Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa Itu Private Wealth Management

Tahukah Anda apa itu Private Wealth Management? Istilah ini pada dasarnya adalah suatu manajemen keuangan keluarga. Contoh sederhananya, Anda pasti pernah mendengar tentang kisah Michael Jackson yang harus menjual rumahnya demi memenuhi kebutuhan hidupnya. Padahal kalau kita ketahui, Michael Jackson adalah sosok terkenal dan sudah merintis karir di dunia menyanyi sejak masih muda. Lantas, kemana saja uang yang sudah mereka dapatkan pada jauh-jauh hari? Hal tersebut tentu tidak akan sampai terjadi, jika mereka sudah memahami apa itu private wealth management dalam kehidupannya.

Apa itu Private Wealth Management?

Dilansir dari laman Wikipedia, Private Wealth Management adalah jasa penasihat investasi dan perencanaan dalam bidang keuangan atau dalam bahasa inggrisnya “is an advanced investment advisory that specialist in financial services and financial planning”.

Seperti yang sudah di bahas di awal artikel bahwa wealth management merupakan suatu manajemen keuangan keluarga. Hal ini tentu juga bisa dilakukan oleh setiap individu. Namun, dalam melakukannya diperlukan sifat konsistensi sendiri secara lengkap dengan segala aspek pertimbangan. Bukan hal yang mudah untuk dilakukan, kita perlu mulai dari peluang sampai kemungkinan risikonya.

Untuk itu, penting bagi seseorang memiliki pengetahuan yang cukup terkait mengelola keuangan dan berbagai jenis investasi yang tersedia. Selain itu, Anda juga perlu dalam memahami perkembangan ekonomi global yang kemungkinan besar akan berdampak pada instrument investasi yang juga bisa memberi dampak pada nilai kekayaan Anda.

Istilah wealth management ini kian meluas, Dari yang awalnya hanya pengelolaan keuangan yang dikerjakan sendiri, menjadi pengelolaan keuangan suatu badan atau lembaga organisasi.

Untuk itu, pengertian Private Wealth Management juga bisa merujuk pada jasa pengelolaan keuangan yang tidak hanya terfokus pada keuangan pribadi namun juga investasi. Dan sederhananya, Private Wealth Management adalah manajemen keuangan pribadi.

Management ini kemudian akan membantu kliennya dalam tujuan keuangannya. Jika klien melakukan layanan jasa wealth management dari suatu lembaga atau organisasi maka Anda akan diminta untuk mengisi suatu form perencanaan keuangan.

Informasi tersebut harus diisi dengan jujur, seperti jumlah hutang, penghasilan yang dimiliki, jumlah harta yang dimiliki, istri, anak, asuransi, pengeluaran, tujuan, dan hal-hal lainnya yang harus diisi dengan jujur.

Kapan Lahirnya Private Wealth Management?

Berbicara tentang istilah wealth management, ini sudah banyak dibicarakan di awal tahun 2000an. Namun, sebenarnya istilah ini sudah ada di sebelum era 2000an. Contohnya adalah di kota-kota besar di eropa seperti Paris, London, dan Amsterdam, kegiatan pengelolaan keuangan sudah dikenal pada abad ke 17 dan ke 18.  Perkembangan itu tentunya tidak terlepas dengan kondisi keuangan yang terjadi pada kala itu.

Selain itu, private banker juga turut memberikan layanan jasa keuangan untuk anggota keluarga yang ingin melakukan perdagangan internasional dengan beberapa jenis layanan yang ditawarkan. Contohnya penyimpanan deposito dengan memberikan pinjaman dan menyediakan penukaran mata uang asing, hal ini dilakukan demi memberikan pelayanan keuangan yang baik bagi setiap anggota kerajaan.

Jenis Layanan Manajemen Kekayaan

Wealth management ini merupakan layanan keuangan yang erat kaitannya untuk masyarakat kalangan atas saja yang memiliki kondisi keuangan yang baik. Namun, meski begitu Private Wealth Management bukan hanya tentang investasi saja, namun juga memberikan ketenangan dan kenyamanan dalam hidup bagi setiap individu.

Karena private wealth management sering memberikan pelayanannya kepada mereka yang memiliki banyak uang, maka istilah private wealth management ini muncul kata “Apa yang lu minta gue ada”. Karena kenyataannya mereka jasa konsultan keuangan ini mampu memberikan layanan dari urusan keuangan pribadi, keuangan keluarga, gaya hidup, serta urusan bisnis kliennya tersebut.

Jadi, welth management ini adalah jasa penasihat investasi dalam bidang perencanaan keuangan bagi mereka yang ingin melakukan perencanaan keuangan di masa depan dengan baik secara terstruktur. Melihat jasa ini lebih banyak digunakan bagi orang kaya saja, namun sebenarnya mereka yang berada di kalangan menengah ini tetap bisa menggunakannya karena agar kondisi ekonominya bisa meningkat.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai apa itu Apa Itu Private Wealth Management. Tujuannya ini memang penting dalam meningkatkan kondisi ekonomi agar dapat mengelola keuangan dengan baik. Untuk itu, lakukan perencanaan keuangan Anda sedari sekarang agar pemasukan dan pengeluaran Anda bisa seimbang.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang apa itu Private Wealth Management, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Apa Itu Private Wealth Management
Apa Itu Emisi Karbon Nol Persen?
Kerugian Buka Usaha Laundry, Yakin Mau Usaha Ini?
Apa Itu Monkey Business?
Apa Itu Badan Nasional Sertifikasi Profesi?
Ini Dia Cara Pelunasan KPR Bank BTN
Mengapa Banyak Orang Kaya Sederhana? Jawabannya Buat Kamu Mengerti Arti Kemewahan
Kartu Kredit Kadaluwarsa? Ini Dia Cara Mengatasinya
Apa Itu Remittance? Pengertian, Jenis, Komponen dan Cara Kerjanya
Apa Itu Rasio Elekrifikasi : Pengertian dan Data


Bagikan Ke Teman Anda