Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Contoh Keunggulan Komparatif

Keunggulan komparatif merupakan keadaan dimana suatu negara mampu menghasilkan produk dengan biaya peluang yang lebih rendah. Dengan kata lain, suatu negara mengorbankan lebih sedikit barang A untuk menghasilkan barang B daripada negara lain.

Hukum keunggulan komparatif awalnya diperkenalkan oleh David Ricardo pada tahun 1817, dia mendefinisikannya sebagai keadaan dimana satu Negara lebih efisien dalam memproduksi barang tertentu daripada yang lain.

Dalam prinsip ekonomi keunggulan komparatif berlaku dalam kasus perdagangan bebas di mana negara-negara berspesialisasi dalam memproduksi barang dan jasa yang dapat diproduksi lebih efisien, serta dengan biaya peluang lebih rendah daripada barang dan jasa lainnya. Ini merupakan hasil dari keuntungan yang berbeda dari berbagai faktor produksi, yaitu tenaga kerja, model tanah, keterampilan, wirausaha, teknologi, dll.

Contoh keunggulan komparatif

Keunggulan komparatif merupakan konsep yang paling baik dijelaskan dengan sebuah contoh. Mari kita perhatikan dua negara yang memproduksi mobil dan truk. dalam contoh ini adalah Amerika Serikat membuat 30 juta mobil dan 10 juta truk, sementara Jepang memproduksi 25 juta mobil dan 2,5 juta truk.

Amerika Serikat memiliki keunggulan mutlak dalam memproduksi mobil dan truk, namun Ia memiliki keunggulan komparatif dalam truk. Ini karena lebih baik dalam tingkat produksinya. Karena 1,2 kali lebih baik dari Jepang dalam memproduksi mobil, dan empat kali lebih baik dalam memproduksi truk.

Penjelasannya, Jepang bisa memproduksi 25 juta mobil atau 2,5 juta truk, mungkin masuk akal untuk berasumsi bahwa Jepang harus memproduksi mobil karena dapat menghasilkan lebih banyak mobil. Dan ia memiliki keunggulan komparatif dalam produksi mobil, hal ini karena Jepang kurang efisien dalam memproduksi truk jadi biaya peluangnya jauh lebih besar. Dengan kata lain, Jepang lebih baik dalam memproduksi mobil daripada truk.

Jika dibandingkan dengan Amerika Serikat, bisa dilihat bahwa Amerika Serikat dapat memproduksi lebih banyak mobil atau truk daripada Jepang. Jadi bagaimana ini bisa diartikan menjadi keunggulan komparatif ?

Itu berasal dari biaya peluang, jika Amerika Serikat memproduksi mobil maka truk hanya akan sedikit, karena Jepang yang sangat tidak efisien dalam produksi truk. Jadi, Amerika Serikat harus merelakan lebih banyak truk untuk memproduksi mobil daripada Jepang. Sedangkan Jepang harus merelakan 10 mobil untuk memproduksi 1 truk, sebab bisa menghasilkan 25 juta mobil yang setara dengan 2,5 juta truk, sebaliknya Amerika Serikat harus merelakan 3 mobil untuk memproduksi 1 truk.

Jadi biaya peluang Amerika Serikat untuk memproduksi truk jauh lebih rendah daripada Jepang. Karena alasan inilah Amerika Serikat memiliki keunggulan komparatif dalam memproduksi truk.

Namun, Jepang juga memiliki keunggulan biaya peluang dalam produksi mobil, ini karena mereka hanya perlu merelakan 0,1 truk untuk memproduksi mobil. Disisi lain, Amerika Serikat harus merelakan 0,33 truk untuk memproduksi mobil. Karena itu biaya peluang produksi mobil di Jepang jauh lebih rendah, dan hasilnya Jepang lebih efisien dalam memproduksi mobil dan Amerika Serikat lebih efisien dalam memproduksi truk.

Contoh keunggulan komparatif dalam kehidupan nyata

Untuk menempatkan hal-hal ke dalam konteks mari kita coba dan melihat keunggulan komparatif dan perspektif yang berbeda.

Contoh, seorang bintang sepak bola terkenal memiliki keunggulan yang jelas di atas rata-rata orang dalam kemampuan sepakbola, ia secara konsisten dinilai sebagai salah satu pemain terbaik di dunia. Meski demikian, mari kita coba asumsikan  bahwa ia juga memiliki kemampuan musik yang hebat.

Hasilnya, dia tidak bisa fokus pada sepak bola dan musiknya tanpa mengorbankan kemampuannya dalam satu atau yang lain. Jadi dia fokus pada yang mana?

Untuk fokus pada musik ia harus melepaskan fokusnya pada sepak bola, ini akan menjadi kurang optimal karena ia adalah salah satu yang terbaik di dalam dunia sepak bola, jadi dalam hal keunggulan komparatif ia unggul di sepak bola.

Disisi lain, mungkin seorang musisi mempunyai kemampuan rata-rata dalam musik, dan jua mempunyai bakat dalam sepakbola. Namun ia memiliki keunggulan komparatif karena ia harus melepaskan lebih sedikit bakat sepak bolanya untuk fokus pada musik

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang contoh keunggulan komparatif, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Apa itu Keunggulan Komparatif?
Contoh Perjanjian Hutang Piutang
Contoh-contoh Disguised Unemployment (Pengangguran Terselubung)
Fungsi dan Contoh Lembaga Keuangan Bukan Bank
Contoh Nyata Penawaran Inelastis Sempurna
Contoh-contoh Biaya Overhead
10 Contoh Nama Kafe Unik, Simpel Nan Kekinian
Penjelasan Lengkap Rumus Break Even Point Beserta Contohnya
Apa itu Barang Subtitusi? Berikut Contoh Barang Subtitusi!
Contoh Laporan Keuangan untuk Semua Usaha, Kafe, Restoran dan Lainnya


Bagikan Ke Teman Anda