Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Ingin Liburan Murah Tapi Tetap Berkesan? Ini Caranya!

Jika Anda membayangkan liburan di pinggir pantai yang cantik, menelusuri kota-kota megah di luar negeri, atau menghirup udara segar khas pegunungan; Anda bukan satu-satunya. Liburan memang menjadi idaman banyak orang untuk melepaskan lelah dan penat setelah melakukan rutinitas harian. Sayangnya, liburan menyenangkan sering sejalan dengan biaya pengeluaran membengkak yang membuat dompet langsung kempis.

Namun tahukah Anda, kalau sebenarnya liburan bisa saja tidak harus menghabiskan dana gila-gilaan yang membuat kita pusing. Dengan perencanaan dan strategi liburan yang matang, Anda bisa mendapatkan liburan yang berkesan tanpa takut kantong bolong. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan liburan indah dan murah!

1. Mengurangi Biaya Transportasi

Biaya transportasi memang memiliki porsi yang besar dalam pengeluaran liburan, namun Anda bisa menguranginya dengan melakukan beberapa pengaturan. Mengurangi biaya transportasi bukan saja memotong jumlah uang yang dikeluarkan, tapi juga mengatur keseluruhan sarana transportasi yang akan digunakan. Misalnya, Anda dapat mencari tiket pesawat di jam dan tujuan sama namun dengan harga yang lebih murah pada berbagai situs online terpercaya.

Jika waktu Anda lebih luang, Anda bisa mulai mencari harga tiket pesawat atau kereta api yang memiliki promo. Biasanya berbagai situs traveling online memberikan promo pada tanggal atau momen tertentu yang bisa Anda manfaatkan, misalnya saat mudik atau hari libur nasional. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menggunakan mobil sewaan jika tujuan liburan memungkinkan, karena akan lebih menghemat biaya transportasi selama jalan-jalan disana.

2. Memilih Penginapan yang Sesuai

Penginapan adalah salah satu hal mendasar dalam liburan, dan Anda dapat menghemat biaya dengan memilih penginapan yang sesuai. Kini sudah banyak berbagai situs online yang memberikan berbagai pilihan penginapan mulai dari hotel bintang lima hingga penginapan kecil yang terjangkau. Ingatlah bahwa Anda liburan bukan untuk tidur saja, sehingga sebaiknya tidak perlu memilih penginapan yang memasang tarif selangit.

Jadi selama penginapan tersebut aman, nyaman, dan bisa menjadi tempat beristirahat dalam liburan; maka Anda bisa memilihnya. Untuk mendapatkan harga yang lebih terjangkau lagi, Anda bisa mencari penginapan dengan gaya guest house yang biasanya dikelola orang lokal setempat. Anda juga bisa mencari penginapan untuk dua atau tiga orang sehingga biayanya bisa dibagi dengan teman seperjalanan atau sesama traveler lainnya.

3. Mengatur Pengeluaran Makan dengan Bijak

Biaya untuk makan selama liburan, termasuk snack, terkadang memang tidak terlalu dianggap penting karena jumlahnya yang dikeluarkan dirasa lebih sedikit dibanding pengeluaran lain seperti transportasi dan penginapan. Namun perlu diingat, jumlah itu terasa sedikit karena dikeluarkan hanya setiap makan bukan sekaligus. Coba dihitung jika biaya-biaya yang tampak kecil itu digabung semuanya secara keseluruhan, pasti akan muncul total yang cukup besar.

Karena itu, sangat penting untuk mengatur pengeluaran makan dan minum saat liburan dengan baik. Mengatur pengeluaran ini bukan berarti Anda jadi tidak menikmati sesi kuliner yang menjadi ciri khas liburan, namun mengelola apa saja yang memungkinkan muncul biaya. Misalnya, Anda dapat membawa tempat minum sendiri yang diisi ulang di penginapan sehingga tidak perlu membeli minum saat berkunjung ke tempat wisata.

