Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Untung Rugi Investasi Berlian/Permata

Siapa yang tidak kagum terhadap kilau berlian? Ya, batuan indah yang memesona ini telah digemari sejak ribuan tahun yang lalu. Sejak penemuannya, berlian selalu dikaitkan dengan ungkapan cinta.

Bahkan kata berlian (diamond) sendiri berasal dari bahasa Yunani yang berarti tak terkalahkan dan merujuk pada kekuatan cinta sejati. Tidak hanya itu, di bawah ini ada sejumlah alasan mengapa berlian dipandang begitu berharga.

A. Alasan Mengapa Berlian Berharga

1. Berlian Batuan Langka

Proses terbentuknya berlian harus melewati milyaran tahun di dalam perut bumi. Setelah itu, proses pengangkutannya pun tidaklah mudah. Dibutuhkan kehati-hatian serta kecermatan dalam mengolahnya.

Saat ini saja, dari berlian yang sedang ditambang, hanya ada sekitar 50% yang dianggap memiliki kualitas tinggi dan layak dijual di pasaran.

Ada dua jenis berlian yang biasa kita temukan di pasaran. Yang pertama adalah berlian permata yang dipakai sebagai batu perhiasan dan bernilai jual tinggi. Ada empat komponen yang menentukan kualitas berlian yakni, potongannya yang unik, warnanya yang langkah, karat, serta penampakannya yang kian jernih.

Maka besaran berlian tidak menentukan tinggi harganya. Misalnya saja saat Anda memiliki berlian 10 karat, namun tingkat kejernihannya rendah, maka tentu saja nilai berlian Anda lebih rendah dibandingkan berlian yang lebih kecil namun memiliki kejernihan yang baik.

Sementara yang kedua adalah berlian bort, atau berlian berkualitas buruk, nilainya rendah di pasaran karena kondisinya buram atau gelap. Berlian jenis ini biasanya digunakan untuk proses industri seperti pemotongan.

2. Proses Penggalian

Dibutuhkan alat yang canggih dan modern untuk menggali berlian yang terpendam di dalam perut bumi. Biaya untuk proses tersebut pun tidaklah sedikit, maka pada akhirnya harga berlian yang keluar di pasaran amatlah mahal.

3. Dianggap sebagai batu bertuah

Tidak hanya dikagumi keindahannya, berlian pun dianggap sebagai batu bertuah. Hingga abad ke-15, raja merupakan satu-satunya yang dianggap layak untuk memakai berlian sebagai simbol kekuatan yang tak terkalahkan.

Sementara itu, di Yunani kuno, berlian dipercaya memiliki kekuatan mistis karena batu tersebut tidak bisa dihancurkan.

4. Simbol cinta

Wanita mesir kuno meyakini bahwa mengenakan cincin berlian pada jari tengah kirinya akan memberi efek magis yang berkaitan dengan cinta. Hal inilah yang melatarbelakangi mengapa perempuan mendambakan berlian sebagai ungkapan cinta dari pasangannya.

5. Dipakai Sebagai Penanda Status

Hal ini tidak terjadi hanya di zaman modern, namun sejak ditemukan, batuan yang memikat ini telah dipakai para bangsawan untuk menandai status sosial mereka.

6. Permintaan Pasar yang Tinggi

Mengingat sejarah, kelangkahan, serta keindahan yang dipancarkan berlian, maka tidak heran jika permintaan akan berlian masih tinggi. Namun sebenarnya, berlian bukanlah satu-satunya batuan langkah di dunia ini.

Jika merujuk pada kelangkahannya, maka batuan seperti rubi, zamrud, serta safir dikenal lebih langkah dibandingkan berlian.

Jadi yang membuat berlian dianggap berharga tidak lain adalah minat serta permintaan pasar yang masih tinggi. Masyarakat dunia cenderung lebih menggilai berlian dibandingakan dengan batuan permata lainnya.

7. Merupakan komoditas berharga di Industri

Tidak hanya melambangkan kemewahan, namun berlian juga dimanfaatkan di dunia industri tertentu, seperti industri pengerjaan logam dan pertambangan. Mulai dari grit abrasi, mata bor berlian, hingga serpihannya merupakan komoditas berharga sebagai alat perdagangan.

8. Monopoli Kartel

Adanya kartel yang memonopoli produksi serta pertambangan berlian membuat keberadaan berlian kian langkah. Mereka menyimpan berlian di gudang untuk menjaga harganya tetap tinggi.

Sejarahnya adalah, pada abad ke-19, berlian ditemukan di Kimberly, Afrika Selatan. Tambang berlian baru ini berpotensi membanjiri pasar dan menurunkan nilai batu berharga tersebut.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, maka perusahaan tambang De Beers membeli tambang tersebut guna melakukan kontrol ketat atas pasokan berlian secara global. Mereka hanya meluncurkan berlian untuk memenuhi permintaan tahunan pasar, yang memberi ilusi bahwa berlian masih amat langkah.

