Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Tip Menghemat Bahan Bakar saat Mengemudi

Membeli bensin atau solar termurah adalah salah satu cara untuk menghemat pengeluaran untuk membeli bahan bakar. Namun ternyata ada beberapa cara cerdas lainnya dalam memangkas penggunaan bahan bakar, simak selengkapnya di sini.

1. Tetap aerodinamis

Hambatan angin akan meningkatkan konsumsi bahan bakar. Maka saat Anda mengemudi, usahakan agar jendela tetap tertutup, serta singkirkan rak atau kotak yang mungkin berada di atap kendaraan saat tidak digunakan.

Menghapus kotak kargo pada atap dapat menghemat bahan bakar sebanyak 20% dalam satu tahun.

2. Utamakan pemeliharaan kendaraan

Untuk menjaga efisiensi mesin, maka kendaraan wajib menjalani pemeliharaan yang teratur serta tepat waktu. Pastikan pula oli mesin yang Anda pakai adalah sesuai dengan anjuran pada buku pagangan.

3. Mengemudi dengan baik

Selalu berkonsestrasilah saat berkendara, baca laju kendaraan di depan Anda dan potensi bahaya yang mungkin ada. Semakin sedikit akselerasi dan pengereman, maka semakin hemat pula bahan bakar yang Anda gunakan.

Misalnya saja, hindari mengemudi dengan kecepatan tinggi saat Anda berkendara di jalur yang padat. Tujuannya agar Anda tidak perlu mengerem mendadak saat kendaraan di depan Anda mengalami masalah.

4. Jatuhkan revs

Beberapa pengendara membiarkan putaran per menit atau RPM berjalan hingga 3.000 per menit untuk mobil bensin dan 2.500 per menit untuk mobil diesel sebelum mengganti gigi.

Namun sejatinya lebih efisien untuk menaikkan gigi di 2.500 untuk mobil bensin, dan di 2.000 untuk mobil diesel. Gunakan pula gigi tinggi, seperti gigi ke lima dan ke enam lebih cepat.

4. Jaga ban

Ban yang dirawat dengan baik sangat penting untuk berkendara aman dan ekonomis. Periksa selalu tekanan ban secara teratur, terutama saat Anda memutuskan untuk lewat jalan tol.

Ban yang dipompa dengan benar dapat meningkatkan penghematan bahan bakar hingga 2%.

5. Kurangi berat muatan

Mobil yang lebih ringan akan menghabiskan konsumsi bahan bakar yang lebih sedikit pula. Maka hindari memasukkan barang-barang yang tidak berguna di bagasi selama Anda bepergian.

6. Kecepatan gundukan

Pengereman yang keras, akselerasi, dan pengereman untuk bump speed berikutnya tidak efisien dan boros bahan  bakar. Cobalah berkendara dengan kecepatan 15 Р20 mph.

7. Kurangi penggunaan AC

Penggunaan AC akan meningkatkan konsumsi bahan bakar, utamanya saat Anda berkendara dengan kecepatan rendah. Gunakan AC secara efisien saat cuaca panas dan saat Anda berkendara dalam kecepatan tinggi saja.

Sementara jika berkendara di kota, cukup buka jendela kendaraan untuk mendapatkan udara, atau mungkin gunakan pakaian yang menyerap panas saat Anda tahu bahwa tidak ada pemakaian AC hari ini.

8. Kelihaian dalam mengemudi

Kecepatan yang berlebihan adalah faktor pemborosan bahan bakar, sehingga memiliki keahlian dalam mengemudi dan memastikan semua akselerasi berjalan dengan lembut sangat penting untuk mengemat bahan bakar.

Belajarlah untuk menyesuaikan diri serta teknik mengemudi dengan kondisi jalan, baik itu di perkotaan, di jalan yang tidak mulus, atau di pegunungan yang memiliki kontur jalan miring.

9. Cobalah untuk tidak kehilangan momentum

Sejalan dengan poin di atas, menjaga mobil pada kecepatan yang tepat sangat penting untuk menghemat bahan bakar, meskipun semua tergantung pula pada kondisi lalu lintas dan apa yang terjadi di depan.

Saran terbaik adalah dengan mengemudi semulus mungkin, dengan lembut menggunakan kemudi, akselelator, serta rem.

10. Gabungkan perjalanan

Pertimbangkan untuk melakukan satu perjalanan bolak-balik daripada beberapa perjalanan singkat. Alasannya, setelah mesin dihidupkan, mesin akan beroperasi secara efisien. Namun beberapa start dalam kondisi mesin dingin akan meningkatkan konsumsi bahan bakar.

Jika Anda perlu pergi ke banyak tempat untuk menjemput banyak orang, maka sebaiknya jadwalkan terlebih dahulu agar Anda bisa menggabungkan semua perjalanan kecil untuk menghemat bahan bakar.

11. Jaga saringan udara tetap bersih

Sangat penting bagi pemilik kendaraan untuk memeriksa kondisi saringan udara secara teratur. Karena saringan udara yang rusak akan mengkonsumsi bahan bakar lebih banyak hingga 10%.

Periksalah saringan udara kendaraan setelah mencuci mobil, jika sinar matahari dapat menembus saringan udara, itu artinya Anda wajib mengganti saringan dengan yang baru.

12. Matikan mesin saat tidak digunakan

Saat kendaraan berhenti atau tidak bekerja dalam waktu yang lama, maka saran terbaik adalah mematikan mesinnya untuk mengurangi penggunaan bahan bakar yang tidak perlu.

Hal ini sekaligus untuk menghindari mesin menyala terlalu lama yang juga akan berdampak buruk bagi lingkungan.

13. Gunakan bahan bakar yang sesuai dan pompa bahan bakar Anda

Menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan jenis kendaraan Anda tidak hanya berguna untuk menghemat bahan bakar, namun juga penting untuk memanjakan mesin kendaraan Anda.

Selain itu, Anda bisa pula memompa bahan bakar setiap pagi atau sore, karena saat itu bahan bakar lebih tebal dari biasanya. Penting diingat untuk tidak memompa terlalu penuh guna menghindari kebocoran gas.

14. Wasapadai perangkat hemat bahan bakar

Ada banyak perangkat yang dijual bebas di pasaran yang mengklaim dapat meningkatkan peforma mobil dan menghemat bahan bakar. Faktanya, sangat sedikit yang terbukti berhasil dan aman.

Jika Anda mempertimbangkan untuk menggunakannya, maka pastikan produk yang Anda pakai adalah produk asli yang bersertifikat, teruji, dan memiliki standar internasional.

15. Pelajari alat pengukur pada kendaraan

Beberapa kendaraan modern telah dilengkapi dengan alat pengukur efisiensi bahan bakar. Jika Anda mengendarai salah satu mobil tersebut, maka perhatikan informasinya dengan seksama dan terapkan saat Anda berkendara di jalan.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang tip menghemat bahan bakar saat mengemudi, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Stop Boros! Tanyakan Hal Ini Sebelum Anda Membeli Suatu!
Tips Hemat Listrik
7 Cara Mudah Menghemat Pengeluaran Rumah Tangga
Tips Mengendalikan Keinginan Belanja Impulsif
Tip Hidup Hemat, Murah, dan Sederhana
Menghemat Uang Ketika Punya Bayi
Tips Berhemat yang Terbukti Mengurangi Pengeluaran Uang
Tip Sederhana untuk Berhemat
Ide Menghemat Uang Bagi Generasi Milenial
11 Cara Cerdas Memangkas Tarif Bagasi


Bagikan Ke Teman Anda