Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa Itu Agen Penjual Efek Reksa Dana?

Untuk menyiapkan masa depan yang baik dan tercukupi, utamanya masa pensiun, kebanyakan orang berusaha mewujudkannya dengan cara menabung. Tetapi saat ini menabung saja sepertinya tidak cukup. Karena kebutuhan hidup yang semakin meningkat, maka simpanan yang dibutuhkan setiap individu semakin bertambah.

Karena alasan itulah, maka tak jarang orang mulai melakukan investasi. Bentuk investasi sangat variatif. Salah satu yang banyak dipilih dan merupakan cara terbaru adalah dengan reksa dana. Bentuk investasi ini dijual oleh agen penjual reksa dana. Apa itu? Untuk mengetahui definisi agen penjual efek reksa dana, sebaiknya kenali dulu apa itu reksa dana dari penjelasan di bawah ini.

Memahami Apa Itu Reksa Dana

Reksa dana adalah jenis investasi yang terdiri dari kumpulan uang dari banyak investor. Dana ini dikumpulkan dalam sekuritas seperti saham, obligasi, pasar uang, dan jenis investasi lainnya. Reksa dana dioperasikan oleh pengelola uang profesional (fund manager atau manajer investasi), yang tugasnya adalah mengalokasikan aset investasi dan berusaha menghasilkan keuntungan atau imbal hasil untuk investor. Portofolio reksa dana dikelola secara terstruktur untuk mencapai tujuan investasi.

Dalam investasi reksa dana, para investor kecil atau individu tetap diberikan akses untuk mengelola secara profesional portofolio ekuitas, obligasi, dan jenis sekuritas lainnya. Oleh karena itu, setiap pemegang saham reksa dana bisa berpartisipasi secara proporsional. Baik hasilnya untung maupun rugi, pemegang saham bisa berperan aktif.

Dana pemegang saham yang terkumpul dalam reksa dana digunakan untuk membeli sekuritas lainnya. Misalnya saja saham dan obligasi. Karena itu, nilai reksa dana sangat bergantung dari kinerja sekuritas yang diputuskan investor untuk dibeli. Jadi, jika pemegang saham membeli 1 unit reksa dana, maka mereka membeli kinerja dari sebuah portofolio.

Berbeda dengan investasi saham, saat investasi reksa dana maka pemegangnya tidak diberikan hak suara. Reksa dana mewakili investasi pada banyak saham, bukan hanya satu kepemilikan seperti pada investasi saham.

Agen Penjual Efek Reksa Dana

Lalu bagaimana caranya ikut berinvestasi reksa dana? Kita harus membelinya di agen penjual efek reksa dana. Agen penjual yang dimaksud ini haruslah yang sudah ditunjuk resmi oleh pihak yang berkepentingan mengenai keuangan dan investasi di suatu negara. Contohnya, di Indonesia pihak yang berwenang adalah Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi pihak yang ditunjuk sebagai agen penjual efek reksa dana memiliki sertifikat yang terdaftar.

Karena investasi reksa dana semakin berkembang di Indonesia, maka cara penjualannya pun mengalami pergeseran. Pada awalnya, reksa dana hanya ditawarkan langsung oleh manajer investasi atau perusahaan sekuritas yang menerbitkan reksa dana. Investasi yang dipasarkan hanya milik mereka sendiri.

Seiring dengan semakin digemarinya jenis investasi reksa dana, maka penjualannya pun mengalami perkembangan. Saat ini, penjualan reksa dana dilakukan melalui bank yang bertindak sebagai agen. Produk reksa dana yang ditawarkan pun biasanya bukan hanya berasal dari satu pihak penerbitnya saja.

Melainkan merupakan kumpulan dari beberapa perusahaan manajer investasi. Biasanya reksa dana yang dijual di bank ini hanya ditawarkan kepada nasabah prioritas saja. Jumlah investasinya pun memiliki batas minimum yang tinggi.

Agen Penjual Reksa Dana Hanya Bank Saja?

Untuk mengatur penjualan investasi reksa dana, OJK menerbitkan peraturan OJK Nomor 39/POJK.04/2014 Tentang Agen Penjual Efek Reksa Dana. Dengan diterbitkannya peraturan ini, maka lebih leluasa untuk mendirikan perusahaan yang khusus menjual reksa dana, atau disebut juga dengan APERD. Ini membuat agen penjual reksa dana tidak hanya terbatas pada bank saja.

Jenis perusahaan lain juga bisa menjadi agen penjual reksa dana. Misalnya saja perusahaan pergadaian, sekuritas, perusahaan pos dan giro, pembiayaan, dana pensiun, hingga asuransi juga bisa menjadi agen penjual reksa dana. Caranya adalah dengan mengajukan izin terlebih dahulu kepada OJK. Jika disetujui, maka perusahaan tersebut akan mendapatkan sertifikat terdaftar.

Perusahaan sekuritas kini juga bisa hanya menjadi agen penjual reksa dana atau APERD saja. Jadi tidak perlu menjadi penjual saham, obligasi, atau jenis investasi yang lain. Mengikuti perkembangan teknologi, kini membeli reksa dana juga bisa dilakukan secara elektronik. Dengan cara ini, maka nasabah semakin dipermudah.

Manajer Investasi

Lalu apa itu fund manager atau manajer investasi? Manajer investasi berada di atas agen penjual reksa dana. Mereka bertanggung jawab mengelola portofolio investasi bagi para pemegang saham individu maupun kelompok. Satu perusahaan APERD bisa bekerja sama dengan beberapa manajer investasi sekaligus.

Apakah semua perusahaan manajer investasi bekerja sama dengan agen penjual reksa dana? Jawabannya adalah tidak. Hal ini tergantung kebijakan dari masing-masing manajer investasi. Ada pihak yang langsung memasarkan sendiri. Tetapi banyak juga yang menggunakan bantuan bank atau perusahaan APERD lainnya. Biasanya hal ini ditentukan berdasarkan ada atau tidaknya sumber daya.

Pilih Agen Penjual Reksa Dana yang Terpercaya

Dengan semakin mudahnya teknologi dan semakin berkembangnya investasi reksa dana, tentu menimbulkan dampak yang positif bagi masyarakat. Sebagai nasabah, masyarakat bisa jauh lebih mudah berinvestasi untuk masa depan mereka. Dengan begitu, diharapkan semakin banyak masyarakat yang bisa hidup dengan kondisi ekonomi yang lebih baik.

Tetapi ada juga dampak negatif yang harus diwaspadai. Investasi yang sedang naik daun biasanya juga menjadi ladangnya penipuan. Karena itu, nasabah harus pintar dalam memilih agen penjual reksa dana. Sangat dianjurkan memilih perusahaan yang sudah jelas kredibilitasnya. Dengan begitu, investasi nasabah bisa berjalan dengan aman dan menghasilkan.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang apa itu agen penjual efek reksa dana, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Efek Pertumbuhan Ekonomi Cina Melambat
Apa itu Reksadana Saham?
7 Tip Perencanaan Keuangan Pribadi dan Investasi
Apa itu Stock Split?
11 Hal yang Wajib Ditanyakan Sebelum Membeli Saham
Apa Itu Price Earning Growth Ratio atau Rasio PEG?
Pengaruh Inflasi Terhadap Saham
10 Tip Investasi Sederhana bagi Siapa Saja
Apa Itu Price to Sales Ratio
Ciri-ciri Investasi Skema Ponzi


Bagikan Ke Teman Anda