Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Tips Menemukan Ide Nama Fanbase

Dalam dunia hiburan, seseorang mengidolakan seorang selebriti baik penyanyi, pemain film, selebgram, atau YouTuber merupakan hal yang wajar. Bahkan tak jarang penggemar melakukan hal-hal ‘aneh’ agar bisa tampak seperti idolanya. Mulai dari cara berpakaian, cara berpenampilan atau berdandan, bahkan hingga cara berpikirnya. Ini yang agak ekstrem, karena seorang idola bisa mempengaruhi sikap dan pola pikir penggemarnya, maka mereka sering pula disebut sebagai influencer.

Salah satu hal yang paling kuat dalam eksistensi sang selebriti adalah fanbase (basis penggemar) atau yang disebut juga dengan fandom. Fanbase atau fandom merupakan identitas komunal, di mana orang-orang yang memiliki hobi atau kecintaan yang sama terhadap seorang idola membentuk suatu komunitas yang berisi segala sesuatu tentang sang idola. Setiap fanbase selebriti umumnya memiliki nama yang unik dan terdengar lucu.

Misalnya basis penggemar Justin Bieber dinamai Beliebers, Taylor Swift memiliki Swifties, dan Lady Gaga memiliki Little Monster. Tak hanya selebriti papan atas luar negeri saja yang memiliki fanbase, selebriti dalam negeri pun ada. Contohnya Sahabat Noah sebutan bagi penggemar grup band Noah, BCLicious untuk penggemar Bunga Citra Lestari, Agnation untuk penggemar Agnez Mo, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Setiap basis penggemar memiliki nama yang berbeda. Lantas, bagaimana cara menemukan ide nama fanbase yang unik? Berikut tipsnya.

  • Personifikasikan nama artis yang menjadi idola

Sebagian besar nama basis penggemar berasal dari nama artis yang diidolakan. Nama basis penggemar bisa dari manajemen artis atau bahkan dari penggemarnya sendiri. Siapa pun yang menginisiasi, prinsipnya ide nama fanbase umumnya berasal dari nama sang artis. Misalnya, penggemar Demi Lovato disebut dengan Lovatik. Intinya, jika artis yang diidolakan adalah artis solo, maka nama fanbase sebaiknya menggunakan bagian dari nama artis tersebut.

  • Gunakan salah satu lagu, video atau album

Ide nama fanbase dapat diambil dari lagu, album, atau video sang selebriti. Misalnya Avril Lavigne menyebut penggemarnya dengan Black Stars sesuai dengan judul lagunya. Demikian pula dengan Adele yang menyebut penggemarnya dengan Daydreamers, yang diambil dari salah satu judul lagunya. Selain untuk mempertahankan eksistensi dari sang selebriti di dunia hiburan, nama fanbase yang diambil dari judul lagu atau album juga dapat digunakan untuk mempertahankan popularitas lagu tersebut.

  • Jadikan sebagai pasukan

Basis penggemar sering kali juga disebut sebagai pasukan penggemar, terutama jika mereka membentang luas dan berasal dari berbagai wilayah bahkan negara. Contohnya basis penggemar Beyonce disebut dengan Bey Hive.

  • Pilih sesuatu yang bermakna

Nama basis penggemar memang tidak selalu diambil dari nama sang selebriti, bahkan tidak ada kaitannya sama sekali dengan nama selebriti yang bersangkutan. Meski demikian, hal ini bukan merupakan kesalahan, bahkan menunjukkan keunikan tersendiri. Misalnya saja, Lady Gaga yang disebut dengan Mother Monster menyebut penggemarnya sebagai Little Monster. Tidak ada kaitannya dengan nama sang artis bukan?

  • Membangun tren yang ada

Basis penggemar tidak hanya dimiliki oleh para selebriti yang mondar-mandiri di layar kaca, tetapi juga mereka yang aktif di media sosial seperti selebgram dan YouTuber. Selebriti media sosial ini pun berhak untuk memberikan nama pada basis penggemarnya. Nama basis penggemar bisa diambil dari tren yang dibangun.

