Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

7 Cara Mudah Menghemat Pengeluaran Rumah Tangga

Pengeluaran dan uang, adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan dalam hidup. Kemanapun langkah kaki pergi, kedua hal itu akan menghantui di setiap tapak kaki. Seseorang yang tidak dapat mengendalikan keduanya, tentu akan terjerumus kepada kebingungan dan hidup yang tidak tenang. Untuk itu, diperlukanlah seni untuk mengatur pengeluaran dan uang.

Salah satu cara untuk mengatur pengeluaran adalah dengan cara menguranginya. Semakin banyak pengeluaran, maka akan semakin banyak yang terfikirkan, sehingga akan membebani pikiran, dan yang jelas juga akan membebani kantong. Dengan melakukan pengurangan terhadap pengeluaran rumah tangga, seseorang berarti telah melakukan penghematan. Berikut ini 7 cara mudah yang dapat dilakukan untuk mengurangi pengeluaran dalam rumah tangga:

1. Kurangi Porsi Makan

Salah satu kebutuhan pokok manusia adalah pangan, atau makanan. Satu hal ini tidak bisa dilepaskan dalam keseharian manusia. Jika terpaksa dilepaskan dan ditiadakan, tentu seseorang juga akan ikut musnah dari dunia itu. Maka dari itu, diperlukan tangan-tangan terampil untuk mengurus kebutuhan pangan tersebut.

Salah satu cara mengelola pangan agar biayanya tidak terlalu mencekik leher adalah dengan cara mengurangi porsi makan setiap hari. Bukan berarti seseorang harus tidak makan teratur sebanyak tiga kali sehari, namun seseorang dituntut untuk lebih teliti dalam menghitung kebutuhan makan. Dalam sehari, saat seseorang masak sendiri, tentu akan mengira-ngira banyaknya masakan yang akan dimasak. Tak jarang, perkiraan tersebut meleset sehingga banyak makanan sisa yang terbuang. Akibatnya, banyak makanan lebih yang sia-sia. Padahal, seseorang bisa meminimalkan

Biasanya banyak makanan yang terbuang. Makanan adalah hal pokok yang tidak dapat dihindari. Masak sesuai porsi tanpa kelebihan atau kekurangan akan membuat pengeluaran lebih hemat.

2. Olah Makanan Sisa

Cara kedua ini berhubungan erat dengan cara pertama. Jika ada kelebihan makanan, atau biasa disebut makanan sisa, maka jangan langsung dibuang. Lebih baik makanan sisa tersebut diolah dengan cara dipanaskan kembali, dan dimakan esok hari. Jangan remehkan makanan sisa. Makanan sisa juga merupakan uang, namun uang tersebut sudah berubah bentuk menjadi makanan. Maka, dengan tidak menyia-nyiakan makanan sisa, berarti seseorang telah membantu melakukan penghematan dalam rumah tangganya.

3. Kurangi Makan di Luar Rumah

Makan di luar rumah seperti Café atau restoran akan menyedot uang yang tidak sedikit. Satu es teh manis di restoran bisa berharga 10 ribu per gelas, padahal jika membuat sendiri, es teh tersebut dapat berharga tidak lebih dari 2 ribu. Harga yang ditawarkan di restoran seringnya berharga berkali-kali lipat mahalnya ketimbang masak sendiri di rumah.

Namun, bukan berarti sebuah larangan untuk makan di luar rumah. Sekali-kali juga perlu untuk makan di luar rumah. Makan di luar rumah juga dapat menjasi salah satu sarana refreshing dan kumpul keluarga. Namun, tidak akan menjadi refreshing saat pulang dari restoran atau café, seseorang menjadi pening karena mengeluarkan banyak uang. Maka dari itu, tidak perlu sering-sering untuk makan di luar rumah.

