Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Definisi Escrow Account

Perkembangan teknologi saat ini memungkinkan segala macam transaksi dilakukan secara online, mulai dari jual beli barang dan jasa hingga pembiayaan. Dulu, jual beli online dinilai cukup riskan, karena transaksi dilakukan tanpa tatap muka. Selain itu, proses pengiriman barang ke pembeli dan uang ke penjual tidak melibatkan pihak ketiga yang menjadi perantara kedua belah pihak yang bertransaksi. Praktik transaksi yang demikian berisiko besar terjadinya penipuan, terutama oleh penjual, di mana pembeli telah mentransfer sejumlah uang sesuai harga barang plus ongkos kirim, namun penjual tak kunjung mengirimkan barangnya kepada pembeli.

Kini kekhawatiran akan terjadinya penipuan dapat diminimalisir bahkan dihindari, karena saat ini telah tersedia escrow account. Keberadaan escrow account dinilai mampu menjadi solusi bagi para pihak yang ingin bertransaksi online dengan aman. Namun, apa itu escrow account?

Apa itu escrow account?

Escrow account dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai rekening bersama (rekber). Definisi dari istilah escrow account adalah sebuah akun yang digunakan untuk menampung dana khusus yang pengadaannya dilakukan dengan persuaratan tertentu sesuai dengan perjanjian antara penyetor dengan pihak yang berkepentingan dengan dana tersebut.

Sederhananya, escrow account dapat dipahami sebagai sebuah akun yang disediakan oleh pihak ketiga untuk menampung dan menyalurkan dana kepada para pihak yang terlibat dalam transaksi secara online. Pihak ketiga ini disebut dengan agen escrow. Keberadaan agen escrow tak hanya mengelola dana saja, tetapi juga memastikan bahwa para pihak yang terlibat dalam transaksi melaksanakan kewajiban dan mendapatkan haknya.

Contoh, dalam transaksi jual beli online, agen escrow menerima sejumlah dana yang dibayarkan oleh pembeli atas barang yang dibelinya setelah ditambah dengan ongkos kirim. Dana tersebut ditampung dalam escrow account untuk beberapa saat hingga penjual mengirimkan barangnya kepada pembeli. Jika pembeli telah menerima barang yang dibelinya dari penjual, maka agen escrow kemudian menyalurkan dana ke penjual.

Dalam pengadaan escrow account, agen escrow memanfaatkan layanan escrow yang tersedia di seluruh bank konvensional. Jadi, escrow account dalam menampung dan menyimpan dana dari para pihak yang berkepentingan tetap melibatkan peran dari lembaga keuangan bank. Escrow account saat ini tak hanya digunakan untuk transaksi jual beli barang dan jasa secara online saja, tetapi juga layanan pembiayaan peer to peer, bahkan juga properti dan saham.

Manfaat escrow account

Pada prinsipnya escrow account disediakan untuk meningkatkan keamanan dalam bertransaksi online, di mana para pihak yang terlibat dalam transaksi tidak bertatap muka langsung. Sistem layanan escrow account ini mendapat sambutan positif dari publik karena dinilai mampu menekan jumlah kasus penipuan yang banyak terjadi dalam transaksi jual beli online.

Escrow account dikelola oleh agen escrow yang berperan mengamankan aset berupa uang yang telah disetorkan oleh pihak pembeli untuk nantinya diserahkan kepada pihak penjual. Penyerahan uang dari pihak pembeli ini dapat dilakukan oleh agen escrow apabila penjual telah mengirimkan barangnya dan diterima oleh pihak pembeli. Jika tidak, maka agen escrow tidak akan menyerahkan uang kepada penjual, tetapi dikembalikan kepada pembeli.

Penggunaan escrow account pada prinsipnya menjamin keamanan bertransaksi bagi kedua belah pihak. Tak hanya itu, escrow account juga menguntungkan para pihak yang bertransaksi. Sebab, escrow account sejatinya memberikan manfaat bagi kedua belah pihak.

  • Melindungi pembeli

Dalam transaksi jual beli online, pembeli sering kali menjadi pihak yang dirugikan karena menjadi korban penipuan. Mekanisme transaksi jual beli online umumnya adalah penjual baru akan mengirimkan barang kepada pembeli, setelah pembeli melakukan pembayaran melalui transfer bank. Dari banyak kasus penipuan online yang terjadi, penjual tidak mengirimkan barang kepada pembeli meski pembeli telah melakukan pembayaran.

Dengan escrow account, hak pembeli untuk mendapatkan barang pesanannya dilindungi. Sebab, pembayaran atas barang yang dibeli tidak langsung dilakukan ke rekening penjual, tetapi ke escrow account yang disediakan oleh agen escrow. Apabila penjual tidak segera mengirimkan barang pesanan dalam jangka waktu yang ditentukan atau disepakati bersama, maka pembeli dapat menarik kembali dana yang telah dibayarkan. Dengan demikian, pembeli tidak mengalami kerugian kehilangan aset berupa uang yang telah dibayarkan.

