Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Alasan Untuk Memulai Investasi Sejak Dini

Kapan waktu yang tepat untuk memulai investasi? Pertanyaan mudah, tetapi sulit untuk dijawab kebanyakan orang. Sebenarnya berinvestasi bisa dilakukan kapan saja, tak perlu menunggu tua. Bahkan akan lebih menguntungkan jika dilakukan sejak dini, di saat usia masih muda. Namun, sering kali keterbatasan dana menjadi penghalang untuk memulai berinvestasi.

Pada prinsipnya, semakin awal Anda memulai investasi, semakin besar potensi laba yang dapat diperoleh dari investasi tersebut. Tak bisa dipungkiri bahwa investasi membutuhkan dana, tapi tidak harus menunggu dana terkumpul banyak. Sebab, saat ini banyak investasi yang bisa dimulai dengan dana terbatas.

Investasi sejak dini memiliki manfaat untuk kemandirian finansial di masa depan. Ada banyak alasan mengapa Anda harus memulai investasi sejak dini.

  • Lebih berani dalam mengambil risiko

Semakin banyak waktu yang Anda miliki, Anda akan lebih berani dalam mengambil risiko. Artinya, semakin banyak risiko finansial yang dapat Anda toleransi. Sebab, Anda memiliki lebih banyak waktu untuk mengatasi badai dan resesi finansial.

Ketika Anda berinvestasi lebih awal atau di masa muda, Anda akan memiliki waktu untuk pulih jika melakukan kesalahan. Lain halnya ketika Anda mulai berinvestasi di usia yang telah lanjut, di mana Anda tentu akan lebih hati-hati dalam menginvestasikan uang Anda. Selain itu, Anda cenderung akan menghindari risiko yang tinggi, sehingga hanya bermain aman meski laba yang diperoleh dari investasi tidaklah maksimal.

Meski dianjurkan untuk berinvestasi sejak dini, namun bukan berarti tanpa perhitungan dan bertindak ceroboh tanpa analisis lebih jauh. Berinvestasi sejak dini harus tetap dilakukan dengan bijaksana, sehingga dapat meminimalisir kesalahan dan kerugian.

  • Potensi perolehan bunga majemuk tinggi

Bunga majemuk merupakan bunga yang diperoleh dari bunga. Ketika Anda berinvestasi sejak dini, Anda akan memperoleh pengembalian dari investasi tersebut. Jika pendapatan bunga tersebut diinvestasikan kembali, maka laba investasi Anda akan meningkat secara eksponensial. Di sinilah bunga majemuk berperan.

Investor yang cerdas memahami betul manfaat berinvestasi lebih awal dan memanfaatkan potensi keuntungan dari bunga majemuk. Potensi bunga majemuk ini memungkinkan uang bekerja untuk Anda. Dengan begitu, Anda tak perlu lagi mengandalkan gaji, karena Anda akan memperoleh pendapatan dari investasi Anda.

Sebagai contoh, jika Anda menginvestasikan Rp 1 juta per bulan dalam reksa dana yang memperoleh pengembalian tahunan 10% dari saat Anda berusia 20 tahun hingga berusia 45, dan menginvestasikan kembali penghasilan Anda, maka Anda akan memiliki lebih dari Rp 20 juta investasi. Artinya, dengan pengembalian 10% , Anda akan mendapatkan tambahan Rp 2 jutaan per tahun, hanya dengan mengandalkan kekuatan bunga majemuk yang bekerja secara ajaib.

Sebab inilah mengapa orang bisa tetap hidup dengan mengandalkan investasinya saja, dan berhenti mengandalkan gaji.

  • Lebih selektif dalam berbelanja

Investasi membutuhkan modal. Hal tersebut benar adanya. Untuk bisa berinvestasi, Anda harus menabung agar dana untuk investasi lekas terkumpul. Dengan berinvestasi lebih awal, Anda akan menjadi lebih selektif dalam berbelanja. Dengan kata lain, Anda akan lebih hati-hati dalam membelanjakan uang Anda. Sebab, Anda akan terfokus pada anggaran dan memotong pengeluaran. Tujuannya tak lain adalah menyisihkan uang untuk ditabung.

