Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa itu Automated Trading?

Salah satu permasalahan yang harus dihadapi oleh seorang Investor pemula adalah ketiadaan waktu untuk terus mengamati dan mempelajari pasar saham atau obligasi tempat dia memperjual belikan surat berharganya. Padahal pasar modal adalah sebuah pasar yang relatif rumit dan terus berubah bahkan dari menit ke menit.

Solusi yang dapat diambil oleh Investor tersebut ada beragam. Salah satu diantaranya adalah menggunakan software trading otomatis. Trading otomatis atau yang dalam versi bahasa Inggrisnya disebut Automated Trading System adalah system jual beli surat berharga dalam sebuah pasar modal yang dijalankan secara otomatis berdasarkan satu set pengaturan yang sebelumnya telah disiapkan.

Sistem transaksi surat berharga jenis ini membutuhkan set pengetahuan teknis lain tidak hanya ekonomi melainkan juga matematika dan statistik. Sebab pengaturan pengaturan yang disebut diatas adalah pengaturan yang di set menggunakan algoritma matematika dan statistik.

Jenis jenis trading otomatis

Laman duplitrade.com membagi jenis jenis trading otomatis menjadi empat jenis. Keempat jenis tersebut adalah:

  • Copy Trading

Automated Trading System jenis ini memungkinkan trader untuk menjiplak transaksi jual beli dari trader lain yang lebih berpengalaman secara otomatis. Hal ini dapat anda lakukan jika anda telah menemukan trader senior panutan anda dan dapat mengonfigurasikan pengaturan platform trading yang anda gunakan dengan akun mereka.

  • Expert Advisor

Sistem ini memungkinkan trader untuk menganalisis data dalam jumlah banyak dan memprosesnya berdasarkan pengaturan yang telah disiapkan sebelumnya. Hasil proses tersebut berupa model yang merepresentasikan data mengenai kapabilitas perusahaan perusahaan yang sedang meluncurkan sahamnya di pasar modal.

  • Algorithmic Trading

Algorithmic Trading adalah sistem trading yang menggunakan rangkaian pengaturan matematis dan statistik yang kompleks. Sistem ini tidak hanya menganalisis pasar modal secara otomatis melainkan juga dapat melangsungkan transaksi jual beli surat berharga sebanyak mungkin dalam waktu singkat secara otomatis.

  • Social Trading

Social Trading adalah sistem trading yang memungkinkan trader untuk membagikan trading book dan trading instruction miliknya dengan trader lain. Umumnya pembagian informasi ini melalui marketplace trading yang menjadi penghubung antara satu trader dan trader lainnya dan memungkinkan para pengguna marketplace tersebut untuk saling berbagi satu sama lain.

Pro dan Kontra Trading Otomatis

Meskipun trading secara otomatis adalah solusi yang banyak digunakan oleh investor masa kini, namun tetap saja pemakaian system ini menuai pro dan kontra. Berikut ini poin poin pro dan kontra tersebut:

Pro trading otomatis

  • Mengurangi faktor emosi dalam investasi.

Karena semua proses dilakukan secara otomatis, kesalahan investasi akibat emosi Investor dapat diminimalkan. Sehingga investor dapat bekerja secara disiplin dalam kondisi apapun termasuk jika ekonomi sedang dalam keadaan kurang baik.

  • Automated Trading System mampu mengevaluasi data dan mengambil keputusan dari data data tersebut secara otomatis.

Tentu saja kemampuan ini sangat dibutuhkan meskipun perdagangan dalam pasar modal dijalankan secara otomatis. Kemampuan ini ditujukan untuk mengukur efektivitas investasi yang dilakukan sebelumnya dan belajar dari efektivitas tersebut.

  • Investor dapat berinvestasi dengan konsisten.

Investor dapat mengatur jadwal investasi dari Automated Trading System yang digunakan dengan mengatur pengaturan platform trading otomatis yang dia pakai. Dengan demikian investor tersebut dapat melakukan jual beli surat berharga secara konsisten.

  • Automated Trading System memungkinkan transaksi jual beli saham secara singkat.

Investor dapat membeli surat berharga secara otomatis berdasarkan pengaturan yang telah dia buat sebelumnya. Sebaliknya, Investor tersebut juga dapat keluar dan menjual sahamnya secara otomatis juga. Kelebihan ini sangat membantu Investor dalam proses investasi sebab pasar saham hari ini bergerak dengan sangat cepat dan memiliki volatilitas yang tinggi.

  • Automated Trading System memungkinkan trader untuk membeli surat berharga dari berbagai perusahaan sekaligus.

Hal ini untuk menjaga investasi trader agar selalu aman karena trader telah membeli banyak surat berharga di berbagai perusahaan dengan berbagai macam risiko.

Kontra trading otomatis

  • Berpotensi gagal karena kesalahan teknis.

Meskipun trading otomatis ini dapat bekerja dengan baik dipasar modal, namun kendala teknis seperti terputusnya koneksi internet tetap menjadi kendala yang harus diperhatikan agar proses transaksi dapat dilaksanakan dengan lancar.

  • Masih memerlukan pengawasan.

Pengawasan ini ditujukan untuk memastikan bahwa transaksi yang telah kita lakukan berjalan dengan semestinya dan tidak terganggu sebab faktor teknis seperti yang tertera di poin 1.

  • Automated Trading System seringkali membuat trader terlalu optimis.

Hal ini dikarenakan Automated Trading System memiliki fitur backtesting yaitu fitur untuk menganalisa hasil investasi yang pernah dilakukan. Fitur ini jelas diperlukan agar investasi yang kita lakukan di pasar modal dapat bekerja secara optimal. Namun demikian terlalu mengacu pada fitur ini juga dapat mengakibatkan kita sebagai investor terlalu optimis. Padahal bisa jadi meskipun hasil backtesting relatif bagus namun pada kenyatannya kita gagal dalam investasi selanjutnya. Karena investasi tidak hanya dipengaruhi oleh data data di masa lalu melainkan juga dipengaruhi oleh kondisi ekonomi masa kini dan perkiraan kondisi ekonomi di masa depan.

  • Automated Trading System berkontribusi terhadap disrupsi pasar modal dan ekonomi.

Khusus untuk kontra pada bagian ini pemerintah US telah mengeluarkan peraturan yang mengatur tentang risiko trading Peraturan ini ditujukan agar jangan sampai kesalahan sistem trading mengakibatkan ekonomi menurun baik di pasar modal maupun di lapangan.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang apa itu automated trading, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Apa Itu Employee Stock Option Program?
Alasan Untuk Memulai Investasi Sejak Dini
7 Tip Perencanaan Keuangan Pribadi dan Investasi
Tempat Investasi Emas Aman dan Terpercaya
Apa Ciri-Ciri Emas Asli?
11 Hal yang Wajib Ditanyakan Sebelum Membeli Saham
Apa itu Beta Coeffecient? Definisi Beta Coefficient
Apa itu Brent Crude Oil?
Perbedaan Book Value dan Market Value
Untung Rugi Investasi Bitcoin


Bagikan Ke Teman Anda