Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Tips Mengontrol Pengeluaran Saat Liburan

Mendekati akhir tahun, Anda pasti sudah punya rencana liburan bukan? Meski liburan adalah kegiatan yang ditujukan untuk bersenang-senang, Anda tidak boleh lupa menjaga kesehatan dompet. Ya, banyak orang yang justru lebih stress setelah pulang dari liburan karena pengeluaran yang tidak terkontrol.

Sebenarnya, tidak perlu pergi jauh untuk menghabiskan uang saat liburan lho. Jika Anda tidak kemana-mana namun suka memanfaatkan diskon belanja saat musim liburan, pengeluaran Anda tetap bisa tidak terkendali. Terlebih lagi buat Anda yang merayakan Hari Natal. Tentu wajib hukumnya memberikan kado Natal untuk keluarga dan sahabat.

Tapi tenang saja, ada beberapa tips menarik untuk membantu Anda mengendalikan pengeluaran saat liburan.

  • Buat Budget Khusus untuk Liburan

Untuk kegiatan apapun, membuat budget atau anggaran adalah hal yang sangat penting. Tetapkan tujuan dan kegiatan apa saja yang ingin dilakukan saat liburan, lalu rinci pengeluaran yang akan dianggarkan. Dalam menyusun budget, tengok pengeluaran liburan tahun lalu. Dengan demikian, Anda akan tahu bagian mana yang harus dipangkas untuk menghemat pengeluaran.

Buatlah budget yang sedetail mungkin untuk meyakinkan bahwa pengeluaran Anda tidak akan keluar dari jalur. Jika Anda hanya membuat pengeluaran yang Anda anggap penting-penting saja tanpa memperhitungkan pengeluaran tidak terduga, bisa-bisa Anda justru terlilit hutang sepulang dari liburan.

Hal lain yang harus diperhatikan saat menyusun budget liburan adalah membuat anggaran yang realistis. Ada harus menentukan ekspektasi liburan Anda sebelum pergi. Dengan demikian Anda akan mendapatkan bayangan kasar tentang pengeluaran atau biaya yang harus dibayarkan.

  • Jangan Menunda Menyusun Budget

Punya rencana menyusun budget saja percuma kalau Anda selalu menunda untuk membuatnya. Kadang sibuk bekerja dan lelah saat sampai di rumah membuat Anda terus menunda untuk menyusun budget liburan hingga tanpa terasa waktu liburan semakin dekat saja.

Tidak pernah ada kata terlambat untuk menyusun budget liburan. Jadi, meski Anda adalah tipe orang yang suka menunda-nunda pekerjaan, paksa diri Anda sendiri untuk menyusun pengeluaran sekarang juga.

  • Pangkas Biaya Bepergian

Tiket pesawat, persewaan mobil, hingga penginapan adalah 3 hal utama yang harus dipersiapkan sebelum berangkat liburan. Hemat biaya liburan dengan memangkas beberapa pengeluaran yang bisa dihemat.

Misalnya, kalau tiket pesawat Anda sudah mahal, cari akomodasi yang sedikit murah. Apalagi kalau kegiatan liburan Anda diisi dengan mengunjungi berbagai macam tempat dan penuh dengan aktivitas di luar ruangan, maka fungsi penginapan adalah tempat untuk istirahat saja. Pilih yang murah namun nyaman agar Anda juga bisa berhemat.

Kemudian jika Anda hanya bepergian dengan pasangan atau sejumlah teman, menggunakan transportasi umum untuk berpindah tempat akan lebih menghemat waktu dan biaya dibandingkan harus menyewa mobil.

Bagasi termasuk yang harus Anda perhitungkan juga. Adalah hal yang wajar saat bagasi Anda menjadi berlebihan saat pulang dari liburan. Bawaan Anda pasti dipenuhi dengan oleh-oleh, barang titipan teman, atau mungkin belanjaan Anda sendiri. Untuk menghindari penambahan bagasi, Anda bisa mengirim barang bawaan via paket. Biasanya biaya kirim yang harus Anda keluarkan masih jauh lebih murah dibandingkan kelebihan biaya bagasi yang harus dibayar.

  • Bepergian Secara Berkelompok

Jika ingin liburan hemat, jangan pergi sendirian. Pergi berlibur bersama teman-teman dapat memangkas beberapa pengeluaran secara signifikan. Tentu saja di luar transportasi, tapi kebutuhan seperti makan dan penginapan bisa dibagi.

