Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Tip Mencari Ide Nama Channel Youtube

Salah satu hal utama yang wajib diperhatikan ketika memulai saluran Youtube adalah memilih namanya. Menenukan nama terbaik Youtube memang  bukanlah tugas yang mudah, karena semua nama unik dan bagus tentu sudah digunakan.

Namun, tidak berarti Anda harus menyerah dan berhenti di tahap ini, Anda hanya perlu sedikit berusaha. Dan pada kesempatan ini, kami ada untuk membantu Anda menemukan nama terbaik untuk saluran Youtube Anda.

Sebelum lebih dalam mengupas ide-ide menarik mengenai calon nama youtube Anda, mari kita mengetahui pentingnya memilih nama Youtube yang baik.

Pentingnya Mendapatkan Nama Saluran Youtube Terbaik

Saat ini saja, ada sekitar 1,5 miliar pengguna Youtube di dunia. Itu artinya, saat channel Anda berdiri, maka Anda harus siap bersaing atau berebut viewer dengan para pembuat konten video lainnya.

Dengan mendapatkan nama Youtube terbaik, Anda sudah memulai langkah awal yang tepat. Selain itu, beberapa alasan penting untuk memberi perhatian khusus dalam memilih nama saluran Youtube adalah:

  • Nama saluran Youtube ini akan bertahan lama. Karena mengganti-ganti nama saluran setiap saat adalah ide yang sangat buruk. Hal tersebut akan merusak reputasi saluran, dan berpotensi menghilangkan viewer lama.
  • Nama saluran youtube yang bagus bisa dijadikan sebagai alat ampuh untuk menarik viewer baru.
  • Nama yotube Anda akan menjadi nama Anda. Banyak Youtuber dikenal dengan nama Youtubenya, dan bukan nama aslinya. Contohnya saja: Bayu Skak.

Karena begitu pentingnya nama Youtube ini, maka jangan:

  • Menggunakan kata-kata buruk, jorok, ataupun umpatan
  • Menggunakan frasa yang sudah klise
  • Menggunakan terlalu banyak angka dan simbol

Tip Mencari Ide Nama Youtube

Berikut ini beberapa langkah yang perlu Anda terapkan dalam mencari nama terbaik untuk saluran Youtube Anda.

1. Tetapkan terlebih dahulu kategori nama saluran

Langkah pertama adalah menentukan kategori nama saluran yang akan Anda buat. Secara umum, nama saluran masuk ke dalam 4 kategori berikut ini:

    • Nama
    • Merk
    • Kategori
    • Deskripsi

Menggunakan nama depan dan belakang Anda juga bisa dijadikan sebagai pendekatan termudah. Dan itu merupakan ide yang sangat baik jika Anda berencana untuk menjadi wajah saluran Anda. Tip ini sangat cocok bagi Anda yang telah memiliki personal branding yang cukup dikenal luas.

Contohnya saja: Tasya Farasyah atau Raditya Dika.

2. Nama yang dipilih harus menjelaskan topik Anda

Idealnya, viewer akan langsung memahami jenis saluran Anda ketika mereka melihat nama saluran tersebut. Oleh sebab itu, Anda tidak perlu menjelaskan topik saluran secara harfiah, cukup cari frasa yang unik dan menarik.

Contoh: Saat Anda ingin membuat saluran yang berfokus pada analisis film dengan genre lucu, maka Anda bisa memberi nama “Film Kocak” atau “Nonton Komedi”.

Demikian pula jika channel Anda mengutamakan bahasan analisis yang berat, maka hindari untuk menempatkan frasa lucu pada nama saluran.

3. Nama harus unik

Unik dan ontetik wajib dimiliki jika Anda ingin saluran Youtube milik Anda menonjol. Jadi, jika Anda melihat saluran lain yang memiliki nama yang sama atau hampir sama, lebih baik cari alternatif lainnya.

Agar kesan unik dan otentik tersebut nampak, maka Anda bisa mengakali dengan menggunakan permainan kata atas nama Anda. Seperti menempatkan rima pada akhir suku kata atau mengulang huruf pertama yang sama.

Contoh: “Catatan Nathan”

4. Nama harus mudah diingat

Semakin unik nama saluran youtube Anda, maka semakin banyak kemungkinan nama tersebut diingat oleh orang.

Selain itu, baik juga memilih nama saluran yang lucu dan mengundang rasa penasaran viewer. Intinya adalah bagaimana membuat nama saluran tersebut mudah ditemukan oleh viewer.

Contoh: “Londo Kampung”

5. Hindari menggunakan angka

Menyelipkan angka pada nama saluran youtube Anda sangatlah beresiko. Sebab hal tersebut akan membuat nama Anda lebih sulit untuk dicari.

6. Usahakan nama yang sederhana dan mudah dieja

Adalah lebih baik menggunakan 2 – 3 frasa untuk nama saluran Anda asalkan nama tersebut akrab di telingan dan mudah untuk dieja. Dibanding menggunakan satu kata namun sulit untuk diucapkan.

Contoh : “Masak Asyik” akan lebih mudah diingat daripada “ChooKingliciuous”

7. Nama yang dipilih baiknya memiliki ikatan dengan Anda

Bagaimana pun juga, nama saluran yotube Anda harus memiliki hubungan secara pribadi dengan Anda. Sah-sah saja jika Anda menggunakan nama asli Anda, atau mungkin beberapa variasinya seperti nama julukan.

Jika kurang nyaman menggunakan nama asli, maka pikirkan tentang apa hobi Anda serta kata-kata apa yang paling melekat dan pas untuk menggambarkan diri Anda.

Cara memulainya bisa dengan menuliskan daftar sifat pribadi atau sesuatu yang ingin Anda tonjolkan dalam saluran tersebut.

Contoh: “Gendut Gaming”

8. Sesuaikan pula dengan viewer yang Anda sasar

Selain mempertimbangkan nama pribadi, penting pula untuk mencari nama yang relevan dengan calon viewer Anda.

Contoh: Orang yang datang untuk mempelajari tips kecantikan atau memasak misalnya, tidak mungkin akan melirik channel “Matematrik”

9. Pertimbangkan untuk mendapat bantuan mesin

Jika Anda sudah merasa buntu, maka inilah saatnya untuk menggunakan jasa mesin atau alat pencari . Cukup masukkan kata atau frasa yang ingin Anda sisipkan pada nama saluran, dan mesin akan mengeluarkan banyak ide nama dengan istilah tersebut.

10. Jangan menyerah

Menghadirkan nama yang sempurna untuk saluran Anda bisa memakan banyak waktu, karena Youtube merupakan situs yang besar dengan banyak pengguna serta nama bagus yang sudah diterapkan.

Tapi jangan pernah menyerah begitu saja. Yakinlah dengan memahami sepenuhnya diri Anda dan konsep saluran apa yang ingin Anda kembangkan, Anda akan menemukan nama saluran terbaik.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang tip mencari ide nama channel Youtube, seoga bermanfaat bagi Anda semua.



Tip Mencari Ide Nama Apotek
7 Tip Ide Nama Usaha Kue
Tips Mencari Ide Nama Acara/Event
Bagaimana Mengubah Ide Menjadi Startup?
Cara Mendapatkan Uang Lewat Youtube
Tip Mencari Ide Nama Perusahaan
Tip Mencari Ide Nama Brand
Ide-ide Startup yang Sering Gagal
Tip Mencari Ide Nama Restoran
Hindari Pemborosan Berikut Ini Ketika Mempersiapkan Pensiun


Bagikan Ke Teman Anda