Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

10 Perbedaan Manager Vs Leader

Kedua istilah manager dan leader biasa digunakan dalam dunia kerja. Seorang manager dan leader yang baik bisa menginspirasi orang-orang di sekitarnya. Kemampuan ini bisa merupakan bakat alami tapi bisa juga diasah.

Sama-sama berasal dari Bahasa Inggris, sepertinya baik manager maupun leader memiliki arti yang sama. Seseorang terkadang juga mengemban posisi sebagai manager dan leader dalam waktu yang sama. Namun ternyata ada beberapa hal yang membedakan manager yang baik dan pemimpin yang hebat. Ini dia beberapa faktor yang membedakan keduanya.

  1. Cara Memandang Ide

Seorang leader atau pemimpin yang baik biasanya memiliki segudang ide dalam kepalanya. Ia kemudian akan menjual ide ini kepada calon investor, klien, bahkan kepada karyawannya. Seorang leader akan berkata “Saya punya ide menarik seperti A, B, dan C. Saya tahu ini akan berhasil kalau kamu juga menjadi bagian dari rencana ini.”

Sementara itu, seorang manajer memberi tahu karyawan apa yang harus dilakukan dari ide-idenya. Berbeda dengan leader, seorang manager akan berkata “Ini adalah hal-hal yang harus kamu lakukan, dan ini adalah cara kamu menyelesaikannya.” Bahkan dari mengembangkan ide pun, sudah berbeda ya antara leader dan manager.

  1. Dalam Perencanaan

Seorang leader menentukan arah rencana kerja atau rencana perusahaan. Ia akan berkata “Mari semua kumpul. Saya punya berita menarik yang kalian pasti mau dengar!”

Sementara itu, seorang manager merencanakan setiap detail. Misalnya untuk meeting, seorang manajer akan berkata “Saya akan kirimkan pesan pada seluruh anggota tim dan menentukan waktu untuk bertemu.”

  1. Menghadapi Risiko

Setiap usaha pasti akan menghadapi risiko, baik kecil maupun besar. Ternyata dalam menghadapi risiko pun, seorang leader dan manager punya cara yang berbeda. Seorang leader cenderung suka mengambil risiko. Dia akan berkata “Sepertinya pekerjaan ini bakal makan waktu cukup lama. Tapi percayalah, hasilnya pasti sepadan dengan kerja keras kita.”

Sementara itu, seorang manager lebih suka meminimalisasi risiko. Manager suka bekerja dengan cepat karena waktu adalah uang. Semakin cepat pekerjaan bisa diselesaikan, maka semakin baik.

  1. Cara Menyampaikan Perintah Karyawan

Pada dasarnya, karyawan memang harus mengikuti apa yang diminta atasan. Tapi ternyata dalam hal ini, leader dan manager melakukan pendekatan yang berbeda. Seorang leader akan memberi semangat karyawannya dan berkata “Kalau kamu punya cara yang lebih baik dari cara saya, silakan ajukan ide kamu. Saya selalu terbuka.”

Sedangkan seorang manager pada umumnya cenderung memerintah karyawan dan kurang terbuka pada ide baru. Bukan hal baru kalau manager berkata “Kalau kamu tidak tahu apa job desc yang harus kamu lakukan, penjelasannya tertempel di dinding.”

  1. Posisi Sebagai Pemimpin

Baik leader dan manager sama-sama memimpin 1 orang atau lebih di bawahnya. Tetapi ternyata posisi ini pun bisa didapat dari cara yang berbeda. Seorang leader cenderung memimpin karena pengaruh yang ia berikan kepada bawahan atau perusahaan secara keseluruhan. Sedangkan seorang manager memimpin karena ia ditunjuk untuk berada di posisi tersebut.

  1. Cara Memimpin

Seorang leader cenderung ingin melatih karyawannya. Mereka tidak ragu untuk mengajarkan ilmu yang mereka tahu kepada karyawan. Dengan begitu, seorang leader bisa mengajarkan karyawan bagaimana cara menjadi pemimpin yang baik.

Beda halnya dengan manager. Seorang manager cenderung untuk menyetir karyawannya. Hal yang diajarkan adalah seputar cara menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan diharapkan cepat saja. Tapi tidak membentuk karyawan untuk menjadi pemimpin di masa depan.

  1. Yang Diharapkan dari Karyawan

Seorang leader yang baik menginginkan karyawannya berkembang, bahkan menjadi lebih baik dari dirinya sendiri. Seorang leader akan bangga jika karyawannya nantinya juga menjadi pemimpin yang baik.

Sementara seorang manager biasanya menginginkan penghargaan dari karyawannya. Maksudnya adalah ia ingin dihargai oleh karyawan. Jadi keinginan manager lebih kepada dirinya sendiri, bukan untuk orang lain, dalam hal ini karyawannya.

  1. Perbedaan Sudut Pandang

Dalam membangun usaha, seorang leader yang baik akan melihat dari sudut pandang “kami”. Ia ingin maju secara bersama-sama sebagai sebuah kesatuan, bukan hanya dirinya saja yang berhasil.

Sementara sudut pandang seorang manajer dalam memimpin cenderung adalah “saya”. Manager lebih fokus kepada kepentingannya sendiri, bagaimana ia bisa lebih sukses, bagaimana posisinya bisa naik, dan lain sebagainya.

  1. Mengatur Waktu

Bagi seorang leader, setiap orang punya waktunya sendiri. Setiap orang bisa punya rutinitas yang berbeda-beda sebagai jalan menuju sukses. Karena itu, seorang leader akan merasa senang melihat karyawannya bisa mengambil hal positif darinya, kemudian mengaplikasikan hal positif tersebut sesuai dengan individu masing-masing. Ia justru akan merasa terganggu kalau karyawan mengikuti rutinitasnya hingga sama persis.

Sementara itu, seorang manajer biasanya justru mengatur waktu karyawan mengikuti timeline manager. Kegiatan sehari-hari harus sesuai dengan jadwal yang ia buat. Berbeda dengan leader, jika ada karyawan yang rutinitasnya berbeda dari yang telah ia atur, maka manager justru akan merasa terganggu.

  1. Visioner vs Menjaga

Seorang leader biasanya adalah pribadi yang visioner. Ia mampu berpikiran dan memiliki ide yang jauh ke depan. ia membangun visi dan misi tidak hanya untuk dirinya sendiri, tapi juga timnya secara keseluruhan. Gol yang ia buat adalah untuk keberhasilan bersama, bukan keberhasilan yang ia nikmati sendiri.

Sementara seorang manager memang bertugas untuk menjaga praktik terbaik yang sudah dikembangkan leader. Jadi seorang manager yang baik memang tugasnya adalah membantu leader mencapai visinya.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 10 perbedaan manager vs leader, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Perbedaan Sertifikat Bank Indonesia (SBI) vs Surat Utang Negara (SUN)
Perbedaan Kapitalisme vs Sosialisme
Apa Perbedaan Sukuk Bank Indonesia Vs Sukuk Ritel?
Perbedaan Antara Asuransi Term Life Dengan Whole Life
Apa Perbedaan Perusahaan Asuransi VS Dana Pensiun
Perbedaan KlikBCA Individual Vs KlikBCA Bisnis
Perbedaan Uang vs Mata Uang
Perbedaan Kebiasaan Orang Kaya vs Orang Biasa
Perbedaan EBIT vs EBITDA
Apa Perbedaan Sukuk Ritel Vs Saving Bond Ritel?


Bagikan Ke Teman Anda