Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Tip Mencari Ide Nama Apotek

Nama usaha adalah salah satu bagian yang paling krusial saat Anda membangun bisnis sendiri. Salah satu sektor bisnis yang menggiurkan adalah penjualan obat-obatan. Kesehatan adalah hal terpenting bagi masyarakat, oleh sebab itu konsumsi obat tidak akan pernah berakhir.

Meski demikian bukan berarti nama apotek tidak penting lho. Brand atau merk usaha adalah salah satu faktor utama yang bisa membuat bisnis sukses. Dengan memilih nama yang tepat, para pelanggan akan lebih mudah mengingatnya. Selain itu, nama juga harus menggambarkan jenis usaha Anda. Misalnya untuk apotek, nama apotek harus berkaitan dengan istilah obat-obatan atau medis. Sehingga ketika masyarakat mendengar nama toko Anda, mereka langsung tahu bahwa Anda menjual obat-obatan.

Buat Anda yang sedang mencari inspirasi untuk memberi nama apotek Anda, simak beberapa tips penting berikut ini.

  • Nama yang Unik

Tips pertama dalam memilih nama apotek adalah mencari kata-kata yang unik. Tapi jangan sampai membingungkan apalagi sulit diingat oleh para pelanggan. Kebanyakan apotek di Indonesia menggunakan nama pemiliknya sendiri sebagai brand. Misal “Apotek Bima”.

Menggunakan nama sendiri untuk brand apotek juga umum dilakukan di luar negeri. Misalnya Baker’s Drug, Walton Pharmacy, dan masih banyak lagi.

Ada juga nama apotek seperti “Apotek Sehat” yang mengindikasikan harapan penjual agar pelanggan segera sehat setelah membeli obat dari sana.

  • Mencerminkan Usaha

Memilih nama untuk apotek sebenarnya tidak sesulit memilih nama untuk usaha lainnya. Pada umumnya apotek di Indonesia selalu diikuti dengan kata “Apotek” di depannya, sementara pilihan padanan katanya lebih bebas.

Meski demikian, jangan asal memilih nama seperti “Apotek Lezat” yang sama sekali tidak cocok untuk brand sebuah toko obat. Pilih nama yang sederhana, mudah diingat, dan mencerminkan bidang usaha Anda.

Sebagai alternatif dari kata “Apotek”, Anda bisa menggunakan istilah “Toko Obat”. Namun istilah itu tidak umum digunakan di masyarakat. Anda boleh saja ingin memilih nama yang unik untuk usaha apotek Anda, tapi jangan mengambil istilah-istilah yang tidak familia.

Di luar negeri, istilah yang umum digunakan untuk apotek adalah pharmacy atau Drug store. Misalnya seperti Atlas Drug, Genovese Pharmacy, dan Healthy Pharmaceutical.

  • Nama Tempat

Tips selanjutnya adalah menggunakan nama tempat untuk brand apotek. Misalnya ada toko obat dan suplemen “Boston” seperti nama kota di Amerika Serikat. “Boston” sendiri adalah waralaba dalam usaha toko obat.

Jika usaha Anda akan beroperasi di Surabaya, sebaiknya jangan gunakan nama “Apotek Surabaya” karena jangkauannya terlalu besar. Sebaiknya gunakan nama jalan seperti “Apotek Mahakam” atau nomor bangunan seperti “Apotek 27” yang mudah diingat.

Penggunaan nama tempat atau angka sebagai nama apotek sudah cukup umum ini memang sangat menguntungkan, tapi juga bisa merugikan Anda. Sebelum memutuskan untuk menggunakan nama tertentu, cari tahu dulu apakah ada apotek atau toko lain yang menggunakan nama serupa. Jika ada namun lokasinya jauh (misalnya di luar pulau atau luar provinsi) maka Anda bisa menggunakannya. Namun jika ada toko dengan nama yang sama dan lokasinya dekat (satu kota atau satu wilayah), sebaiknya jangan digunakan agar pelanggan tidak kebingungan.

  • Sesuaikan dengan Jenisnya

Ketika memilih nama yang pas untuk apotek Anda, putuskan dulu apakah Anda akan membuka toko fisik atau menjual obat-obatan secara online. Di era teknologi seperti sekarang, obat termasuk komoditas yang dijual melalui internet. Namun Anda juga harus mempertimbangkan bahwa tidak semua obat bisa dijual di internet. Untuk obat-obatan yang harus diracik terlebih dahulu atau memerlukan resep dokter, tentu harus dibeli di toko secara langsung.

Bisnis apotek online juga mulai berkembang di Indonesia, namun peminatnya masih belum banyak. Ini bisa menjadi peluang baik untuk Anda yang ini membuka bisnis apotek.

Beberapa apotek online yang ada di Indonesia antara lain adalah Go Apotik yang hadir dalam bentuk aplikasi smartphone, serta k24klik, sistem penjualan online dari waralaba apotek K-24. Ada juga Watsons.co.id, toko online dari waralaba toko kesehatan dan kecantikan yang gerainya ada di kota-kota besar.

  • Bergabung dengan Waralaba

Tidak dapat dipungkiri kehadiran apotek tradisional memang semakin tergusur dengan masuknya waralaba. Namun bagi Anda yang ingin membuka bisnis apotek, bergabung dengan waralaba adalah pilihan yang harus dipertimbangkan.

Di Amerika Serikat misalnya, banyak retail ternama yang melebarkan bisnis ke sektor farmasi seperti Walmart dan CVS. Apotek milik Walmart bernama Walgreens Boots Alliance yang bermarkas di Deerfield, Illinois. Cabang apoteknya telah tersebar di seluruh penjuru Amerika Utara. Menurut survei yang dilakukan oleh Drug Store News pada tahun 2015, Walgreens menduduki peringkat pertama sebagai apotek yang paling dikenal oleh masyarakat Amerika Utara.

Sementara itu apotek milik retail CVS bernama CVS Health Corporation, yang menduduki peringkat kedua menurut survei dari lembaga di atas.

Di Indonesia sendiri, ada 3 waralaba besar yang mendominasi pasar apotek saat ini, yaitu Kimia Farma, Apotek K-24, dan Apotek Roxy. Yang terakhir saat ini hanya membuka cabang di wilayah Jabodetabek saja.

Itulah beberapa ide nama apotek yang bisa Anda gunakan untuk usaha Anda. Namun sebelum Anda terjun ke dunia bisnis apotek, pelajari secara lebih mendalam seluk beluknya. Meski bisnis apotek memiliki prospek yang positif, namun Anda juga harus tahu modal yang dibutuhkan sangat besar. Selain itu apotek membutuhkan tenaga ahli, setidaknya 1 orang apoteker. Perhitungkan dulu dengan matang kerugian dan keuntungan yang mungkin Anda dapatkan sebelum benar-benar membuka apotek.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang tip mencari ide nama apotek, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



7 Tip Ide Nama Usaha Kue
Tip Mencari Ide Nama Brand
Tips Mencari Ide Nama Acara/Event
Tip Mencari Ide Nama Channel Youtube
Bagaimana Mengubah Ide Menjadi Startup?
Tip Mencari Ide Nama Perusahaan
Ide-ide Startup yang Sering Gagal
Tip Mencari Ide Nama Restoran
Hindari Pemborosan Berikut Ini Ketika Mempersiapkan Pensiun
Apa Itu Wealth Management di Bank?


Bagikan Ke Teman Anda