Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Mengapa Ada Orang “Yang Sukses” dan “Yang Tidak Sukses”?

Pernahkan Anda berpikir mengapa sebagian orang bisa sukses, sedangkan yang lain hidup begitu-begitu saja? Apakah kesuksesan merupakan takdir, sehingga apabila bukan rezekinya harus diterima dengan lapang dada?

Apabila Anda berpikir demikian, mungkin Anda hanya melihat luarnya saja, melihat sukanya saja. Karena ternyata, kesuksesan bukan suatu hal yang bisa diraih begitu saja. Bukan semata-mata karena keberuntungan.  Di dalamnya, ada banyak pengorbanan, keteguhan, kesabaran, kegigihan, lelah, sakit, dan kepercayaan.

Nah, komponen-komponen internal ini yang jarang diketahui orang. Sekaligus, komponen-komponen ini yang membendakan mereka yang sukses dan mereka yang belum sukses.

1. Lingkaran Pergaulan

Penyebab mengapa beberapa orang bisa sukses dan beberapa tidak yaitu karena lingkaran pergaulan yang mereka miliki. Kebanyakan orang bergaul dengan orang-orang yang memiliki banyak kesamaan, misalnya saja latar belakang dan cara pandang yang sama. Kesamaan-kesamaan tersebut yang membuat satu sama lain saling cocok hingga membentuk suatu pergaulan.

Apabila pribadi-pribadi dalam pergaulan tersebut adalah mereka yang optimis, kompetitif, dan mengejar kesuksesan, maka energi tersebut akan menular ke yang lain. Tetapi apabila orang-orang di dalam pergaulan hanya ingin hidup biasa-biasa saja, maka maka sulit untuk memotivasi yang lain untuk sukses. Oleh karena itu, apabila Anda ingin sukses, jangan hanya bergaul di zona nyaman saja, carilah pergaulan yang luas agar dapat mengenal perspektif-perspektif baru.

2. Visi

Untuk mencapai kesuksesan, seseorang harus memiliki visi. Visi akan memacu seseorang untuk terus melangkah dan mengejar masa depan. Tanpa visi, seseorang akan mudah terombang-ambing dan tidak akan sampai ke suatu tempat yang ia inginkan.

Oleh karena itu, apabila Anda ingin menjadi bagian dari mereka yang sukses, yang pertama Anda lakukan adalah menentukan visi. Apa yang ingin Anda lakukan dan tempat seperti apa yang Anda inginkan.

3. Konsistensi

Visi merupakan dasar untuk melangkah. Namun, visi saja tidak cukup untuk meraih kesuksesan. Mudah untuk menentukan visi, namun untuk bertahan dalam visi tersebut seseorang harus konsisten. Banyak orang sudah membuat visi dan semangat di awal, namun berhenti di tengah jalan karena bosan, lelah, dan putus asa.

Untuk dapat konsisten sampai akhir, Anda membutuhkan kesabaran. Anda harus rajin memotivasi diri setiap saat. Mungkin mimpi Anda terkesan masih jauh, mungkin bisnis Anda masih terlihat kecil, tapi inilah tantangan untuk meraih kesuksesan. Meskipun belum kelihatan di awal, Anda harus percaya bahwa usaha Anda tidak akan sia-sia, suatu saat Anda pasti akan sampai ke tempat tujuan.

4. Berani Keluar dari Zona Nyaman

Mungkin Anda sering mendengar mengenai nasihat ini, yaitu jika Anda ingin maju, maka Anda harus keluar dari zona nyaman. Namun, ini memang benar. Keluar dari zona nyaman akan membuat Anda lebih berani, terlatih, fleksibel dalam menghadapi tantangan baru, dan meningkatkan kepercayaan diri Anda.

Memang kedengarannya mudah, tapi penulis pun menyadari bahwa untuk keluar dari zona nyaman itu sulit. Inilah mengapa beberapa orang memilih tinggal di zona nyaman meskipun tahu bahwa untuk sukses kita tidak boleh jalan di tempat. Oleh karena itu, harus ada dorongan dan motivasi yang kuat untuk berani keluar dari zona nyaman. Nah, agar Anda terus termotivasi, kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang positif, memiliki motivasi yang kuat, dan berani keluar dari zona nyaman. Jadi, Anda pun akan terpacu untuk melakukan hal yang sama.

