Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Untung Rugi Teknologi 5G

Teknologi selalu berkembang setiap harinya. Sampai-sampai tidak semuanya bisa kita ikuti saking cepatnya berubah. Contohnya saja jaringan internet. Kalau kamu pikir jaringan yang kamu gunakan saat ini sudah sangat cepat, jangan puas dulu. Karena di luar sana, teknologi ini masih terus-menerus dikembangkan.

Dimulai dari jaringan internet generasi pertama, 1G, di mana kita bisa dengan mudah melakukan panggilan telepon. Lalu berlanjut generasi kedua, 2G, di tahun 1991. Lalu hadir 3G yang memberi akses internet. Dilanjutkan dengan 4G yang banyak digunakan saat ini. Yang akan datang, 5G, apakah sangat sempurna tak bercela?

Kelebihan 5G

Akses internet kini sangat mudah didapat, bahkan dengan harga terjangkau. Karena itu, aktivitas streaming video menjadi begitu populer. Hal ini menyebabkan teknologi 4G dirasa kurang. Dibutuhkan koneksi yang lebih canggih lagi. Hadirlah 5G dengan keuntungan sebagai berikut:

  1. Kecepatan Transmisi Lebih Baik

Sama seperti frekuensi LTE yang digunakan oleh 4G, generasi keluma juga menggunakanspektrumnjaringan LTE. Namun 5G digarapkan menggunakan teknologi radio yang lebih baik lagi dari 4G. Mampu menghasilkan kecepatan transmisi hingga 10 GB per detik.

Telnologi yang lebih baik ini akan menghasilkan transmisi yang lebih cepat, terutama saat menonton video. Jika kamu mengunduh video beresolusi tinggi, tidak akan membutuhkan waktu lama lagi sepert sebelumnya.

  1. Selamat Tinggal Delay

Di telnologi 5G, waktu delay hanya sekitar 4 hingga 5 milidetik saja. Bahkan, bisa dikurangi hingga 1 milidetik! Artinya, 10 kali lebih cepat dari 4G. Ini memungkinkan kita menonton video beresolusi tinggi tanpa interupsi.

Karena keuntungan ini, bukan hanya bidang teknologi informasi saja yang akan terbantu. Bidang lain seperti farmasi dan pembangunan juga akan terbantu.

  1. Koneksi Lebih Baik

5G menggunakan spektrum jaringan lebih luas. Ini membuatnya bisa digunakan lebih banyak perangkat. Lebih tepatnya, kapasitasnya lebih besar hingga 100 kali. Ini memungkinkan lebih banyak orang berkomunikasi satu sama lain secara bersamaan.

  1. Rencana Hemat Energi

Jaringan 5G bertujuan mengurangi konsumsi energi sebanyak 10% dibandingkan dengan 4G. Protokol terbaru 5G adalah untuk mengurangi konsumsi power dengan cara mengurangi trafik data. Selain itu, fitur sleep mode akan lebih ditingkatkan. Inilah yang akan membuat jaringan 5G lebih hemat energi.

  1. Proses Bisnis yang Efisien

Dengan kecepatan transmisi yang lebih baik, koneksi lebih luas, dan waktu delay yang ditekan, maka akan sangat menguntungkan para pelaku bisnis. 5G diharapkan dapat mendukung hingga 1 juta perangkat per 1 km2. Ini tentunya akan sngat berguna bagi pelaku bisnis dalam mengatur perangkat yang mereka gunakan.

Kecepatan data yang lebih tinggi dari teknologi 5G juga akan menjadi revolusioner. Ini akan membantu para pekerja remote dalam menyelesaikan pekerjaan mereka.