Anda juga bisa membeli snack dari rumah atau tempat lain yang terjangkau, karena kita tahu di tempat wisata harganya bisa tiga kali lipat. Untuk makan berat sendiri, Anda bisa mengakalinya dengan sarapan dan makan siang di tempat yang sederhana. Dengan begitu, Anda memiliki budget lebih untuk makan malam di tempat yang menjadi ciri khas daerah tersebut atau yang sudah Anda idam-idamkan.

4. Melakukan Riset Nilai Tukar dan Harga Standar

Hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah meriset nilai tukar dan harga standar yang berlaku di destinasi liburan. Jika Anda hendak berlibur ke luar negeri, meriset mata uang adalah hal yang wajib untuk dilakukan supaya Anda dapat memperkirakan berapa banyak uang yang perlu dibawa. Penting juga untuk mengetahui apakah destinasi liburan tersebut memiliki akses pembayaran menggunakan kartu kredit maupun debit yang tidak mengenakan biaya nilai tukar, karena membayar menggunakan kartu tersebut akan jauh lebih hemat.

Sedangkan harga standar yang berlaku mencakup segala biaya yang kemungkinan dikeluarkan saat liburan di tempat tersebut, seperti biaya transportasi, penginapan, makan, dan lain sebagainya. Dengan mengetahui harga standar dari biaya yang berlaku di destinasi liburan, Anda dapat mengatur perkiraan pengeluaran dengan lebih baik. Informasi mengenai hal itu bisa didapatkan melalui blog atau situs yang berisi pengalaman liburan di destinasi terkait dari orang-orang yang pernah kesana.

5. Menyewa Telepon Genggam atau Membeli SIM Card

Seperti yang kita tahu bahwa saat liburan ke luar negeri, biaya yang dikeluarkan untuk roaming telepon akan cukup menguras dompet. Namun tidak mungkin juga jika liburan tanpa menggunakan telepon, karena Anda pasti membutuhkannya untuk berkomunikasi dengan keluarga dan mencari informasi mengenai tempat liburan. Untuk mengakalinya, Anda dapat menyewa telepon genggam dari orang lokal setempat atau membeli SIM card yang akan meminimalisir pengeluaran.

6. Mengatur Shopping Budget

Liburan tentu tak terlepas dari belanja dan membeli oleh-oleh untuk sanak keluarga, kolega, serta teman-teman di rumah. Namun Anda tentu sering merasakan kalau rutinitas liburan yang satu ini memang cukup menipiskan dompet, karenanya perlu dibuat perincian budget yang baik. Anda juga perlu mempertimbangkan kembali saat hendak membeli sebuah barang yang menarik hati, apakah Anda benar-benar membutuhkannya dan akan memakai barang itu atau tidak?

Karena seperti yang kita tahu, tak jarang barang yang dijual di tempat wisata sebenarnya tak jauh berbeda dengan barang yang dapat kita temui sehari-hari namun dibandrol dengan harga yang sangat tinggi. Jika Anda masih kesulitan menahan godaan untuk membeli, cobalah strategi aturan belanja 72 jam, atau dapat disesuaikan dengan situasi dan kondisi, untuk melihat apakah Anda benar-benar menginginkan barang tersebut atau tidak.

Demikianlah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memiliki liburan yang murah namun tetap menjadi pengalaman yang menyenangkan dan berkesan. Selain dapat mengurangi biaya yang membuat kepala pusing sehabis liburan, melakukan cara-cara diatas juga membuat Anda bisa mengalokasikan dana untuk liburan selanjutnya. Semoga informasi ini bemanfaat!

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang tip liburan murah tapi tetap berkesan, semoga bermanfaat.



Hindari Pemborosan Berikut Ini Ketika Mempersiapkan Pensiun
Apa Itu Wealth Management di Bank?
10 Negara dengan Inflasi Tertinggi di Dunia
Apa itu Money Supply?
Apa itu Devisa?
Bagaimana Modus Rekrutmen Perusahaan Palsu?
Kesalahan yang Sering Dilakukan di Bandara
Kesalahan Umum Pengusaha UMKM
Definisi Too Big to Fail
Sifat-sifat Umum yang Dimiliki Orang Kaya


Bagikan Ke Teman Anda