Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Barang Overprice Apa yang Sering Dibeli Orang?

Anda rela mengeluarkan uang untuk membeli barang mahal? Jika iya maka anda tidak sendirian. Di luar sana banyak sekali orang yang mengeluarkan banyak uang untuk satu jenis barang. Sebenarnya sebagus apa barang yang dibeli? Mengapa untuk mendapatkannya perlu mengeluarkan uang yang tidak sedikit?

Agar bisa menilai bagus tidaknya barang, anda sebaiknya membaca ulasan tentang barang overprice yang sering dibeli orang berikut ini. Dengan mengetahui daftar barangnya, anda pasti bisa mengetahui alasan mahalnya barang yang tetap dibeli orang tersebut. Langsung saja, berikut daftarnya.

1. Berlian

Barang mahal pertama yang sering dibeli orang adalah berlian. Banyak orang berburu berlian meskipun harganya mahal. Harga berlian murni mulai dari puluhan juta hingga triliunan, tergantung karat, kejernihan, bentuk, dan warna berlian.

Alasan orang membeli berlian yaitu untuk koleksi, investasi, memenuhi gaya hidup mewah, dan ada pula yang hanya ingin pamer. Apapun alasannya, berlian tetap menjadi salah satu barang overprice yang sering dibeli orang. Apakah anda juga tertarik untuk membeli berlian?

2. Parfum

Barang overprice yang sering dibeli orang selanjutnya adalah parfum. Banyak parfum yang berharga murah dan banyak pula yang berharga mahal. Lalu apakah orang akan memilih untuk membeli parfum yang harganya murah? Jawabannya tidak. Sebagian orang malah menyukai parfum dengan harga mahal.

Alasannya yaitu karena parfum mahal itu sudah seperti karya seni, yang mana memiliki keistimewaan tersendiri. Keistimewaan yang utama itu pada baunya. Bau parfum mahal sangat enak dan terasa elegan, tidak norak. Dari baunya saja, anda sudah bisa mengetahui apakah parfum tersebut mahal atau tidak. Karena itu juga banyak orang kaya dan public figure yang tidak bisa lepas dari parfum mahal.

Selain istimewa wanginya, parfum mahal juga istimewa karena tahan lamanya. Wangi dari parfum mahal masih bisa anda cium setelah beberapa hari penggunaan, berbeda dengan parfum murah yang sudah tidak tercium setelah satu jam penyemprotan. Nah, dari kelebihannya, wajar kan jika barang overprice satu ini sering dibeli orang?

3. Kosmetik

Pernah mendengar berita tentang artis yang menghabiskan puluhan juta rupiah hanya untuk membeli kosmetik? Jika pernah, jangan heran karena hal satu ini sangat wajar. Selain artis, banyak juga orang kaya yang rela mengeluarkan banyak uang untuk membeli kosmetik.

Alasannya karena kualitas kosmetik mahal itu terjamin, tidak seperti kosmetik murah yang bisa membahayakan. Padahal menurut seorang ahli kosmetik Randy Schueller, harga kosmetik itu tidak ada hubungannya dengan kualitas kosmetik. Harga bahan kosmetik hanya 15 persen saja, sisanya adalah harga kemasan dan kepopuleran brand suatu produk.

4. Pakaian branded

Pakaian branded atau bermerk juga termasuk barang overprice yang sering dibeli orang. Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan brand pakaian Gucci, Chanel, Dior, Louis Vuitton, Hermes, dan kawan-kawannya bukan? Meskipun pakaian tersebut ditawarkan dengan harga tinggi, peminatnya tetap sangat banyak.

Puluhan juta rela dihabiskan hanya untuk membeli satu potong atasan atau bawahan, sangat menarik kan? Alasan seseorang membeli pakaian bermerek pun bermacam-macam, seperti agar mendapatkan pakaian yang berkualitas dan tahan lama, agar lebih percaya diri, lebih bergaya, untuk pamer, dan masih banyak alasan lainnya.

5. Tas, sepatu, dan jam tangan branded

Selain pakaian, orang akan rela mengeluarkan banyak uang untuk membeli tas, jam tangan, sepatu, dan sandal bermerek. Alasan membelinya pun sama seperti alasan membeli pakaian branded. Bahkan banyak orang yang berburu tas limited edition dengan harga yang fantastis. Apakah anda termasuk salah satunya?