4. Belanja Bulanan

Belanja bulanan akan ikut menekan pengeluaran, sehingga rumah tangga bisa hemat. Saat melakukan belanja bulanan, umumnya seseorang akan belanja barang lusinan yang dijadikan sebagai stok satu bulan atau beberapa bulan ke depan. Seperti yang diketahui, harga lusinan dari satu barang yang sama bernilai jauh lebih murah ketimbang membeli barang eceran. Itulah hal yang menyebabkan belanja bulanan membuat pengeluaran menjadi hemat.

5. Cari Tempat Hidup dengan Biaya Hidup yang Murah

Sadar atau tidak, lingkungan juga mempengaruhi besarnya pengeluaran hidup seseorang. Lingkungan adalah tempat seseorang melakukan interaksi sehari-hari, termasuk membeli kebutuhan sehari-hari, menyekolahkan anak, hingga membeli rumah. Keadaan-keadaan tersebut tentu membutuhkan uang. Dan besar kecilnya harga dari masing-masing keadaan, seperti makanan, minuman, biaya sekolah, dan lain sebagainya, tergantung pada kondisi lingkungan.

Di kota besar seperti Jakarta, tentu biaya untuk kebutuhan-kebutuhan hidup sangatlah tinggi. Seseorang harus siap mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk sekedar hidup di Jakarta. Karena biaya hidup di kota besar sangat tinggi, sangat sulit bagi seseorang untuk berhemat di Jakarta. Maka dari itu, jika seseorang ingin melakukan penghematan dalam rumah tangga, lebih baik menghindari tinggal di lingkungan dengan biaya hidup yang tinggi.

6. Stop Godaan Belanja Online

Kecanggihan tekhnologi telah mengantarkan beragam kemudahan bagi pelakunya, termasuk dalam kemudahan berbelanja. Namun sayangnya, kemudahan ini bagaikan pisau bermata dua yang justru merugikan perekonomian rumah tangga. Belanja online menyajikan berbagai fitur kemudahan, bahkan kemudahan untuk melakukan pembayaran. Justru saking mudahnya melakukan pembayaran, pelaku belanja online justru cenderung menggampangkan soal keuangan, sehingga tidak sadar telah menghabiskan terlalu banyak uang untuk belanja online.

Dalam belanja online, metode pembayaran yang digunakan adalah transfer. Dalam proses transfer tersebut, uang tidak nampak secara fisik. Hal tersebut menyebabkan bahwa berkurangnya nominal uang tidak akan disadari karena tidak dirasakan. Akibatnya, seseorang akan dengan sangat enteng melakukan belanja online, dan terus melakukan belanja online.

7. Berhenti Merokok

Selain buruk untuk kesehatan, rokok juga buruk untuk kantong. Biaya untuk membeli rokok juga tidak mudah. Bahkan ada yang berkata bahwa setahun tidak merokok, seseorang sudah dapat membayar DP rumah. Untuk menghindari rokok, coba bayangkan tiap menyalakan korek untuk menyalakan rokok, ibaratkan diri sedang membakar uang 100 ribu di tangan.

Itulah 7 cara mudah yang dilakukan untuk berhemat dalam rumah tangga. Pada dasarnya, untuk melakukan penghematan, seseorang dapat melakukannya dengan cara mengurangi pengeluaran-pengeluarannya.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 7 cara mudah menghemat pengeluaran rumah tangga.



Stop Boros! Tanyakan Hal Ini Sebelum Anda Membeli Suatu!
10 Tip Mengurangi Pengeluaran untuk Usaha Kecil
Cegah Belanja Impulsif dengan Cara Ini!
Dilarang Menghabiskan Uang pada Hal-hal Berikut
Menghemat Uang Ketika Punya Bayi
5 Cara Ampuh Berhemat Saat Berwisata dengan Keluarga
Tips Hemat Listrik
12 Cara Menghentikan Pengeluaran Uang dalam Jumlah Banyak
Cara Berhemat yang Terbukti Sudah Berhasil
Bagaimana Cara Mengurangi Tagihan Air (Cara Hemat Air)?


Bagikan Ke Teman Anda