Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa Alasan Baik Mengambil Kredit Tanpa Agunan (KTA)?

Ketika sedang membutuhkan dana pinjaman untuk kebutuhan mendasar seperti biaya pendidikan, renovasi rumah, biaya pengobatan, pernikahan, liburan dan lain sebagainya, maka kredit tanpa agunan bisa menjadi bahan pertimbangan untuk dilakukan.

Seperti namanya, untuk mengajukan kredit ini tidak butuh jaminan atau agunan pada bank dan inilah yang menjadi alasan kenapa calon debitur lebih menyukai kredit tanpa agunan tersebut. Akan tetapi untuk mengajukan kredit tanpa agunan ini, nasabah diharuskan memiliki kartu kredit dengan status kepemilikan setidaknya selama satu tahun.

Meski begitu, nasabah sebaiknya tidak bergantung pada kredit tanpa agunan saat setiap kali membutuhkan uang. Untuk itulah, anda harus mengetahui kapan waktu yang paling tepat untuk mengajukan KTA seperti ulasan yang kami berikan berikut ini.

1. Ingin Pergi Berlibur

Gaya hidup masyarakat sekarang ini yang sangat sibuk dianggap alasan terbesar dari masalah kesehatan dan liburan bisa dijadikan solusi terbaik untuk mengatasi masalah tersebut. Namun seperti yang kita ketahui, biaya liburan juga tidak murah dan kebanyakan orang tidak bisa memenuhi kebutuhan liburan lewat penghasilan rutin yang diperoleh dan kredit tanpa agunan ini bisa digunakan dan alasan ini juga biasanya tidak akan ditolak oleh pihak bank asalkan anda memiliki dokumen yang relevan berhubungan dengan perjalanan tersebut.

2. Melakukan Konsolidasi Hutang

Bagi anda yang memiliki beberapa jenis hutang berbeda beda, maka tentunya akan sangat merepotkan ketika tanggal jatuh tempo. Ditambah lagi dengan banyak biaya serta bunga yang juga cukup besar sehingga membebani keuangan. Untuk mengatasi masalah ini, maka kredit tanpa agunan bisa diajukan untuk melunasi segala hutang tersebut.

Kredit tanpa agunan ini tentunya lebih mudah sekaligus lebih hemat khususnya jika bunga hutang anda yang lain juga lebih besar dibandingkan bunga kredit tanpa agunan. Konsolidasi hutang tersebut bisa menghemat waktu, tenaga dan juga biaya yang harus anda tanggung dalam urusan keuangan.

3. Untuk Membeli Barang

Alasan mengambil kredit tanpa agunan selanjutnya adalah untuk membeli sebuah barang seperti kendaraan, peralatan elektronik dan lain sebagainya. Menggunakan kredit tanpa agunan ini memiliki kelebihan dibandingkan dengan kredit kendaraan bermotor di bank sebab anda tidak perlu menyetorkan uang muka meski konsekuensi bunga kredit tanpa agunan juga lebih tinggi dibandingkan kredit lainnya.

4. Menghadapi Kondisi Darurat Medis

Terkadang, hidup berjalan tidak sesuai dengan rencana dan gawat darurat medis menjadi sesuatu hal yang diinginkan namun bisa saja terjadi kapanpun. Mengingat biaya perawatan kesehatan sangat tinggi yang bahkan bisa menguras tabungan anda, maka kredit tanpa agunan ini bisa dijadikan solusi terbaik.

Meski asuransi kesehatan bisa mengatasi masalah tersebut, akan tetapi mungkin tidak bisa menutupi biaya tambahan. Kredit tanpa agunan ini biasanya digunakan sebagai pilihan terakhir karena bisa memberikan sejumlah bantuan untuk mengatasi darurat medis yang sedang dialami nasabah.

Bunga Flat

5. Ingin Meminjam Uang Dengan Suku Bunga dan Pembayaran Tetap Per Bulan

Ketika anda ingin meminjam sejumlah uang dengan suku bunga yang tetap serta pembayaran yang juga tetap di setiap bulannya, maka kredit tanpa agunan menjadi pilihan tepat untuk digunakan. Kelebihan yang ditawarkan kredit tanpa agunan ini adalah bisa memberikan jadwal pembayaran tetap dan juga suku bunga yang tetap.

Ini mengartikan jika anda bisa menyetujui pembayaran bulanan yang sudah ditetapkan sebelumnya dan tidak akan pusing dengan tagihan yang lebih besar dari biasanya.

6. Untuk Memperbaiki Rumah

Kredit tanpa agunan juga sebaiknya dilakukan untuk mengurangi utang atau untuk investasi dalam sesuatu yang bernilai lebih tinggi seperti salah satunya memperbaiki rumah. Dengan menggunakan kredit tanpa agunan untuk memperbaiki rumah, maka tentunya juga bisa meningkatkan nilai rumah anda dan saat dijual nanti, maka bisa menghasilkan lebih banyak dari penjualan dibandingkan dengan utang.

7. Meningkatkan Skor Kredit

Kredit tanpa agunan juga bisa membantu untuk meningkatkan skor kredit yang anda miliki dengan beberapa cara, seperti:

  • Mengurangi utang lebih cepat karena ketika anda mengambil pinjaman dengan bunga yang lebih rendah dari utang yang anda miliki.
  • Memberikan campuran kredit: Ketika anda memiliki banyak hutang kartu kredit dan pinjaman yang dipakai untuk membayar kembali tagihan tagihan tersebut.
  • Menurunkan rasio penggunaan kartu kredit: Ketika anda memiliki tunjangan tanpa agunan, maka ini bisa meningkatkan jumlah total kredit yang anda miliki sehingga bisa menurunkan rasio penggunaan kredit anda. Rasio tersebut adalah penghitungan berapa banyak kredit yang anda gunakan dengan batas kredit anda sehingga semakin rendah rasio maka akan semakin baik.

8. Mengalami Musibah

Proses pengajuan kredit tanpa agunan juga bisa dijadikan pinjaman ketika sedang mengalami musibah. Kredit tanpa agunan ini bisa menutupi biaya tertentu yang diakibatkan karena musibah tersebut.

9. Modal Bisnis

Mengajukan hutang untuk tujuan produktif seperti modal bisnis memang tidak salah untuk dilakukan namun harus dilakukan dengan pertimbangan serta perencanaan yang matang dari awal. Jika ternyata anda butuh dana untuk memulai atau mengembangkan bisnis, maka kredit tanpa agunan bisa dijadikan sumber modal anda. Namun, sebelum mengajukan pinjaman tersebut, sebaiknya rencanakan dan hitung kemampuan anda dalam membayar sejak awal untuk mencegah masalah keuangan pada bisnis dan kehidupan pribadi anda di waktu yang akan datang.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang alasan baik mengambil kredit tanpa agunan (KTA), semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Apa itu Kredit Sindikasi?
Siapa Itu Fitch Rating?
Apa Itu Debt Spiral?
Gaji UMR Kredit Rumah, Bisa?
5 Tips Kredit Mobil bagi Karyawan Bergaji Pas-Pasan
Bagaimana Bila KPR Macet?
Cara Nego Pelunasan Kartu Kredit
Untung Rugi Kredit Tanpa Agunan
Alasan Yang Tepat Mengajukan KTA (Kredit Tanpa Agunan)
Seputar Kredit Tanpa Agunan ANZ


Bagikan Ke Teman Anda