Anda bisa menyewa satu kamar untuk beberapa orang, lalu membagi biaya sewanya. Begitu juga soal makanan. Anda bisa membeli makanan dalam porsi yang besar lalu memakannya bersama-sama.

  • Pergi ke Tempat Wisata yang Gratis

Entah itu di luar negeri atau di dalam negeri, banyak tempat wisata gratis yang bisa Anda kunjungi tanpa harus mengeluarkan biaya sepeserpun. Apakah itu wisata alam seperti pantai dan pegunungan, atau pergi ke landmarks terkenal di suatu daerah.

Jika mengunjungi tempat-tempat gratis seperti ini, Anda bisa menghemat pengeluaran namun tetap memiliki liburan yang bermakna. Carilah informasi tentang tempat-tempat wisata gratis dengan pemandangan menarik di daerah yang akan dikunjungi, lalu tempatkan di daftar teratas rencana liburan Anda.

  • Berbelanja di Tempat yang Murah

Membeli oleh-oleh adalah salah satu hal wajib dilakukan saat liburan. Namun Anda harus pintar memilih tempat berbelanja. Untuk mendapatkan harga yang murah, berbelanjalah di pasar-pasar tradisional, grosir, atau tempat lain yang bisa ditawar.

Bacalah tips berbelanja di tempat yang Anda kunjungi, lalu bagaimana cara menawarnya. Bahkan ketika Anda sedang liburan, lihat apakah ada diskon atau promo yang ditawarkan di berbagai pusat oleh-oleh. Ingat bahwa seringnya pengeluaran terbesar liburan adalah untuk berbelanja.

  • Membuat Daftar Belanja

Masih soal berbelanja, jangan pergi ke pusat oleh-oleh tanpa rencana yang matang. Buatlah anggaran dan daftar serinci mungkin tentang barang-barang yang ingin Anda beli. Ini sangat penting untuk mencegah Anda lapar mata. Tentu saja Anda juga harus patuh pada daftar dan budget yang sudah dibuat sebelumnya.

Belilah apa yang sudah Anda tuliskan. Boleh saja menyisihkan sedikit uang untuk keinginan tidak terduga, tapi jangan sampai melebihi anggaran belanja yang utama.

  • Ikut Rombongan Travel

Satu lagi tips jitu buat Anda yang ingin liburan enak tapi pengeluaran tetap terkontrol. Yaitu dengan menggunakan jasa travel. Banyak agen travel yang menawarkan paket liburan, baik di dalam maupun luar negeri.

Anda memang tidak bisa memilih mau pergi ke destinasi mana, namun cara ini sangat ampuh untuk menekan pengeluaran. Paket wisata yang ditawarkan oleh agen travel biasanya lebih murah dan efektif menekan biaya.

Sekarang setelah Anda tahu tips dan trik berhemat saat liburan akhir tahun, segera mulai membuat rencana sekarang juga. Jangan menunda-nunda sampai akhirnya Anda menyusun rencana di detik-detik terakhir yang sama sekali tidak efektif.

Cara Mengontrol Pengeluaran Saat Natal

Musim liburan di bulan Desember bukan hanya soal traveling saja, tetapi juga perayaan Natal. Nah, bagi Anda yang merayakan Hari Natal, ada satu tradisi yang tidak bisa dilepaskan setiap tahunnya. Yaitu saling bertukar kado dengan orang-orang terdekat.

Anda pasti paham kalau harus menyisihkan budget tersendiri untuk membeli kado. Kalau tidak hati-hati, dompet Anda bisa jebol karena hal ini. Kalau Anda merayakan Hari Natal tapi juga ingin liburan di akhir tahun, ada beberapa tips jitu yang bisa Anda terapkan.

  • Tentukan Budget dan Buat Daftarnya

Hal pertama yang harus Anda tentukan sebelum membeli hadiah adalah berapa budget yang disediakan. Sesuaikan dengan dana yang Anda miliki, tidak perlu memaksakan diri harus memberikan sesuatu yang mewah dan bermerek.

Setelah itu, baru tuliskan daftar orang-orang yang akan Anda beri hadiah. Keluarga, sahabat dekat, rekan kerja, dan mungkin teman-teman anak Anda. Buatlah daftar Anda dengan sangat hati-hati untuk menghindari keinginan yang muncul di detik-detik terakhir. Hal yang tidak kalah penting adalah menentukan jenis kado apa yang ingin Anda berikan.