Kekurangan 5G

Dengan kelima kelebihan telnologi 5G yang super canggih, rasanya tidak ada celah untuk kekurangan. Namun memang teknologi ini belum sempurna. Masih ada kekurangan yang dimiliki 5G. Berikut ini 5 kekurangannya:

  1. Biaya Pengembangan 5G

Memperkenalkan sesuatu yang sama sekali baru ke seluruh dunia sudah pasti membutuhkan biaya. Mengganti infrastruktur yang sudah ada dengan infrastruktur yang kompatibel dengan 5G juga membutuhkan biaya. Kedua hal ini saja sudah membutuhkan bank biaya dan waktu.

Bukan hanya itu. Dalam pengembangan 5G juga diperlukan sumber daya manusia berkualitas yang berbakat dan lebih banyak. Mau tak mau, ini pun membutuhkan biaya yang besar.

  1. Kurangnya Informasi

Saat ini, teknologi 5G masih dalam fase pengembangan. Masih banyak hal yang harus dikerjakan dan dibangun. Seperti halnya mengukir marmer menjadi patung yang indah, teknologi 5G masih membutuhkan bantuan tangan ahli. Hingga akhirnya terbentuk rençna yang benar-benar sempurna. Hingga saat ini, pembangunan infrastrukturnya belum sesuai dengan yang diharapkan banyak orang.

  1. Jangkauan yang Terbatas

Bandwidth yang digunakan di teknologi 5G meningkat, karena itu wilayah yang bisa dijangkau pun berkurang. Perangkat yang menggunakan teknologi 5G jangkauannya tidak bisa seluas 4G. Tentu akan berpengaruh pada area yang bisa dijamgkau oleh menara 5G nantinya.

Gelombang milimeter yang digunakan 5G punya tenaga tembus yang rendah. Tidak bisa melewati gedung, pohon, dinding dan penghalang lainnya tanpa gangguan sama sekali.

  1. Frekuensi Radio Terlalu Penuh

Spektrum radio sudah penuh dengan kehadiran 3G dan 4G yang merupakan pendahulu 5G. Ditambah dengan kehadiran 5G nantinya, tentu akan semakin penuh lagi. Tambahan jangkauan frekuensi jaringan 5G sebesar 6 GHz, yang sudah penuh dengan sinyal-sinyal lainnya. Padatnya frekuensi radio ini tentu bisa menimbulkan masalah baru.

  1. Masalah Privacy dan Keamanan

Beberapa riset yang dilakukan oleh University of Lorraine dan University of Dundee menyimpulkan bahwa teknologi 5G akan memiliki masalah dari segi keamanan. Hal ini terutama karena fitur yang memudahkan transfer data berkualitas tinggi. Bisa memudahkan penyerang untuk hadir ke dalam sistem.

Masalah privacy dan keamanan di internet ini memang menjadi masalah penting di dunia yang mulai sangat bergantung pada jaringan internet.

Dengan kelima keuntungan dan kerugian 5G di atas, memang jelas bahwa teknologi ini masih dalam perkembangan. Masih dibutuhkan waktu untuk mendapat solusi dari beberapa kekurangannya. Masih butuh peningkatan di sana-sini untuk formula yang lebih baik bagi kehidupan masyarakat dunia ke depan.

Namun tentunya ke depan kekurangan-kekurangan ini akan bisa teratasi. Terutama dengan bantuan para ahli di bidang teknologi informasi. Kalau bisa meningkatkan kualitas hidup manusia, pastinya banyak yang akan mendukung, bukan?

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang untung rugi teknologi 5G, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Apa Itu BCA QRKU?
Untung Rugi Bisnis Barbershop
Contoh Crowdfunding: Pesawat R80 Rancangan Habibie
15 Franchise Paling Untung di Dunia
Apa Untungnya Jadi Nasabah Prioritas Bank?
Apa Itu Tanah Jarang (Rare Earth)?
Apa Itu SIKePO OJK?
Untung & Rugi Mengurangi Jam Kerja
Macam Usaha Kuliner yang Menguntungkan dan Modal Kecil
Siasat Penerbangan Berbiaya Rendah (Low Cost Carrier) agar Tetap Meraup Untung


Bagikan Ke Teman Anda