Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa yang Harus Dilakukan Bila Dompet Hilang?

Anda pasti tidak membayangkan bagaimana jika dompet Anda tiba-tiba hilang. Kehilangan dompet adalah salah satu hal yang paling membuat Anda cema dan merasa khawatir. Banyak dokumen penting dan berbagai macam informasi pribadi. Soal uang mungkin Anda tidak terlalu meresahkan.

Bisa dikatakan bahwa hampir seluruh hidup Anda ada di dalam dompet tersebut. Kartu kredit hilang, kartu ATM hilang, kartu identitas, kartu asuransi, kartu keanggotaan, dan masih banyak lagi.

Hilangnya dompet Anda bisa disebabkan oleh banyak hal. Mungkin terjatuh di luar rumah, atau yang lebih buruk lagi Anda menjadi korban pencurian. Jika sampai dompet Anda jatuh ke tangan yang salah, tentu saja itu menjadi keuntungan yang besar bagi mereka.

Musibah tentu saja tidak bisa diprediksi. Apabila Anda kehilangan dompet, jangan panik. Terkejut adalah reaksi yang wajar, namun segera ambil tindakan cepat agar siapapun yang menemukan dompet Anda tidak bisa menyalahgunakan apa yang ada di dalamnya.

Inilah hal-hal yang harus Anda lakukan segera setelah Anda kehilangan dompet:

1. Memblokir Semua Kartu

Sebelum melakukan yang lainnya, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memblokir semua kartu kredit dan kartu debit Anda. Ini sangat penting untuk mencegah adanya transaksi oleh orang lain dengan mengatasnamakan Anda. jika hal itu terjadi, Anda bisa mengalami kerugian yang sangat besar.

Segera hubungi bank penyedia kartu Anda, jelaskan bahwa Anda telah kehilangan dompet dan minta mereka untuk segera memblokir kartu Anda. Anda harus memastikan bahwa uang Anda dalam keadaan aman.

Jika Anda memiliki kartu kredit dan kartu debit sekaligus di dalam dompet, hubungi penyedia kartu debit terlebih dahulu. Transaksi menggunakan kartu debit jauh lebih mudah daripada menggunakan kartu kredit, sehingga pastikan kartu debit Anda terblokir segera setelah Anda menyadari dompet Anda hilang.

2. Membuat Laporan ke Polisi

Setelah Anda menyadari dompet Anda hilang, terlebih jika Anda mencurigai dompet Anda dicuri, segera lapor ke pos polisi terdekat. Membuat laporan polisi memang tidak menjamin dompet Anda bisa kembali, namun Anda akan terbantu saat mengurus kartu-kartu Anda yang baru.

Dan jika seseorang yang mencuri dompet Anda melakukan transaksi ilegal dengan menggunakan identitas yang Anda miliki, Anda tidak perlu bertanggung jawab atas kerugiannya karena Anda sudah melaporkan kehilangan atas dompet tersebut dan isinya.

Saat membuat laporan kehilangan, jangan lupa sebutkan secara detail dokumen dan kartu apa saja yang ada di dalamnya. Bila perlu, sebutkan juga jumlah uang tunai yang ikut hilang.

3. Hubungi Kerabat Terdekat

Kehilangan dompet berarti Anda kehilangan uang. Dalam kondisi tersebut, tentu Anda akan sulit bergerak. Hubungi kerabat atau teman terdekat, ceritakan tentang kondisi Anda dan mintalah ia untuk datang. Mengirim uang via transfer tentu akan sulit karena dompet Anda hilang. Jika Anda sedang berada di luar negeri sendirian, gunakan jasa pengiriman uang internasional dan minta kerabat Anda untuk mengirimkan uang.

4. Jika Anda Berada di Luar Negeri, Segera Pergi ke Kantor Kedutaan

Ibarat sudah jatuh tertimpa tangga, Anda kehilangan dompet Anda saat berada di luar negeri. Tidak perlu panic, segera datangi kantor kedutaan atau konsulat jenderal yang ada di Negara tersebut.

Mintalah bantuan mereka untuk menghubungi kerabat dekat atau membuat laporan kehilangan ke polisi setempat. Dengan demikian Anda akan dipermudah untuk mengurus semua dokumen yang diperlukan agar dapat segera kembali ke negara asal.

5. Awasi Transaksi Pada Akun Anda

Pencuri dompet Anda tidak akan bisa melakukan transaksi apapun melalui kartu Anda setelah Anda melakukan pemblokiran. Namun bukan berarti Anda bisa tenang dan duduk nyaman.

Periksa dengan teliti dan awasi transaksi yang berjalan di akun keuangan Anda. Meskipun Anda tidak pernah kehilangan dompet, kebiasaan ini sangat baik untuk mencegah penyalahgunaan pada akun Anda.

Hubungkan akun bank Anda dengan SMS, notifikasi surel, dan notifikasi aplikasi setiap ada transaksi. Tidak hanya membantu saat Anda kehilangan dompet, hal ini berguna bagi Anda untuk membantu memonitor keuangan.

6. Segera Urus Semua Dokumen Penting

Ketika Anda menyadari dompet Anda hilang dan telah melakukan laporan dan pemblokiran, segera urus kembali semua dokumen penting yang hilang. Kartu identitas yang penting, kartu debit, dan kartu kredit adalah yang harus diutamakan.

Pastikan Anda menerima kartu dengan nomor seri yang baru dan buat password baru yang sama sekali berbeda dengan password pada kartu lama Anda.

Untuk mengantisipasi hal terburuk ketika dompet Anda hilang, beberapa tips di bawah ini sangat berguna. Inilah yang bisa dilakukan sebelum dompet hilang atau dicuri.

  • Kurangi ketebalan dompet Anda saat bepergian, terutama saat di luar negeri. Keluarkan semua kertas dan tagihan lama, kurangi jumlah kartu dan uang yang ada di dalamnya.
  • Scan semua dokumen yang ada di dalam dompet untuk berjaga-jaga, termasuk kartu kredit, kartu identitas, dan kartu asuransi. Simpan di folder yang aman di laptop Anda, jangan beritahukan kepada orang lain.
  • Tinggalkan kontak yang bisa dihubungi di dalam dompet jika Anda tidak meletakkan kartu identitas di sana. Jika dompet Anda terjatuh dan ditemukan oleh orang baik, kemungkinan besar akan bisa kembali pada Anda.

Kehilangan dompet bisa menjadi bencana besar bagi seseorang apabila informasi yang ada di dalamnya dimanfaatkan oleh orang yang salah. Lakukan antisipasi terbaik untuk mencegah dompet Anda hilang atau dicuri orang.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang hal-hal yang harus dilakukan bila dompet hilang, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Apa yang Terjadi Bila Kartu Kredit Tidak Diaktifkan, Hilang, atau Tidak Dipakai?
Apa yang Harus Dilakukan jika Sertifikat Tanah Hilang?
Jika Buku Tabungan Hilang, Harus Bagaimana?
Bagaimana Bila Kartu Kredit Hilang
Kalau ATM Hilang, Apa yang Harus Dilakukan?
Pertanyaan yang Sering Diajukan dalam Wawancara Kerja
Apa itu Cost Benefit Analysis (Analisis Biaya Manfaat)?
Hal-Hal yang Menyebabkan Orang “Gagal Kaya”
Perbedaan EBIT vs EBITDA
Hobi dan Aktivitas yang Masih Bisa Dilakukan Dengan Menjaga Jarak Selama Pandemi


Bagikan Ke Teman Anda