  • Beli di Toko Online

Berbelanja online memberikan kenyamanan bagi para konsumen. Selain menghemat tenaga dan bisa dilakukan kapan saja, harga barang di toko online relatif lebih murah dibandingkan membeli di toko fisik. Kalau bisa beli barang dari toko yang berada di kota yang sama dengan tempat tinggal Anda untuk memangkas biaya kirimnya. Manfaatkan promosi gratis ongkir yang biasanya diberikan di akhir tahun dan Hari Natal.

  • Bandingkan Harga Sebelum Membeli

Langkah selanjutnya adalah melakukan riset kecil-kecilan tentang harga-harga yang tersedia untuk barang tersebut. Cek harganya secara online di beberapa marketplace berbeda, lalu bandingkan mana yang lebih murah. Perhitungkan juga promo dan diskon yang ditawarkan, lalu beli mana yang harganya lebih murah.

Jika Anda teliti, Anda bisa menghemat biaya dan secara tidak terduga memangkas budget hadiah.

  • Lawan Godaan Diri Sendiri

Ini bisa jadi salah satu hal yang paling membahayakan dompet Anda saat berbelanja kado untuk Natal. Selesai membeli kado untuk orang-orang terdekat, jangan sampai Anda tergoda membeli barang untuk diri sendiri. Ini jelas tidak ada dalam budget yang sudah Anda buat di awal dan bisa menyebabkan pengeluaran membengkak. Setelah selesai membeli, segera keluar dari aplikasi toko online yang digunakan. Kalau Anda membeli di toko fisik secara langsung, segera bayar di kasir dan tinggalkan toko setelah transaksi selesai.

  • Hindari Pembayaran dengan Kartu Kredit

Tips berguna lain yang bisa Anda terapkan saat berbelanja kado Natal adalah tidak membayar dengan kartu kredit. Bila perlu bawa uang pas sesuai dengan yang tertulis di budget Anda. Hal ini untuk menghindari pembengkakan pada pengeluaran Anda.

  • Menabung Sejak Jauh-Jauh Hari

Mungkin Anda ingin memberikan kado yang mewah untuk orang tersayang seperti orang tua, pasangan, atau anak. Tentu boleh-boleh saja, namun jangan sampai membuat Anda tekor setelahnya.

Jika ingin membeli kado mewah, caranya adalah dengan mengumpulkan uang sejak jauh-jauh hari. Dengan demikian ketika saat untuk membeli hadiah tiba, Anda tinggal menambahkan sedikit kekurangannya saja.

  • Pertimbangkan Membuat Hadiah Sendiri

Kado bagi orang terdekat tidak perlu mahal. Mereka justru akan sangat mernghargai kalau Anda memberikan hadiah buatan sendiri pada mereka. Selain lebih bermakna, kado buatan sendiri seperti kue-kue kering atau syal rajut lebih menghemat biaya. Tentunya Anda juga harus meluangkan lebih banyak waktu jika ingin memberikan hadiah semacam ini. Pertimbangkan dulu semua faktornya, baru putuskan mana yang terbaik untuk Anda: membeli hadiah langsung atau membuatnya sendiri.

  • Makan Bersama Tanpa Hadiah

Alternatif lain buat Anda yang ingin berhemat dalam membeli hadiah Natal adalah dengan mengundang orang-orang terdekat untuk makan malam bersama. Menjalin kedekatan dengan orang tersayang tentu lebih penting dibandingkan dengan memberi hadiah. Anda bisa membuatkan mereka masakan khas Natal lalu menghabiskan malam dengan mengobrol bersama. Jauh lebih bermakna bukan?

Meski bertukar kado adalah tradisi di Hari Natal, perlu diingat bahwa esensi dari Natal bukanlah berapa mahal dan mewah hadiah yang Anda berikan. Berkumpul dengan orang yang Anda kasihi di Hari Natal jauh lebih penting dibandingkan harus berlomba-lomba membeli hadiah mahal. Apalagi kalau Anda sampai memaksakan diri dan menguras dompet Anda.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang tips mengontrol pengeluaran saat liburan, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Mau Tahu Pengeluaran Perokok di Indonesia? Ternyata Hasilnya Mengejutkan!
Bagaimana Menghasilkan Uang Tambahan saat Traveling/Liburan
Bagaimana Mendapat Pelayanan Lebih di Hotel
Tip Jitu Ketika Travelling untuk Menghemat Uang
Untung Rugi Solo Travelling (Sendirian)
Tip Berlibur Keluarga dengan Harga Hemat
Tip Membawa Bagasi di Pesawat
Membuat Rencana Keuangan Liburan Bersama dalam Group
Tip Menghemat Uang saat Liburan
10 Kesalahan saat Liburan ke Luar Negeri


Bagikan Ke Teman Anda