hingga Cara Mendapatkannya
Perbedaan Antara Devaluasi Dengan Depresiasi
Apa Itu Westernisasi?


Bagikan Ke Teman Anda