Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa Itu Neraca Lajur?

Laporan keuangan merupakan hal terpenting bagi sebuah perusahaan. Laporan keuangan dibuat berdasarkan periode tertentu. Laporan keuangan dibuat agar perusahaan dapat mengetahui siklus keuangan dari perusahaan itu sendiri. Neraca lajur juga digunakan untuk mengetahui kemampuan perusahaan dalam mengelola keuangannya.

Selain itu, laporan keuangan juga dapat mempermudah perusahaan untuk melakukan analisis dan evaluasi untuk pengambilan keputusan. Dan salah satu laporan keuangan yang cukup penting bagi perusahaan adalah Neraca Lajur.

Keberadaan Neraca Lajur membantu perusahaan untuk mendapatkan gambaran tentang siklus keuangan yang ada. Adanya neraca lajur akan mempermudah perusahaan untuk menyusun laporan keuangan. Untuk memahami apa itu neraca lajur, mari simak penjelasan berikut.

Pengertian Neraca Lajur

Neraca lajur adalah sebuah lembar kerja yang berisi semua data tentang akuntansi yang tujuannya adalah untuk memudahkan manajemen dalam membuat laporan keuangan.

Bagi perusahaan kecil, neraca lajur mungkin tidak terlalu dibutuhkan karena bisa langsung disesuaikan dengan neraca saldo yang sudah ada. Namun, bagi perusahaan skala besar, keberadaan neraca lajur dapat memberi kemudahan dalam merekap data keuangan baik sebelum penyesuaian maupun sesudah penyesuaian.

Neraca lajur terdiri dari 5 kolom, yang digunakan untuk nama akun debet kredit. Kolom tersebut digunakan untuk melakukan penyesuaian antara neraca saldo dan penyesuaian agar bisa masuk ke dalam lembar kerja tersebut.

Manfaat Neraca Lajur

Neraca lajur adalah sebuah lembar kerja berisi data akuntansi yang digunakan untuk memahami arus data akuntansi dalam saldo sebelum penyesuaian sampai menuju proses laporan keuangan. Lantas apa sih manfaat dari neraca lajur itu? Berikut diantaranya:

  • Sebagai referensi dalam pembuatan ayat jurnal
  • Sebagai referensi dalam memeriksa keakuratan data yang akan disajikan dalam laporan keuangan
  • Sebagai bukti bahwa pembuatan laporan keuangan sudah dilaksanakan
  • Untuk mempermudah menemukan kesalahan yang mungkin dilakukan dalam penyusunan laporan keuangan

Tujuan Neraca Lajur

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa neraca lajur sangat dibutuhkan perusahaan untuk memperkirakan kemungkinan yang mungkin terjadi agar segera dapat ditindak lanjuti. Adapun tujuan dari neraca lajur yaitu:

1. Mempermudah penyusunan laporan keuangan

Dengan neraca lajur, maka tindakan penyusunan laporan keuangan akan lebih mudah dilakukan. Hal ini dikarenakan semua nominal yang ada dalam buku besar bisa langsung terlihat tanpa harus mencarinya dalam buku besar yang memiliki jumlah kolom dan jumlah yang banyak.

2. Mampu meringkas informasi neraca saldo

Ketika hendak membuat laporan keuangan, tentu akan ada banyak data dalam neraca saldo baik itu data penyesuaian ataupun data yang digunakan lainnya. Sehingga jika ada kesalahan di sebelum melakukan laporan , maka hasil akhir laporan keuangan tentu jadi salah.

3. Meminimalisir terjadinya kesalahan

Dalam pembuatan laporan keuangan, tentu tidak bisa lepas dari yang namanya kesalahan. Terlebih jika kesalahan terdapat di awal sebelum melakukan laporan keuangan, tentu hasil akhirnya juga akan salah. Namun, jika menggunakan lembar kerja maka hal ini dapat meminimalisir kesalahan yang mungkin terjadi dalam pembuatan jurnal penyesuaian.

Fungsi Neraca Lajur

Ada beberapa fungsi dari neraca lajur, berikut diantaranya:

1. Untuk meringkas data

Perusahaan dengan skala besar tentu akan melakukan banyak transaksi setiap harinya. Dengan neraca lajur, maka perusahaan dapat menggolongkan berapa transaksi sekaligus dalam satu periode kemudian diringkas dalam setiap transaksi yang ada.

2. Sebagai bahan evaluasi

Jika pembuatan neraca dibuat rapi, tentu akan mudah bagi perusahaan untuk mendata dan mengevaluasi pencatatan yang dilakukan sebelumnya. Terkadang bagian keuangan mungkin saja melakukan kesalahan baik dalam penjumlahan maupun pada saldonya. Namun, dengan adanya neraca lajur maka hal ini dapat diminimalisir.

 Cara Membuat Neraca Lajur

Setelah mengetahui tujuan, fungsi dan manfaat dari neraca lajur, selanjutnya mari kita ketahui cara membuat neraca lajur sebagai berikut:

  • Buat format neraca yang berisi beberapa kolom
  • Isi nomor akun dan nama akunnya
  • isi kolom jurnal penyesuaian
  • Tambahkan nominal pada neraca saldo setelah penyesuaian
  • Isi kolom neraca dan laba ruginya

Itulah sekilas tentang apa itu neraca lajur, manfaat, fungsi, tujuan dan cara membuatnya.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang apa itu neraca lajur, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Apa itu Jurnal Penyesuaian? Definisi Jurnal Penyesuaian
Apa itu Return on Equity (ROE)?
Apa itu Rasio Leverage? Definisi Leverage Ratio
Apa Itu Nilai Buku
Apa itu Pasiva? Definisi Pasiva
Apa itu Price to Book Value?
Apa Itu Siklus Akuntansi?
Definisi Biaya Variabel dan Cara Menghitungnya
Contoh Depresiasi dan Rumus Perhitungannya
Apa itu Nilai Aktiva Bersih (NAB) Reksadana?


Bagikan Ke Teman Anda