Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Mengenal Lebih Dalam Tentang Zona Ekonomi Eksklusif

Perbatasan suatu negara berkaitan dengan kedaulatan, pengaturan, tata kelola, dan pemanfaatan sumber daya alam yang berada di dalamnya. Oleh sebab itu, penting diketahui dan ditetapkan secara pasti batas suatu negara, agar setiap negara mampu menjaga pertahanan dan keamanan serta kedaulatannya dari gangguan dan intervensi negara lain. Selain itu, masing-masing negara dapat memanfaatkan pemanfaatan sumber daya alam yang ada di dalamnya dapat dilakukan semaksimal mungkin untuk kepentingan dan kesejahteraan rakyat.

Bicara tentang perbatasan negara, wilayah suatu negara memiliki batasan baik dari darat, laut, maupun udara. Batasan darat tentu lebih jelas terukur. Lantas, bagaimana dengan batas laut yang menjadi bagian dari wilayah suatu negara? Salah satunya ditentukan oleh Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE).

Apa itu Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE)?

Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) adalah wilayah di luar dan berbatasan dengan laut teritorial, yang membentang ke arah laut dengan jarak tidak lebih dari 200 mil atau 370 kilometer dari garis pangkal pantainya. Di wilayah ini, negara berhak untuk mengklaim dan menjalankan kedaulatan serta otoritas pengelolaan perikanan eksklusif atas semua ikan dan sumber daya perikanan landas kontinen.

Jika demikian, apa beda antara zona ekonomi eksklusif dengan laut teritorial? Zona ekonomi eksklusif memberikan hak berdaulat yang mengacu pada hak negara pantai di bawah permukaan laut. Sementara laut teritorial atau landas kontinen memberikan kedaulatan penuh atas perairan yang menjadi wilayah suatu negara.

Zona ekonomi eksklusif suatu negara diukur mulai dari tepi laut teritorial dan melaut ke luar hingga mencapai jarak 200 mil dari garis pangkal pantai. Dibandingkan dengan laut teritorial, zona ekonomi eksklusif membentang lebih jauh, di mana laut teritorial berakhir di jarak 12 mil atau 22 kilometer dari garis pangkal pantai. Dengan demikian, suatu negara pantai memiliki hak atas dasar laut mulai dari teritorial atau landas kontinen hingga zona ekonomi eksklusif.

Penting untuk dipahami bahwa pengukuran jarak zona ekonomi eksklusif dilakukan saat air laut berada dalam kondisi sedang surut. Batas zona ekonomi eksklusif Indonesia sendiri baru diberlakukan secara resmi pada 1980. Dengan pemberlakuan zona ekonomi eksklusif tersebut, Indonesia berhak untuk mengatur segala bentuk aktivitas eksploitasi terhadap sumber daya alam baik yang ada di permukaan maupun dasar atau bawah laut. Selain itu, Indonesia juga berhak untuk melakukan penelitian sumber daya hayati laut yang ada di dalamnya.


Limitasi Zona Ekonomi Eksklusif

Sebagai wilayah terluar dari suatu negara, zona ekonomi eksklusif memiliki limitasi yang harus dipahami dan dipatuhi baik oleh otoritas negara terkait maupun negara lain. Hal ini agar masing-masing negara dapat meningkatkan pertahanan dan keamanan wilayahnya secara maksimal. Sementara dari sudut pandang eksternal, negara lain dapat lebih menghormati dan menghargai kedaulatan suatu negara dengan tidak memasuki apalagi melakukan aktivitas apa pun di wilayah tersebut. Berikut limitasi wilayah yang terkait dengan zona ekonomi eksklusif.

  • Batas luar

Batas area atau wilayah zona ekonomi eksklusif merupakan batas luar dari area laut teritorial atau landas kontinen. Zona batas luar ini tidak boleh lebih dari 200 mil atau 370 km dari garis pangkal pantai saat sedang dalam kondisi surut.

  • Batas yang bersinggungan

Tak semua negara bisa mengklaim wilayah zona ekonomi eksklusif. Hal ini disebabkan oleh zona batas luar yang bersinggungan dengan negara tetangganya, sehingga tidak bisa mengklaim jarak maksimal 200 mil laut. Ketika hal ini terjadi, maka pembatasan wilayah zona ekonomi eksklusif untuk masing-masing negara tersebut akan diatur dalam hukum laut internasional.

