Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Bagaimana Cara Memilih Bank di Indonesia?

Mempunyai akun di bank adalah sebuah keharusan di era modern seperti ini. Tidak semua transaksi, terutama yang melibatkan uang dalam jumlah besar bisa dilakukan dengan menggunakan uang tunai.

Oleh sebab itu, membuka akun pada sebuah bank menjadi solusi yang tepat. Meski terdengar sepele, namun memilih bank dengan teliti sebelum membuka akun rekening adalah sebuah kewajiban. Mungkin Anda sering mendengar nama bank tertentu yang sudah sangat terkenal di masyarakat, namun tidak ada salahnya mencari bank yang bisa memberikan pelayanan terbaik.

Ketika Anda memutuskan untuk membuka akun rekening di bank mana saja, itu artinya Anda telah bersedia untuk menciptakan sebuah hubungan jangka panjang dengan bank tersebut.

Ingat, tidak setiap hari Anda berubah pikiran untuk memindahkan semua uang Anda ke rekening baru di bank yang lain. selama Anda merasa aman dan nyaman dengan layanan yang diberikan, selama itu pula Anda cenderung menggunakan jasa mereka secara terus menerus.

Membuka akun rekening pada sebuah bank tidak sesederhana Anda menyimpan uang Anda agar aman, tetapi tentang apakah bank tersebut memberikan keuntungan atau justru menarik banyak biaya dari Anda?

Inilah hal-hal yang perlu dipertimbangkan sebelum Anda membuka akun rekening pada sebuah bank:

1. Tentukan tujuan pembuatan akun

Tidak semua orang membuka rekening bank dengan tujuan menabung. Tentukan apa yang menjadi tujuan Anda membuka akun bank. Apakah untuk menabung, membuat depostio, atau untuk melakukan pinjaman. Akan lebih mudah bagi Anda menemukan bank dengan layanan terbaik jika Anda tahu untuk apa Anda membuka rekening bank.

2. Keamanan dana

Sebelum Anda membuka rekening, pastikan bahwa bank yang Anda tuju memiliki proteksi terhadap dana seluruh nasabah mereka. Jika di Indonesia, ada lembaga bernama Lembaga Penjamin Simpanan bagi semua nasabah bank yang tergabung di dalamnya. Ini hanya sebagai langkah antisipasi saja agar semua uang Anda tetap aman jika suatu saat bank tersebut bangkrut.

3. Biaya transaksi

Anda harus bisa menemukan bank yang menerapkan sesedikit mungkin biaya untuk transaksi-transaksi umum. Biasanya ada bank yang membebankan biaya tambahan seperti biaya pengecekan atau biasa untuk bantuan akun (saat Anda berbicara dengan petugas bank di kantor cabang) di samping biaya tetap bulanan yang umumnya diterapkan.

4. Kemudahan deposito

Deposito dengan cara tradisional masih banyak diterapkan hingga saat ini, yaitu dengan langsung mendatangi kantor bank. Jika bank Anda tidak memiliki kantor cabang terdekat dengan tempat tinggal Anda, pastikan mereka memiliki layanan deposito via telepon genggam. Mereka biasanya juga akan menawarkan diri untuk mengambil dana di rumah Anda. perhatikan juga seberapa sering Anda akan membutuhkan deposito tunai seperti ini, dan apakah hal tersebut akan merepotkan Anda nantinya.

5. Biaya ATM

Jika Anda termasuk orang yang sering bertransaksi menggunakan ATM, pastikan bank Anda tidak membebankan biaya tambahan untuk penggunaan ATM. Beberapa bank biasanya menerapkan jumlah potongan tertentu untuk setiap kartu ATM setiap bulannya.

6. Suku bunga

Suku bunga sangat penting karena dapat memberikan keuntungan sekaligus merugikan Anda dalam waktu bersamaan: berapa jumlah bunga yang akan Anda dapatkan pada rekening Anda dan berapa bunga yang harus Anda bayar untuk kartu kredit atau ketika Anda melakukan pinjaman. Idealnya, Anda harus menemukan sebuah bank yang bisa membayar bunga lebih tinggi dari suku bunga rata-rata ke tabungan Anda dan membebankan bunga yang lebih rendah dari rata-rata untuk semua hutang Anda.

7. Fitur online banking

Pilih bank yang menyediakan layanan online banking, baik itu melalui telepon seluler atau melalui internet. Fitur ini memudahkan Anda yang sering melakukan berbagai macam transaksi, sehingga Anda tidak perlu repot mencari mesin ATM atau pergi ke bank setiap saat.

8. Jumlah saldo minimal

Setiap bank pasti mewajibkan nasabahnya untuk memiliki saldo minimal atau saldo mengendap di rekening mereka. Saldo itulah yang nanti bisa dipotong untuk biaya bulanan. Pastikan saldo minimal yang diminta bank Anda berada pada jumlah yang minimum, atau setidaknya yang masih bisa Anda jangkau. Jumlah saldo minimum yang terlalu tinggi dapat merugikan Anda dalam beberapa hak.

9. Kantor cabang

Semakin banyak bank Anda memiliki kantor cabang, maka semakin nyaman pula Anda bertransaksi. Keberadaan kantor cabang sangat berguna ketika Anda membutuhkan jasa layanan mereka saat berada di luar kota. Namun tentu saja ketersediaan kantor cabang ini bukan sebuah urgensi. Perhitungkan apakah Anda benar-benar membutuhkan bank dengan banyak kantor cabang atau tidak.

10. Layanan pelanggan

Nomor layanan pelanggan adalah yang pertama kali harus Anda hubungi ketika ada masalah dengan akun rekening Anda atau ketika Anda sekedar ingin berkonsultasi. Tanyakan pada teman Anda, bank mana yang memberikan layanan terbaik. Anda pasti tidak ingin menunggu lama atau mendapatkan layanan yang kurang baik dari bank Anda bukan?

11. Manajemen dana

Perhatikan layanan manajemen dana yang ditawarkan oleh sebuah bank. Jika Anda adalah seorang pengusaha, maka penting untuk menemukan bank yang mengijinkan Anda membuka beberapa akun dan mengontrol semua transaksi yang terjadi setiap hari.

Sebelum Anda memutuskan bank apa yang terbaik bagi Anda, cari tahu semua fitur yang ditawarkan oleh sebuah bank. Dari semua fitur bank yang ada, tentukan mana yang sangat Anda butuhkan dan mana yang tidak terlalu Anda butuhkan.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang cara memilih bank di Indonesia, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Inilah Jenis Lembaga Keuangan di Indonesia yang Perlu Anda Ketahui
Prinsip 5C dan 7P dalam Pemberian Kredit di Lembaga Keuangan/Bank
Kartu Kredit BRI
Pengertian Bank dalam Pengawasan
Mau Tahu 10 Universitas Terbaik di Indonesia? Ini Daftarnya!
Mengapa Indonesia Kurang Maju? Ini Dia Alasannya!
Mau Punya Mobil? Ini Dia Cara Kredit Mobil di Bank
Kartu Kredit Bank BNI
Apa Itu Rekonsiliasi Bank? Ini Alasan Dilakukan Rekonsiliasi Bank
Pentingnya Mengenali Nasabah dalam Sektor Perbankan


Bagikan Ke Teman Anda