Misalnya Anda seorang YouTuber menampilkan konten tentang lini produk yang sedang tren, dan penggemar Anda menyukainya. Contoh, Simply Nailogical dan para penggemarnya terobsesi dengan ‘holo’ yakni sejenis cat kuku berkilauan yang sedang tren. Mereka kemudian memutuskan untuk menamai basis penggemarnya dengan sebutan ‘holoseksual’. Nama yang terdengar lucu dan relatable.

  • Ambil dari karakter yang ingin dibangun

Setiap orang pasti memiliki sifat karakter tertentu yang dapat mendefinisikan dirinya. Demikian pula para selebriti. Nama basis penggemar bisa diambil dari karakter atau kepribadian yang ingin dibangun untuk memberikan kesan positif. Misalnya, band musik asal Korea Selatan, yaitu (G)I-dle menyebut fanbase mereka sebagai Neverland. Nama tersebut merujuk pada Neverland Peter Pan yang diharapkan dapat mendorong penggemar mereka untuk tetap awet muda dan menikmati hidup seperti anak-anak di Neverland.

  • Gunakan kata yang sudah populer di kalangan penggemar

Setiap selebriti umumnya memiliki ciri atau karakteristik masing-masing, misalnya slogan, tagline, sapaan, atau lainnya. Dari kata-kata yang sering digunakan dan sudah populer di kalangan penggemar, bisa menjadi ide untuk dijadikan sebagai nama basis penggemar. Contohnya, beauty vlogger James Charles yang selalu memulai videonya dengan tagline ‘hey sister’, sehingga dia menamai basis penggemarnya dengan sebutan ‘sisters’.

  • Gunakan nama yang benar-benar acak

Nama basis penggemar dapat diambil dari nama yang benar-benar acak, bukan dari bagian nama selebriti, bahkan tidak berkaitan sama sekali. Ide ini digunakan oleh YouTuber Danny Gonzalez yang menyebut penggemarnya dengan nama ‘Greg’, yang menggambarkan sebagai pasukan yang begitu kuat, pembenci gemetar ketika diucapkan’. Tidak ada selebriti yang menggunakan ide ini sebelumnya. Sebab itu, Danny telah melanggar norma penamaan fanbase konvensional dan mempromosikan dirinya sebagai pencipta yang unik.

  • Minta saran dari penggemar

Nama basis penggemar tidak selalu dari sang selebriti dan manajemennya, tetapi bisa juga dari kesepakatan para penggemarnya. Berkenaan dengan hal itu, berikan kebebasan kepada penggemar untuk memilih nama fanbase, karena nama tersebut juga akan mereka gunakan. Melibatkan penggemar dalam memilih nama fanbase tidak ada salahnya, bahkan sangat dianjurkan karena penggemar akan merasa bahwa mereka memiliki arti penting bagi orang yang diidolakannya.

Fanbase bukan hanya sekadar penggemar yang menggilai segala sesuatu yang melekat pada Anda, sebagai idolanya. Penggemar merupakan bagian penting dari eksistensi dan popularitas Anda. Tanpa mereka, Anda bukanlah siapa-siapa. Sebab itu, nama fanbase menjadi identitas yang dapat membantu Anda lebih terhubung dengan mereka.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang ide nama fanbase, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Ide Nama Event Musik Beserta Contohnya
Ide Nama Toko Donat
Ide Nama Usaha Fried Chicken, Penting Tapi Jangan Ribet!
Ide Bisnis Dim Sum
Ide Nama Catering yang Menjual, Dijamin Sukses
Tip Mencari Ide Nama Channel Youtube
Untung Rugi Mengganti Nama Usaha
Ide Marketing untuk UKM
Ragam Ide Bisnis yang Bisa Dikembangkan di Lokasi Sekitar Bandara
Tak Hanya Unik, 10 Ide Nama Hotel Ini Dijamin Buat Penasaran Traveler


Bagikan Ke Teman Anda