6. Aksesoris

Aksesoris merek ternama juga ikut berperan menguras uang orang kaya dan para public figure. Banyak kalung, gelang, cincin, bros yang harganya jutaan hingga miliaran. Untuk aksesoris yang terbuat dari berlian mungkin wajar. Namun untuk aksesoris biasa bukankah termasuk overprice?

7. Gadget keluaran terbaru

Barang overprice selanjutnya adalah gadget keluaran terbaru. Untuk gadget atau gawai lama tidak termasuk karena biasanya harganya sama dengan kualitas yang ditawarkan. Semakin mahal, semakin banyak fitur canggih yang didapat. Namun tidak dengan gawai keluaran terbaru.

Gawai keluaran terbaru biasanya menawarkan harga yang sangat tinggi, apalagi jika gawai tersebut dikeluarkan oleh brand ternama. Padahal beberapa bulan setelah rilis harganya sudah turun jauh. Nah bisa anda tebak apa yang membuatnya sangat mahal saat baru dirilis? Namun meskipun mahal, masih banyak orang yang bergegas pre-order saat ada gawai model terbaru.

8. Kopi ternama

Di tujuh poin di atas kita membahas tentang barang yang benar-benar mahal, tapi poin ke delapan ini lebih ke barang biasa. Salah satu yang masuk kategori barang biasa overprice adalah minuman kopi yang dikeluarkan oleh perusahaan ternama seperti Starbucks, Dunkin Donuts, J.CO, The Coffee Bean. Sebenarnya harga kopi tersebut wajar tapi termasuk mahal jika dibandingkan dengan warung kopi di Indonesia.

Meskipun mahal, banyak pecinta kopi yang tetap membelinya dengan alasan rasanya berbeda, teknik meraciknya berbeda, penyajiannya berbeda, dan masih banyak alasan lainnya. Melihat dari alasan tersebut, bukankah kopi tidak masuk barang overprice? Ya, sebenarnya harganya masih wajar tapi karena kita melihat dari pandangan kebanyakan orang Indonesia maka harga tersebut termasuk kategori overprice.

9. Makanan di restoran ternama

Selain minuman kopi, makanan yang dijual oleh restoran ternama juga masuk kategori overprice. Makanan yang dimaksud bisa kue, roti, donat, pizza, makanan berat, cemilan, dan berbagai jenis lainnya. Sebenarnya alasan makanan dibanderol dengan harga mahal itu karena kualitas makanannya, bahan yang digunakan, proses memasaknya, kelezatan makanan, tempat makan, brand makanan, dan masih banyak alasan lainnya.

Jika mahal sepenuhnya karena kualitas makanan maka tidak menjadi masalah dan tidak dikategorikan overprice. Masalahnya adalah mahal karena tempat makannya bagus dan merupakan brand terkenal sehingga makanan di restoran ternama masuk kategori  barang overprice yang sering dibeli orang.

Demikian tadi sedikit ulasan tentang barang overprice yang sering dibeli orang. Bagi yang alasannya membeli karena kualitas, anda sekarang mungkin paham jika harga yang ditawarkan tidak sepenuhnya karena kualitas. Ada faktor lain yang lebih berpengaruh yaitu brand produk. Jadi pastikan anda memahami betul fakta satu ini. Sekian, semoga informasi singkat ini bermanfaat.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang barang overprice yang sering dibeli orang, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Mengapa Kita Menggunakan Barang Produksi Dalam Negeri?
Barang-barang yang Sebaiknya Jangan Dibeli di Supermarket
Ini Dia Barang-barang Termahal di Dunia
Apa Itu Barang Komplementer? Berikut Contoh Barang Komplementer
Apa itu Barang Subtitusi? Berikut Contoh Barang Subtitusi!
Contoh Barang Komplementer – Barang Pelengkap
Bagaimana Membeli Barang dari China Secara Grosir?
Walau Harga Mahal, Barang Ini Layak Dibeli
5 Barang yang Sering Dibeli tapi Sebenarnya Tidak Dibutuhkan
Mudah Tergoda Barang Tidak Penting? Begini Siasat Agar Lebih Bijak dalam Belanja Online


Bagikan Ke Teman Anda