Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Sejarah Alibaba, Toko Online Pesaing Utama Amazon

Alibaba bisa saja digambarkan sebagai toko online asal China yang serupa dengan Amazon atau eBay asal Amerika Serikat. Tapi sebenarnya Alibaba punya cara kerja yang berbeda di berbagai sisi. Alibaba Group terdiri dari bisnis, yaitu Alibaba, Taobao, dan Tmall. Ketiganya merupakan bisnis toko online yang sedang sangat berkembang di China.

Dalam ketiga bisnis di atas, Alibaba berfungsi sebagai perantara antara pembeli dan penjual. Ketiga situs di atas setiap harinya dihadiri oleh jutaan pengguna. Pengguna aktifnya per bulan adalah 674 juta. Jelas, Alibaba adalah situs online yang sangat sukses. Alibaba masih punya kesempatan untuk berkembang lebih besar. Bagaimana perusahaan ini didirikan?

Pendiri Alibaba

Secara teknis, Alibaba didirikan pada bulan Desember tahun 1999. Pendirinya adalah Jack Ma, yang dulunya bekerja sebagai guru. Jack Ma memulai usaha pertamanya tentang internet di tahun 1994. Jack Ma yang mempelopori 18 pelopor teknologi dengan tujuan awal memanfaatkan kekuatan pasar di internet.

Seperti bagaimana Steve Jobs dan Steve Wozniak memulai Apple dari sebuah rumah kecil, hal ini juga yang dilakukan Jack Ma. Ia bekerja di sebuah apartemen kecil di Hangzhou, China, dengan tim kecil. Jack Ma yang cita-cita awalnya adalah guru bahasa Inggris, berhasil meyakinkan penemu Alibaba lainnya akan idenya yang luar biasa.

Jack Ma sebenarnya berhasil menjadi guru bahasa Inggris, tapi pekerjaannya ini tidak berlangsung lama. Ia mulai tertarik dengan bisnis. Yang menarik, ia pernah ditolak saat melamar menjadi manajer di Kentucky Fried Chicken. Setelah ditulak, ia menuju ke Amerika Serikat untuk mendaftar ke Universitas Harvard yang merupakan universitas impiannya.

China Pages Sebelum Alibaba

Namun ternyata Jack Ma tidak meneruskan impiannya untuk dapat gelar di salah satu universitas Ivy League itu. Ini karena Jack Ma mulai mengenal internet dan menyadari bahwa China belum terlibat di pasar e-commerce yang sudah berkembang di Amerika Serikat. Ia segera melihat peluang besar dari sini. Dengan segera, ia memulai sebuah situs yang fokus pada perdagangan di China. Selain itu, ia juga membuat China Pages yang pendapatannya meningkat menjadi $1 juta dalam waktu 3 tahun saja.

China Pages merupakan langkah awal bagi Jack Ma untuk memahami situs e-commerce. Bagaimana menjalankan bisnis yang sudah lebih dulu besar di Amerika ini dan menjalankannya di negaranya sendiri. Karena keberhasilannya di China Pages, Jack Ma bisa lebih mudah membawakan idenya ke berbagai partner dan investor.

Dengan modal sebesar $35 juta yang dikumpulkan dari tabungannya sendiri, partner, dan investor, ia memulai Alibaba di tahun 1999. Tepat sebelum abad yang baru dimulai.

Alibaba Dibuka di Waktu yang Tepat

Di awal abad ke-21, ide tentang belanja online untuk barang dan jasa adalah sesuatu yang baru dan menarik bagi konsumen. Mereka tidak perlu keluar rumah, menyetir mobil, atau naik kendaraan umum untuk pergi ke mall hanya untuk beli sebuah barang. Pada saat ini, orang sudah familiar dengan toko online asal Amerika Serikat, Amazon, eBay, dan beberapa situs lainnya.

China pada saat itu haus akan kehadiran e-commerce, dengan jutaan pelanggan yang siap menghabiskan uang mereka. China adalah lokasi yang sangat tepat untuk Alibaba. Pada saat itu, banyak warga China yang punya banyak uang karena negara mereka telah bertransisi dari komunisme ke kapitalisme. Mereka punya pekerjaan yang bagus dengan gaji besar.

Dengan tambahan dana dari sumber lain, Alibaba akhirnya merilis situs baru, yaitu Taobao.com yang formatnya mirip dengan eBay. Lalu dibuat juga Aliwangwang, media untuk mengirim pesan instan yang dapat memudahkan konsumen untuk mencari produk dan toko yang terbaik bagi mereka. Tak lupa, dibuat juga Alipay, yang merupakan media pembayaran tangan ketiga. Dengan ketiga hal baru ini, Alibaba mempunyai semua elemen bisnis untuk mendominasi pasar online Asia.

Bekerja Sama dengan Pemerintah

Seiring berjalannya waktu, Alibaba menemukan partner bisnis baru yang tak terduga, yaitu pemerintah China. Pemerintah yang saat itu curiga akan pelaku bisnis asing, memulai kampanye kontrol internet yang sangat ketat di dalam negeri. Perusahaan e-commerce asal Amerika Serikat pun diblok di negara itu. Dampaknya sangat positif pada Alibaba, karena bisa semakin berkembang.

Baru di tahun 2005, pemerintah akhirnya mengizinkan Alibaba untuk berpartner dengan salah satu raksasa teknologi di Amerika saat itu, Yahoo. Di tahun 2005, Alibaba telah mapan dan memimpin pasar e-commerce Asia. Perusahaan e-commerce lainnya akhirnya harus berlari mengejar ketinggalan. Terutama karena sebelumnya diblok oleh pemerintah China.

Di tahun 2014, masa depan Alibaba semakin terlihat jelas, yaitu menjadi salah satu e-commerce besar di seluruh dunia. Ini terutama karena Alibaba mendapatkan penawaran publik sebesar $25 miliar yang menggemparkan Wall Street. Alibaba menjadi perusahaan e-commerce paling utama dan China. Di dunia, Alibaba merupakan salah satu yang paling besar, bersanding dengan Walmart (WMT) – Get Report dan Amazon.

Jack Ma Meninggalkan Alibaba

Di tahun 2018, Jack Ma mengumumkan bahwa ia akan mundur dari Alibaba di tahun berikutnya. Ia pun benar-benar menepati kata-katanya di bulan September 2019. Posisinya digantikan oleh Daniel Zhang, yang menjadi CEO Alibaba.

Mundurnya Jack Ma untungnya tidak berakibat buruk pada Alibaba. Pengguna selulernya terus berkembang dan kini mencapai sekitar 674 juta per bulan. Harga saham Alibaba terus berkembang. Diperkirakan sahamnya masih akan terus berkembang dan tetap menjadi salah satu pemain pasar online terbesar di dunia.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang sejarah Alibaba, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Belanja Amazon di Indonesia Tanpa Kartu Kredit via Western Union
Sejarah Perusahaan Uber
Alasan Mengapa Penting Belajar Sejarah
Sejarah Dogecoin, Berawal dari Meme
Sejarah Ripple (XRP)
Kesalahan dalam Jualan Online
Sejarah Munculnya Uang
Mengapa Pinjaman Online (Pinjol) Adalah Utang yang Buruk?
Apa Itu SIM Online? Ini Dia Caranya
Dress Termahal yang Bisa Anda Beli dari Amazon


Bagikan Ke Teman Anda