  • Pulau-pulau

Seluruh area pulau pada prinsipnya bisa diklaim sebagai zona ekonomi eksklusif. Meski demikian, ada beberapa kriteria yang harus diperhatikan. Dalam konvensi hukum laut dinyatakan bahwa apabila seluruh batu yang tidak dapat memberikan manfaat dan keuntungan dalam kehidupan manusia, maka pulau tersebut tidak bisa dijadikan sebagai kawasan zona ekonomi eksklusif.

  • Wilayah yang belum berdaulat

Area zona ekonomi eksklusif tidak bisa diklaim oleh wilayah negara yang tidak merdeka atau belum memiliki kedaulatan sendiri dengan bentuk pemerintahan yang telah dikenal oleh PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa). Artinya, suatu wilayah negara yang masih berada dalam dominasi suatu kolonial tidak bisa mengklaim area zona ekonomi eksklusif ini.

Keistimewaan Zona Ekonomi Eksklusif

Klaim terhadap zona ekonomi eksklusif memberikan hak kepada suatu wilayah negara pantai. Dalam zona ekonomi eksklusif, negara memiliki keistimewaan sebagai berikut.

  • Hal berdaulat untuk tujuan eksplorasi, eksploitasi, konservasi, dan pengelolaan sumber daya alam, baik yang hidup maupun yang tidak hidup, di dasar laut dan di bawah tanah serta perairan di sekitarnya dan terkait dengan kegiatan lain untuk eksploitasi ekonomi dan eksplorasi zona, seperti produksi, energi dari air, arus, dan angin.
  • Yurisdiksi sebagaimana diatur dalam hukum internasional dan domestik terkait dengan pembangunan dan penggunaan pulau buatan atau reklamasi, instalasi dan bangunan, penelitian ilmiah kelautan, dan perlindungan serta pelestarian lingkungan laut.
  • Adanya hak dan kewajiban lain yang diatur berdasarkan hukum internasional dan domestik.

Dalam melaksanakan hak dan kewajibannya berdasarkan konvensi di zona ekonomi eksklusif, negara pantai harus memperhatikan hak dan kewajiban negara lain. Selain itu juga harus bertindak dengan cara yang sesuai dengan ketentuan konvensi tersebut.

Fungsi Zona Ekonomi Eksklusif

Kawasan zona ekonomi eksklusif tak hanya sebagai batasan wilayah suatu negara saja, tetapi juga sekaligus aset karena negara berhak untuk memanfaatkan sumber daya laut yang ada di dalamnya. Tak hanya itu, zona ekonomi eksklusif juga merupakan kawasan yang strategis guna meningkatkan pertahanan dan keamanan suatu negara. Berkenaan dengan hal tersebut, berikut fungsi dari zona ekonomi eksklusif.

  • Pemberlakuan zona ekonomi eksklusif menimbulkan konsekuensi positif bagi negara terkait, karena berhak untuk memanfaatkan seluruh kekayaan alam yang berada di dalamnya. Hal ini termasuk aturan kebebasan bernavigasi dan terbang di atas wilayah tersebut, serta melakukan aktivitas penanaman kabel pipa bawah laut.
  • Memberikan hak penuh kepada negara untuk membuat pulau buatan dan menggunakannya, menginstalasi, serta mendirikan bangunan di pulau buatan tersebut.
  • Negara memiliki hak dan kebebasan untuk melakukan berbagai penelitian kelautan, melindungi, dan melestarikan lingkungan laut sesuai dengan batasan yang sudah ditetapkan zona ekonomi eksklusif.
  • Seluruh masyarakat yang berada dalam kawasan zona ekonomi eksklusif diperkenankan untuk memanfaatkan sumber daya laut guna memenuhi kebutuhannya, dengan tetap tunduk pada peraturan perundang-undangan yang berlaku di negara terkait.
  • Dari sektor pertahanan dan militer, zona ekonomi eksklusif berperan dalam pertahanan dan keamanan wilayah laut suatu negara.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang mengenal lebih dalam tentang zona ekonomi eksklusif, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Mengenal Hukum Dasar Yang Berlaku Universal
Mengenal Gaya Hidup Minimalis
Mengenal Seluk-Beluk Dompet Digital
Mengenal Tugas dan Wewenang Otoritas Jasa Keuangan (OJK)
Mengenal Tentang Analisis Pestle
Mengenal Sejarah Ethereum
Mengenal Analisis Lima Kekuatan Porter (Porter Five Force)
Mengenal Apa Itu Total Cost, Marginal Cost dan Hubungannya
Daftar Perusahaan Pedagang Aset Kripto yang Terdaftar di Bappebti
Apa Itu Whistleblowing?


Bagikan Ke Teman Anda