Investasi sejak dini tentu akan sulit dilakukan jika kebiasaan belanja Anda demikian buruk dan kehidupan yang penuh dengan pembelian impulsif dan konsumtif. Oleh sebab itu, memulai investasi lebih awal tak hanya dapat mempersiapkan kemandirian finansial di masa depan, tetapi juga sekaligus memperbaiki kebiasaan belanja yang buruk tersebut. Dengan berinvestasi, Anda akan dapat mengelola finansial Anda dengan lebih baik dan menghindari pemborosan.

  • Melangkah lebih maju dari orang lain

Di usia muda kebanyakan orang lebih menikmati hidup dengan bersenang-senang. Entah karena pengetahuan tentang investasi yang masih minim, atau belum memiliki motivasi untuk berinvestasi. Padahal, kemandirian finansial di masa depan harus dipersiapkan sejak dini.

Ada sebuah idiom yang layak untuk dipertimbangkan, burung awal akan mendapatkan cacing lebih dulu. Artinya, semakin awal Anda memulai investasi, maka semakin baik situasi keuangan pribadi Anda di kemudian hari. Selain itu, Anda akan melangkah lebih maju dibandingkan teman-teman Anda yang mungkin memilih untuk menunda berinvestasi.

Ketika Anda telah memiliki pengalaman berinvestasi, Anda akan lebih mudah dalam menganalisis pasar sehingga mampu memilih instrumen investasi yang menguntungkan, teman-teman Anda mungkin baru belajar, bahkan bisa jadi malah Anda diminta untuk menjadi ‘mentornya’. Berinvestasi sejak awal memungkinkan Anda untuk meraih keuntungan, sehingga ke depannya Anda mampu membeli barang-barang yang belum bisa dibeli teman-teman Anda.

  • Menikmati kebebasan finansial

Banyak orang yang terjebak dalam pekerjaan yang membosankan, bahkan mereka benci. Namun, mereka tak mampu melarikan diri dari pekerjaan tersebut, karena mengalami kesulitan finansial. Inilah salah satu alasan pentingnya berinvestasi sejak dini. Jika Anda mulai berinvestasi di usia muda, Anda akan memiliki peluang untuk mencapai kebebasan finansial.

Secara sederhana dapat dipahami bahwa orang kaya tidak harus bertahan hidup dengan menggantungkan gaji setiap bulan. Bahkan mereka memiliki kebebasan untuk mengejar dan menikmati hal-hal yang disukai. Di sinilah fungsi investasi.

Investasi yang Anda lakukan sejak dini akan memungkinkan Anda untuk membuat keputusan finansial dengan penuh percaya diri. Sebab, uang Anda yang bekerja, dan Anda tinggal menikmati hasilnya.

  • Pensiun dini

Diakui atau tidak banyak orang yang takut untuk pensiun dini. Di usia yang tak lagi muda, banyak orang yang harus bekerja untuk memperoleh gaji bulanan guna memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Anda tentu bisa membayangkan betapa menyedihkan orang yang sudah tua dituntut untuk terus produktif bekerja. Bagaimana mereka bisa menikmati masa tuanya?

Ketakutan pensiun dini tidak perlu Anda rasakan, jika Anda mulai berinvestasi sejak awal, ketika usia Anda masih muda. Sebab, investasi di masa muda hingga tiba waktu pensiun, Anda sudah memiliki cukup bekal finansial untuk menikmati hidup. Bahkan, jika perlu Anda bisa mengajukan pensiun dini untuk menikmati masa-masa tua Anda dengan bahagia.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang alasan untuk investasi sejak dini, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Bagaimana Cara Memulai Sebuah Bisnis Les Privat?
4 Contoh Investasi Jangka Pendek yang Cocok Untuk Anak Muda
Waspada Investasi Bodong Big Data (BDIG)
Perbedaan EBIT vs EBITDA
Apa Itu Emiten dalam Pasar Modal
Apa itu Beta Coeffecient? Definisi Beta Coefficient
Apa itu Payout Ratio?
Perbedaan Menyimpan Uang, Menabung, dan Investasi
Apa itu Capital Loss? Definisi Capital Loss
Apa itu Investasi Jangka Pendek, Menengah dan Panjang?


Bagikan Ke Teman Anda