De Beers juga memulai kampanye penggunaan berlian sebagai cincin pertunangan dan pernikahan menggantikan ruby dan safir yang sebelumnya populer. Alhasil, kebutuhan serta harga berlian pun tetap meningkat tiap tahunnya.

9. Berlian Merupakan Investasi Tahan Krisis

Jika Anda berinvestasi pada berlian, maka Anda akan menemukan bahwa berlian merupakan satu-satunya investasi yang nilai permintaannya meningkat setiap tahun, dari 8% hingga 15% tanpa mengalami penurunan.

B. Untung Rugi Investasi Berlian

Meskipun berlian telah dikenal sebagai batuan mewah dan telah memikat mata jutaan orang untuk memilikinya, namun untuk meletakkan uang Anda dan berinvestasi di dalamnya butuh kecermatan dalam melihat peluang.

Pasalnya, menjual berlian tidaklah semudah membalik telapak tangan, karena Anda harus mencari investor yang bersedia membayar setidaknya modal awal yang telah diinvestasikan pada saat pembelian.

Namun apakah investasi berlian sepenuhnya menimbulkan kerugian? Simak pro dan kontra investasi berlian berikut ini.

Keuntungan Investasi Berlian

  • Berlian memiliki kecantikan dan kekuatan tersendiri

Berlian merupakan produk alami yang berasal dari karbon dan telah ditempa selama milyaran tahun di dalam perut bumi. Selanjutnya, untuk mendapatkan tampilan yang sempurnya, berlian diasah sedemikian rupa oleh para ahli.

Bagi pecintanya, berlian memberi efek keindahan dan kekuatan saat dikenakan. Bahkan beberapa orang menggunakan berlian sebagai simbol status yang tinggi dan telah lama menjadi petunjuk mengenai kekayaan seseorang.

  • Berlian memiliki nilai sentimentil

Sejarah pun membuktikan bahwa berlian memiliki nilai sentimentil tersendiri yang tidak dipunyai batuan lainnya. Sejak lama berlian telah dipakai untuk momen-momen sakral seperti: pertunangan, pernikahan, anniversary, hingga warisan berharga.

  • Pasokan berlian yang dianggap langkah

Ilusi bahwa pasokan berlian kian langkah yang dilakukan oleh perusahaan De Beers di abad ke-19 merupakan strategi marketing yang cerdas. Ditambah lagi dengan promosi gencar-gencaran berlian untuk menggantikan batuan permata lainnya menambah tren minat akan berlian kian meningkat.

  • Berlian dapat digunakan sebagai aset investasi

Berlian berpotensi menjadi aset yang berharga dan memiliki nilai lindung terhadap inflasi, kejatuhan pasar atau kejatuhan mata uang. Alasannya adalah karena di masa krisis ekonomi, harga aset riil cenderung naik karena investor kehilangan kepercayaan terhadap sitim keuangan global.

  • Permintaan pasar yang tinggi

Hanya sekitar 20% berlian hasil tambang yang diekstraksi menjadi perhiasan bernilai jual tinggi. Sisanya, atau sekitar 80% digunakan untuk keperluan industri seperti laser, mata bor, atau peralatan bedah lainnya. Maka jangan heran jika permintaan pasar akan berlian tidak pernah surut.

  • Berlian tidak memakan ruang

Fakta bahwa batuan sekecil itu dapat menghasilkan uang dengan nilai yang tinggi adalah hal yang menarik. Anda tidak perlu menyiapkan gudang, kantor, atau aset lainnya untuk menyimpan investasi Anda.

  • Berlian bertahan lama

Sebagai batuan yang terbentuk selama milyaran tahun, berlian merupakan batuan terkuat yang ada di bumi. Oleh sebab itulah Anda tidak perlu kawatir kalau berlian Anda akan pecah atau rusak selama penimpanan.

  • Anda bisa memakainya selagi memilikinya

Selama Anda memiliki berlian, Anda tentu bisa menggunakannya. Ini akan memberi efek psikologis atau rasa aman bagi pemiliknya. Berbeda dengan investasi saham atau barang keuangan lainnya yang tidak dapat dilihat dan dipegang secara fisik.

Kerugian Investasi Berlian

  • Harga berlian hanya ditentukan oleh pasar

Berbeda dengan investasi emas dan perak yang memiliki indeks harga yang bisa diikuti dalam bursa saham, investasi berlian tidak bisa. Faktor dasar yang menentukan harga berlian adalah potongannya, karat, kejernihan, serta warnanya. Pada akhirnya, harga berlian akan ditentukan oleh pasar (supply and demand).

  • Tidak mudah menjual berlian

Tidak seperti emas, berlian memiliki pasar khusus dengan segala kerumitan di dalamnya. Anda mungkin bisa menawarkan berlian milik Anda kepada pengecer lainnya, tapi tentu saja mereka akan menjadi negosiator yang tangguh untuk mendapat harga terbaik.