  • Melindungi penjual

Penipuan dalam jual beli online tidak hanya memakan korban dari pihak pembeli saja, tetapi juga penjual. Dari kasus yang ada, pembeli mengaku telah melakukan pembayaran melalui transfer ke rekening bank penjual. Selanjutnya pembeli mendesak bahkan memaksa korban untuk segera mengirimkan barang yang dipesannya. Atas kelalaian penjual yang tidak mengecek rekeningnya terlebih dahulu, penjual mengirimkan barang atas permintaan pembeli tersebut.

Guna menghindari aksi penipuan online tersebut, penggunaan escrow account sangat bermanfaat bagi penjual. Penjual baru akan mengirimkan barang kepada pembeli, apabila pembeli benar-benar telah melakukan pembayaran. Hal ini tentunya dikonfirmasi oleh agen escrow yang menjadi perantara dalam transaksi jual beli tersebut. Setelah pembeli menerima barang pesanannya, penjual berhak untuk mendapatkan sejumlah pembayaran yang telah ditransfer oleh pembeli.

Meski terbilang aman dan hak-hak para pihak yang bertransaksi terlindungi, namun penggunaan escrow account ini memiliki kelemahan yakni waktu untuk mendapatkan pembayaran atas barang penjual menjadi lebih lama. Pembeli yang telah melakukan pembayaran, tak serta-merta diberikan kepada penjual. Agen escrow harus memastikan terlebih dahulu bahwa penjual telah mengirimkan barang kepada pembeli dan pembeli telah menerima barang dengan baik. Oleh sebab itu, penjual harus menunggu lebih lama untuk menarik pembayaran dari agen escrow.

Cara kerja escrow account

Bagaimana escrow account bekerja? Saat ini banyak agen escrow yang sepaket dengan e-commerce. Sebut saja Shopee, Tokopedia, Lazada, dan lainnya. Keberadaan e-commerce ini justru akan semakin memudahkan pengguna untuk bertransaksi. Namun, apabila toko tujuan berbelanja merupakan toko online yang menjual barang secara independen melalui website tersendiri, maka pembeli bisa membuat kesepakatan dengan penjual untuk menggunakan layanan escrow account dalam pembayarannya. Adapun cara kerja dari escrow account adalah sebagai berikut.

  • Pertama-tama para pihak yang ingin bertransaksi bersepakat untuk menggunakan layanan escrow account agar keamanan transaksi terjamin. Pastikan bahwa masing-masing pihak baik penjual maupun pembeli memahami cara kerja dari escrow account
  • Setelah memilih barang yang akan dibeli, pembeli kemudian memilih metode pembayaran. Umumnya, agen escrow menyediakan beberapa metode pembayaran yang bisa dipilih pembeli.
  • Selanjutnya pembeli membayar sejumlah uang sesuai dengan harga barang dan ongkos kirim ke alamat tujuan melalui rekening atau akun yang diberikan oleh agen escrow.
  • Agen escrow menampung dan menyimpan uang yang telah dibayarkan oleh pembeli untuk sementara waktu.
  • Berikutnya agen escrow menginformasikan kepada pihak penjual bahwa pembeli telah melakukan pembayaran dan meminta penjual untuk segera melakukan pengiriman barang.
  • Informasi dari agen escrow tersebut kemudian ditindaklanjuti oleh penjual dengan mengirimkan barang yang dipesan pembeli ke alamat tujuan yang telah diinformasikan sebelumnya.
  • Penjual kemudian melakukan konfirmasi kepada agen escrow bahwa barang telah dikirimkan kepada pembeli sekaligus menginformasikan nomor resi pengiriman.
  • Agen escrow memberitahukan nomor resi pengiriman barang kepada pembeli agar pembeli dapat melakukan tracking atas barang yang dibelinya.
  • Setelah barang sampai ke alamat tujuan, pembeli mengonfirmasi agen escrow bahwa barang sudah diterima.
  • Terakhir, agen escrow mengirimkan dana atau uang hasil penjualan barang ke rekening penjual.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang definisi escrow account, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



9 Hal yang Harus Dimiliki Founder Startup Berbasis Teknologi
Definisi Sensitivity Analysis
Definisi Debt to Income Ratio?
Mengenal Sejarah Mobil Listrik
Apa itu Dana Hibah? Definisi Dana Hibah
Apa itu Revolusi Industri 4.0?
Definisi Balance Transfer
Apa itu Penetration Pricing? Definisi Strategi Penetapan Harga Penetration
Definisi Dividen
Bahaya Dari Deepfake


Bagikan Ke Teman Anda