Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa itu Hukum Penawaran?

Hukum penawaran adalah salah satu konsep yang paling mendasar dalam ilmu ekonomi. Bersama dengan hukum permintaan, hukum penawaran mampu menjelaskan bagaimana situasi ekonomi yang terjadi di pasar dapat mengalokasikan sumber daya.

Kondisi pasar inilah yang nantinya akan menentukan harga barang maupun jasa. Karenanya mempelajari hukum penawaran baik kamu yang bergerak dalam bidang perdagangan ataupun tidak sama pentingnya.

Poin Penting dalam Hukum Penawaran

Ada 2 poin penting yang perlu diingat dalam hukum penawaran. Yaitu:

  • Pertama; hukum penawaran menyatakan bahwa harga yang lebih tinggi akan menyebabkan jumlah yang ditawarkan lebih tinggi, sementara harga yang lebih rendah akan menyebabkan jumlah yang ditawarkan jadi lebih renda
  • Kedua; kurva penawaran dan jadwal penawaran merupakan dua alat yang digunakan untuk meringkas hubungan antara penawaran dan harga. Karena itu keduanya saling berkaitan.

Hukum Penawaran dalam Perdagangan

Hukum penawaran dapat digunakan di perdagangan nyata maupun perdagangan yang terjadi di bursa saham. Dalam perdagangan nyata, pemasok barang dapat memilih berapa banyak barang yang akan diproduksi dan nantinya dibawa ke pasar. Namun pada titik tertentu, pemasok akan menyediakan barang dalam jumlah tetap.

Di tahap ini, penjual harus memutuskan akan menjual atau menahan barang yang diberikan pleh pemasok. Hal yang sama juga terjadi pada bursa saham. Permintaan konsumen kemudian menjadi penentu harga. Penjual dapat menentukan nominal harga yang kemudian akan ditanggung pasar. Jika permintaan meningkat dari waktu ke waktu, maka harga akan naik.

Jika harga naik, pemasok dapat memilih sumber daya baru untuk produksi barang. Di saat seperti ini, bisa juga ada pemasok baru yang memasuki pasar. Keduanya bisa meningkatkan kuantitas penawaran. Permintaan pasar berakibat pada harga yang kompetitif. Pemasok akan menanggapi dengan harga yang mereka tawarkan dan jumlah yang bisa mereka berikan.

Contoh Nyata Hukum Penawaran

Misalnya terjadi kejadian minyak dunia yang menyebabkan harga bahan bakar naik. Ini akan mendorong perusahaan minyak untuk mencari keuntungan lebih dengan melakukan beberapa tindakan. Salah satunya dengan memperluas area eksplorasi untuk cadangan minyak, mengebor minyak dalam jumlah lebih banyak, dan berinvestasi di lebih banyak jaringan pipa dan kapal tanker minyak. Gunanya untuk membawa minyak ke pabrik untuk melalui proses pemurnian menjadi bensin.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah membangun kilang minyak baru, membeli jaringan pipa dan truk tambahan untuk mengirim minyak ke pompa bensin. Beberapa perusahaan juga membuka lebih banyak pompa bensin atau membuka jam operasional pompa bensin lebih lama dari sebelumnya. Intinya, berbagai cara coba dilakukan untuk mendapat keuntungan.

Para ahli ekonomi menganggap hal ini sebagai hubungan yang positif antara harga barang dengan kuantitas pasokan. Harga barang yang tinggi akan menyebabkan persediaan barang lebih tinggi. Sebaliknya, harga barang yang rendah akan menyebabkan persediaan barang jadi lebih rendah. Hukum penawaran mengasumsikan bahwa variabel lainnya yang dapat mempengaruhi penawaran adalah konstan.

Hal-hal yang Dapat Menyebabkan Kurva Penawaran Bergeser

Kurva penawaran bisa naik ataupun turun. Beberapa hal yang dapat menggeser kurva penawaran tersebut meliputi:

  1. Harga input bahan baku
  2. Kebijakan pemerintah
  3. Kemajuan teknologi
  4. Ekspektasi
  5. Harga barang pengganti atau barang pelengkap yang berkaitan dengan barang tersebut, dan
  6. Jumlah produsen yang bersaing di dalam pasar yang sama.

Keenam faktor di atas tidak sama dengan hal-hal yang menentukan permintaan. Perbedaan utama terletak pada biaya bahan baku, kebijakan pemerintah, dan jumlah pemasok. Kebijakan pemerintah dapat membawa pengaruh besar pada pemasok. Ini karena transportasi sering kali sangat bergantung pada kebijakan serta pendanaan dari pemerintah.

Adapun 3 alat yang digunakan oleh pemerintah pada umumnya adalah penyediaan langsung layanan transportasi seperti bus. Alat kedua adalah pemerintah secara tidak langsung akan mendorong layanan transportasi dengan pajak dan subsidi. Alat yang ketiga adalah tindakan regulasi dan legislatif untuk mengizinkan ataupun melarang perilaku pasar tertentu.

Elastisitas Suplai Barang

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi terjadinya perubahan harga penawaran. Faktor tersebut adalah stok, waktu produksi, kapasitas cadangan, dan mobilitas faktor produksi. Jika keempat faktor tersebut fleksibel, maka penawaran akan elastis. Sebaliknya, jika keempat faktor tidak fleksibel maka penawaran tidak elastis.

Contohnya adalah sebagai berikut. Barang yang umur simpannya pendek seperti daging, sayur mayur, dan buah segar memiliki sifat tidak elastis. Ini karena waktu pemindahan dari pemasok ke penjual singkat. Stok serta kapasitas cadangan juga rendah. Sementara itu, barang dengan umur simpan yang lama seperti ikan dan buah kalengan akan lebih elastis.

Contoh Hukum Penawaran di Sekitar Kita

Hukum penawaran bisa bersifat sangat intuitif. Sebenarnya hukum penawaran sering kali terjadi di sekitar kita. Tetapi kita jarang menyadarinya. Beberapa contoh hukum penawaran yang biasa terjadi adalah:

  1. Ketika siswa SMA yang hendak memasuki bangku kuliah menyadari bahwa pekerjaan di bidang teknik komputer gajinya lebih besar dari guru Bahasa Inggris, maka jumlah siswa yang mendaftar ke jurusan teknik komputer akan meningkat.
  2. Ketika tren makanan kekinian muncul ke pasaran, maka tiba-tiba muncul banyak kedai atau restoran yang menawarkan jenis makanan yang sama. Misalnya meningkatnya jumlah kedai kopi atau restoran makanan Korea di beberapa kota tertentu.
  3. Jika atasan bersedia membayar biaya tambahan untuk setiap jam lembur, maka karyawan akan bersedia menyediakan jam ekstra untuk kerja lembur. Meski artinya pekerjaan jadi lebih banyak.

Secara teori, hukum penawaran mungkin terdengar sulit dimengerti. Tetapi sebenarnya ini adalah praktik yang terjadi setiap harinya di sekitar kita.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang apa itu hukum penawaran, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Hukum Penawaran dan Permintaan
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penawaran
Mengenal Hukum Dasar Yang Berlaku Universal
Apa itu Elastisitas Penawaran?
Apa itu Elastisitas Permintaan dan Penawaran?
Apa itu Hukum Permintaan?
Contoh Surat Penawaran Harga
Pengusaha vs Karyawan, Mana Yang Lebih Menjanjikan Masa Depan?
Contoh Depresiasi dan Rumus Perhitungannya
Contoh Nyata Penawaran Inelastis Sempurna


Bagikan Ke Teman Anda