Begitu pula menjual berlian di rumah lelang, belum tentu mereka membeli berlian Anda dengan harga tinggi. Mereka akan membeli berlian Anda dengan harga murah namun menjualnya dengan berkali-kali lipat.

Dibutuhkan kesabaran untuk mendapatkan pembeli yang tepat, karena bisnis berlian merupakan investasi jangka panjang.

  • Berbisnis berlian tidak bisa langsung untung

Jika Anda menginginkan hasil serta pengembalian modal yang cepat dari bisnis berlian, maka Anda keliru. Penjualan berlian secara cepat umumnya justru akan membawa kerugian.

Jika Anda belum seberapa ahli di bidang ini, hati-hati pula dalam membeli berlian. Berlian yang tidak disertai sertifikat memiliki risiko yang jauh lebih tinggi ke depannya.

Jadi, pastikan Anda membeli berlian di perusahaan yang telah memiliki reputasi baik, menawarkan sertifikat, spesifikasi labiratorium pemeringkat yang tepat untuk tujuan investasi, serta menjual dengan harga grosir bukan eceran.

  • Memiliki berlian mengundang risiko pencurian

Sama halnya ketika Anda berinfestasi dalam emas, perak, atau pun aset riil lainnya, tentu risiko pencurian bisa datang kapan saja.

Untuk menemukan tempat yang aman guna menyimpan harta karun Anda pun tidaklah mudah. Jika ingin tingkat keamanan yang tinggi, Anda pun harus mengeluarkan uang ekstra untuk membayar sewa titip, membeli brankas, atau bahkan mengasuransikannya.

  • Minat akan berlian tidak seantusias dulu

Generasi milenial nampak tidak begitu tertarik dengan berlian atau segala sesuatu yang berbau simbolis, mereka lebih menghargai pengalaman nyata dibanding dengan sekedar batu berharga mahal.

Terlebih lagi, keadaan ekonomi dunia yang melambat menjadi faktor turunnya minat masyarakat terhadap berlian. Alih-alih membeli berlian yang berharga milyaran, orang cenderung ingin menginvestasikan uangnya kepada hal yang lebih nyata dan menghasilkan.

  • Berlian sintetis menurunkan nilai permata tersebut

Permintaan pasar yang besar terhadap berlian di masa lalu melahirkan ide untuk membuat berlian secara sintetis. Namun sayangnya, adanya berlian sintetis buatan manusia justru kian menurunkan nilai berlian. Pasokan berlian pun tidak lagi bisa dikatakan langkah. Nilai historis, keindahan, serta magis berlian tentu berkurang oleh sebab campur tangan manusia.

Pasar baru batuan zamrud atau batu alam lainnya pun melangkah masuk dan mengancam eksistensi berlian.

C. Tips Berinvestasi dalam Berlian

Berikut ini adalah sejumlah tips dan trik jika Anda tertarik berbisnis berlian:

  1. Pelajari dasar-dasar pengetahuan tentang berlian dan batuan berharga lainnya. Demikian pula jika Anda berniat untuk menyeberang pada berlian berwarna, pastikan Anda mengenal betul karakteristiknya.
  2. Tetapkan anggaran, jangan sampai tergoda untuk melampaui rasio portofolio yang sudah Anda tetapkan hanya karena rayuan pemasok semata.
  3. Bandingkan harga sebelum membeli. Anda bisa mengecek harga berlian serupa yang Anda incar yang ditawarkan melalui situs online.
  4. Beli sesuatu yang langkah namun juga diinginkan, untuk yang satu ini dibutuhkan insting yang tepat dalam memilih berlian.
  5. Jangan malu bertanya, baik itu pada ahli atau konsultan berlian yang sudah berpengalaman. Mereka dapat membantu Anda dalam memulai bisnis ini.

Menanam investasi dalam berlian tidaklah semudah yang dibayangkan, beli, pegang, lalu jual. Nilai berlian berakar dari permintaan, pasokan, serta kontrak tidak tertulis dari jutaan orang yang memiliki berlian untuk disimpan.

Semoga tips yang kami sampaikan di atas dapat Anda jadikan pedoman sebelum menginvestasikan uang ke dalam bisnis berlian.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang untung rugi investasi berlian/permata, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Apa Itu Price/Earning Growth (PEG) Ratio
4 Contoh Investasi Jangka Pendek yang Cocok Untuk Anak Muda
Di Mana Tempat Investasi Emas?
Untung Rugi Kerja di Vietnam, Tetap Mau Kesana?
Perbedaan Sertifikat Bank Indonesia (SBI) vs Surat Utang Negara (SUN)
Pengaruh Inflasi terhadap Investasi
7 Tip Perencanaan Keuangan Pribadi dan Investasi
Investasi Apa yang Cocok Saat Rededominasi?
7 Prinsip Investasi Jangka Panjang Bagi Calon Investor Sukses
Untung Rugi dalam Bisnis Peer To Peer (P2P) Lending


Bagikan Ke Teman Anda