Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Mau Tau Cara Hidup Lebih Disiplin? Ini Dia Kiat agar Lebih Disiplin!

Memiliki mimpi dan keinginan itu soal mudah. Tapi, membuat diri kita berani menjalani keinginan tersebut, itu hal yang luar biasa susah. Tidak banyak orang yang sanggup, betah, dan bertahan tatkala ‘terjebak’ komitmen untuk merealisasikan apa yang ia mau dan inginkan.

Selain butuh motivasi yang kuat serta energi tanpa batasan yang jelas, ada ruang dalam diri kita yang merasa bahwa mimpi harus diwujudkan dengan segala cara, sesegera mungkin, bahwa jika kita tidak melakukan sesuatu apapun untuk mimpi tersebut, kita bakal mati penasaran atau menyesal di hari tua. Nah, kombinasi antara motivasi serta energi – yang merupakan turunan upaya dan tindakan – dalam mencapai keinginan kita dan meraih sukses atas itu tercermin dari apa yang dinamakan dengan disiplin.

Semua orang sependapat bahwa menjaga kedisiplinan merupakan tantangan terbesar saat seorang individu ingin mencapai kesuksesan yang benar-benar ia harapkan. Padahal, jika seseorang mau berpikir barang sejenak, ketika ia memiliki kedisiplinan untuk melakukan segala hal yang ia sadari memang harus dilakukan, walau ia sendiri tidak merasa tengah menjalani kedisiplinan itu sendiri, seberapa jauh kesuksesan yang bakal diraihnya. Sayangnya, kesadaran semacam ini tidak banyak dimiliki banyak orang. Kebanyakan menyerah pada keberadaan zona nyaman mereka, yang dalam hal ini adalah lebih suka menjaga mimpi ketimbang merealisasikannya.

Nah, buat Anda yang ingin lepas dari jebakan zona nyaman dan menjadi seseorang yang disiplin demi mengejar kepuasan dan kesuksesan, silakan simak tips-tips berikut.

1. Tetap fokus

Di pagi hari, sebelum melakukan aktivitas apapun, lakukan kajian atas mimpi Anda. Dan, setiap kali hendak tidur, tentukan batasan langkah dan strategi untuk mencapai mimpi Anda tersebut dan ulas kembali apa yang telah Anda jalani seharian ini terkait usaha menggapai mimpi tersebut. Jika memungkinkan, pilih lokasi yang tenang dan hening dimana Anda bisa fokus memikirkan soal ini serta memvisualisasikan apa yang ingin Anda raih baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

2. Buat komitmen

Kalau Anda benar-benar ingin meraih keinginan Anda, maka Anda harus membuat komitmen agar lebih disiplin lagi. Sesederhana itu, kok. Perlu disadari bahwa untuk menjadi sosok yang disiplin butuh pengorbanan, butuh tindakan nyata. Ada banyak wujud kedisiplinan, mulai dari menjaga pola makan dan kebugaran tubuh, mendahulukan tugas dan tanggung jawab dari bersantai ria, mengendalikan emosi yang mudah meledak-ledak, serta menjaga ucapan dan tindakan agar tetap berada di koridor yang dibutuhkan.

3. Jadwalkan rutinitas

Dengan menjadwalkan rutinitas tertentu, maka Anda tidak akan merasa ‘terbebani’ karena kebiasaan bakal membuat seseorang terasa tengah menjalani suatu hal yang normal. Ambil saja contoh seorang atlit. Atlit profesional tahu betul berapa jam waktu yang harus dia gunakan untuk berlatih, kapan harus istirahat untuk makan siang dan makan malam, dan juga kapan harus beristirahat. Tak hanya itu, rutinitas yang dipahami seorang atlit semacam ini bukan sekedar besaran waktunya saja, melainkan detil yang ada di setiap aktivitas besar itu. Selama latihan, misalnya, ia mengerti bagaimana cara melakukan pemanasan yang benar, latihan yang tepat itu seperti apa, dan juga bagaimana melakukan pendinginan seusai latihan. Terlihat, bukan, apa dampak penjadwalan serta perencanaan rutinitas terhadap kesuksesan Anda nantinya?

4. Mati rasa

Harus diakui bahwa bagian tersulit dari disiplin adalah mempertahankan langkah yang diperlukan agar mimpi Anda terealisasikan. Hal ini jelas membutuhkan kerja keras yang sifatnya konstan dan melawan kenyamanan dan kenikmatan sesaat. Agar bisa meraih kondisi seperti ini, Anda harus memisahkan diri dari berbagai perasaan atau luapan emosi yang bisa menghentikan Anda kapan saja seperti rasa lelah, kemalasan atau terlampau lembek pada diri sendiri. Jangan pedulikan lonjakan emosi, meski Anda sudah merasa kelelahan, depresi dan sendiri dalam perjuangan menempuh apa yang ingin Anda raih. Dengan kata lain, mati rasa sajalah terhadap perasaan Anda.

5. Bekerja keras itu menyenangkan

Mulai sekarang, ubah fokus Anda pada proses yang tengah Anda jalani dan berkonsentrasilah pada upaya penyelesaian misi Anda sendiri. Hal itu akan membuat tujuan Anda tercapai lebih cepat dan lebih baik lagi dari waktu ke waktu. Kecepatan itu penting, karena begitu Anda cepat dalam menuntaskan satu aktivitas, maka waktu dan peluang Anda untuk menentukan tugas berikutnya menjadi lebih banyak lagi. Sayangnya, banyak orang yang keburu menyerah. Perlu dipahami bahwa kesuksesan merupakan fungsi dari keteguhan hati, bahwa disiplin merupakan hal yang membuat Anda tiba pada tujuan akhir

Anda, yakni realisasi mimpi Anda. Semakin sering Anda mempelajari langkah serta keterampilan yang dibutuhkan untuk menuntaskan misi Anda – dan di saat yang sama Anda menyadari kalau diri Anda menjadi lebih baik dan lebih cakap setelahnya – maka jangan heran kalau Anda merasa haus akan sesuatu yang baru. Mungkin belum Anda sadari dan pahami, tapi mengetahui diri Anda telah lebih baik dan lebih jago dari biasanya merupakan obat mujarab untuk mencapai mimpi.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang kiat agar lebih disiplin, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Apa Pentingnya Disiplin Dalam Hidup?
Alasan Mengapa Disiplin itu Penting
Pentingnya Disiplin dalam Hidup
10 Kiat Meningkatkan Produktivitas
Apa itu Devisa?
Bagaimana Modus Rekrutmen Perusahaan Palsu?
Kesalahan yang Sering Dilakukan di Bandara
Kesalahan Umum Pengusaha UMKM
Definisi Too Big to Fail
Sifat-sifat Umum yang Dimiliki Orang Kaya


Bagikan Ke Teman Anda