Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa Itu Ekonomi Kreatif?

Ekonomi kreatif kian berkembang dan menempati posisi penting di sektor ekonomi suatu negara. Industri yang berdasarkan pada kreativitas ini semakin hari semakin diincar dan didukung oleh pemerintah. Karena itu, lebih banyak orang yang semakin mengambangkan industri kecil. Dengan dukungan yang lebih mudah didapat, baik dari segi modal maupun platform, semakin banyak pengusaha yang percaya diri mengambangkan usahanya.

Tapi sebenarnya apa itu ekonomi kreatif? Industri apa yang termasuk ke dalam ekonomi kreatif? Tentu saja jawabannya tidak sederhana. Untuk lebih jelasnya, mari kita ulas lebih mendalam.

Memahami Ekonomi Kreatif

Sebenarnya ekonomi kreatif tidak memiliki definisi tunggal untuk satu jenis usaha saja. Melainkan, ekonomi kreatif didasarkan pada imajinasi kreatif para pebisnis dalam memulai dan mengelola usahanya. Konsep ini pertama kali dibangun oleh John Howkins pada tahun 2001. John adalah seorang pembicara dan pengembang industri kreatif, terutama di China.

Apa yang dimaksud John Howkins dengan industri kreatif? Ia mendeskripsikannya sebagai sistem ekonomi di mana kualitas imajinasi lebih dikembangkan, jadi tidak hanya bergantung pada sumber seperti sumber daya alam, sumber daya manusia, dan modal. Beberapa pengamat berpandangan bahwa kreativitas akan menjadi karakter bisnis di abad 21, sebagaimana kerja pabrik jadi tipikal di abad ke-19 dan awal abad 20.

Beda Ekonomi Kreatif dengan Industri Kreatif

Sebelumnya sudah dikenal istilah industri kreatif. Namun istilah ini lebih terbatas pada sektor industri yang spesifik. Sementara dengan ekonomi kreatif, istilah ini bisa digunakan untuk mendeskripsikan kreativitas untuk keseluruhan sektor ekonomi.

Contohnya, industri kreatif hanya meliputi sektor yang berkaitan dengan periklanan, seni dan desain, arsitektur, fashion, film, video, fotografi, music, penerbitan, game komputer, tv dan radio, riset dan pengembangan, serta software. Ini juga merupakan sumber kehidupan ekonomi kreatif. Tapi ekonomi kreatif mencakup makna yang lebih luas.

Pada dasarnya, ekonomi kreatif merangkum semua bagian dari industri kreatif. Bagian ini termasuk perdagangan, tenaga kerja, dan produksi. Saat ini, industri kreatif menjadi salah satu sektor paling dinamis dalam perekonomian dunia. Industri kreatif mampu membuka peluang baru bagi negara berkembang untuk ikut serta dalam pertumbuhan ekonomi dunia.

Kenapa Ekonomi Kreatif Berkembang?

Definisi mengenai ekonomi kreatif memang bisa cukup membingungkan karena para ahli menyatakan definisi yang berbeda-beda. Namun para ahli sepertinya setuju akan satu hal, bahwa ekonomi kreatif semakin hari semakin berkembang. Lalu mengapa terjadi peningkatan pada kerja kreatif? Ekonomi kreatif mengalami pertumbuhan yang stabil, meskipun industri ekonomi sedang mengalami kemunduran.

Mengapa ini bisa terjadi? Forum Ekonomi Dunia menyatakan bahwa industri kreatif sepertinya beroperasi secara mandiri dibandingkan pasar ekonomi lainnya. inilah yang menyebabkannya bisa berkembang secara global sebesar 14% selama masa resesi di tahun 2008. Pertumbuhan ini bisa disebabkan karena meluasnya penggunaan internet.

Internet membuat orang lebih banyak menghabiskan uang secara online. Apalagi sekarang pengiriman lintas negara jadi semakin mudah. Begitu juga dengan transaksi pembayaran lintas negara. Berkat teknologi yang semakin maju, hal-hal ini dimungkinkan.