5. Tidak Gampang Goyah

Di perjalanan menuju sukses, penulis percaya bahwa akan ada banyak tantangan yang akan Anda hadapi. Akan ada banyak hal yang akan menggoyahkan keyakinan Anda terhadap mimpi Anda. Namun, inilah yang akan mengeliminasi siapa yang layak mencapai kesuksesan dan siapa yang tidak.  Mereka yang sukses adalah mereka yang stay on track apapun yang terjadi.

Mungkin akan ada banyak orang yang meremehkan mimpi Anda. Jika suatu saat Anda mengalaminya, percayalah bahwa itu bagian dari tantangan. Coba lihat kisah Jack Ma saat awal mendirikan perusahaannya sendiri. Banyak orang merendahkan, tetapi pada akhirnya perusahaan tersebut justru berkembang menjadi salah satu perusahaan terbesar di dunia.

6. Belajar dari Kesalahan dan Tidak Lelah Mencoba

Mengapa beberapa orang sukses dan beberapa yang lain tidak? Salah satu alasannya yaitu karena beberapa memilih menurunkan ego, menerima kesalahan, dan mencoba lagi, sedangkan yang lain memutuskan bahwa mimpi tersebut tidak lagi cocok untuknya hanya karena dia tidak mampu menerima kesalahan yang ia perbuat.

Memang sulit menurunkan ego kita dan menerima kesalahan, tapi tenang saja, sekali Anda melakukannya, Anda akan menjadi terbiasa. Justru dengan menerima kesalahan dan mencoba lagi, Anda akan belajar banyak dan pikiran Anda lebih terbuka. Karena pada dasarnya kita adalah manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan. Maka dari itu, bersikap terbukalah terhadap kesalahan, sebab guru terbesar adalah pengalaman.

7. Tidak Membuat Alasan

Di tengah perjalanan, Anda akan menemui berbagai tantangan dan hambatan. Di titik ini, akan ada banyak godaan untuk menunda atau berhenti. Misalnya, dengan membuat alasan bahwa saat ini bukan waktu yang tepat untuk mengerjakannya, Anda belum mampu mengerjakannya, Anda belum cukup berpengalaman, atau pekerjaan tersebut tidak cocok dengan Anda. Padahal kenyataannya, justru alasan-alasan tersebut adalah penghambat Anda dalam mencapai kesuksesan. Anda yang menciptakannya dan Anda pasti dapat menaklukannya.

8. Berani Berkorban dan Berbuat Lebih

Orang biasa hanya melakukan apa yang mereka harus lakukan. Sedangkan orang-orang sukses bekerja lebih keras agar hasil yang ia dapat juga lebih baik. Untuk melakukannya, ia harus mengorbankan waktu dan energi. Namun, justru inilah yang membuat mereka naik ke level yang lebih tinggi.

9. Belajar Hal-hal Baru

Orang-orang sukses adalah mereka yang suka mempelajari hal-hal baru. Dengan begitu, mereka dapat berkembang. Apabila Anda tidak suka belajar hal-hal baru, maka level pengetahuan Anda akan segitu-segitu saja. Sedangkan jaman berkembang dengan cepat, Anda akan menjadi yang terbelakang apabila tidak dapat menyesuaikan diri dengan perubahan jaman.

Mungkin sekian artikel kali ini. Semoga uraian di atas akan membuka perspektif pembaca dan memotivasi pembaca agar berani mengejar kesuksesan.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang mengapa ada orang “yang sukses” dan “yang tidak sukses”, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Ini Dia 7 Kebiasaan Agar Bisnis Anda Sukses
Faktor Apa yang Membuat Entrepreneur Sukses?
Orang Kaya Tahu Ini, Makanya Jadi Sukses
Hal-hal ini yang Membuat Orang Sukses
Orang-orang Introvert Juga Bisa Sukses, Lho. Ini Buktinya!
8 Kebiasaan yang Harus Ditanamkan pada Anak Agar Sukses
Alasan Mengapa Singapura Sukses
Skill Penting Wajib Dikuasai agar Sukses
Anda Rendah Diri, Pemalu dan Tidak Percaya Diri? Ini Triknya agar Sukses!
Mengapa Orang Yahudi Sukses?


Bagikan Ke Teman Anda