Alasan lainnya adalah karena semakin berkembangnya program yang berkaitan dengan seni dan kreativitas. Ini terbukti dengan semakin banyaknya pemerintah dari berbagai negara yang lebih menghargai sektor kreatif. Pemerintah negara tersebut lalu membuat berbagai macam program yang berkaitan dengan sektor kreatif.

Apa pun alasannya, tak dapat dipungkiri ekonomi kreatif memang sedang berkembang. Bahkan saat ini banyak perusahaan yang mencari pegawai kreatif. Pintar dalam arti memiliki prestasi akademis saja mulai dirasa kurang tepat untuk berbagai posisi pekerjaan.

Dampak Ekonomi Kreatif

Ekonomi kreatif memiliki tujuan yang lebih luas dibandingkan sekedar menghasilkan film terbaik atau lagu paling populer di tangga lagu dunia. Jika dilihat dari perspektif finansial secara khusus, industri kreatif di Amerika Serikat justru berkontribusi lebih besar dibandingkan dengan industri lain seperti konstruksi, tambang, asuransi, makanan, dan lain-lain. Di beberapa negara yang industri kreatifnya berkembang pesat, memang inilah yang terjadi.

Di Amerika Serikat, pertumbuhan sektor kreatif meningkat melebihi industri seni yang ada. Semakin banyak posisi pekerjaan yang berhubungan dengan seni. Secara keseluruhan, nilai sektor kreatif di Amerika mengalami peningkatan yang signifikan. Hal yang sama juga terjadi di Korea Selatan yang meledak di sektor industri hiburan.

Tapi, perkembangan ekonomi kreatif bukan melulu soal uang saja. Ekonomi kreatif juga erat kaitannya dengan menjaga warisan budaya agar tetap hidup dan tumbuh. Industri yang berkaitan dengan budaya seperti museum, istana, monumen, desa, dan peninggalan sejarah lainnya dijadikan lokasi yang bernilai. Setiap tahun diadakan pertunjukan seni di lokasi-lokasi tersebut. Tak hanya mendatangkan turis, tapi sekaligus menjaga warisan nenek moyang.

Ekonomi Kreatif dan Budaya

Perkembangan ekonomi kreatif membawa masyarakat jadi lebih mencintai dan menghargai warisan budayanya. Demikian juga dengan budaya baru yang merupakan buatan negeri sendiri. Semakin banyak orang yang bangga dengan kekayaan negaranya sendiri, alih-alih selalu melihat negara lain selalu lebih baik dari negaranya sendiri.

Meski begitu, ekonomi kreatif juga memiliki dampak menjadi pemersatu. Ini karena orang di seluruh dunia jadi lebih mudah mengakses lewat internet. Lebih mudah mempelajari budaya dan kebiasaan negara lain dan menghargainya. Kerja kreatif memiliki daya tarik global, yang mungkin sulit didapat oleh sektor industri lainnya.

Hal ini membuat ekonomi kreatif bisa menjadi jembatan untuk membangun kepercayaan, pengertian, dan penerimaan silang budaya. Ekonomi kreatif mampu menjadi jembatan sosial dan mengembangkan kondisi ekonomi. Tak heran mengapa ekonomi kreatif mendapat banyak perhatian dan semakin berkembang.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang apa itu ekonomi kreatif, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Pengaruh Inflasi Terhadap Ekonomi
Ini Dia Cara Praktis Belajar Ekonomi yang Mudah, Efektif dan Efisien!
Efek Pertumbuhan Ekonomi Cina Melambat
Ongkos Ekonomi Menggunakan Jet Pribadi
Hal-hal yang Harus Dilakukan Ketika Krisis Ekonomi
Apa itu Economies of Scale (Skala Ekonomis)?
Bagaimana Cara Menghitung Pertumbuhan Ekonomi?
Apa itu Ekonomi Tradisional?
Ada Apa dengan Krisis Ekonomi di Turki?
Efek Pertumbuhan Ekonomi Cina Melambat


Bagikan Ke Teman Anda