Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Keuntungan Dan Kerugian Sewa Atau Beli Peralatan Untuk Kantor

Dalam dunia bisnis, sistem beli aset merupakan salah satu tradisi yang kerap dilakukan oleh para pengusaha besar. Sistem beli semacam ini memang diyakini mampu menunjang produktivitas dari suatu perusahaan yang tengah berkembang. Namun perlu kamu ketahui, sistem beli aset seperti ini tidak selamanya jadi pilihan yang terbaik.

Di zaman revolusi industri 4.0 seperti saat ini, ada banyak pengusaha baru yang mulai bermunculan. Tentu saja, hal ini berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi Indonesia. Para pengusaha, terutama skala UMKM merupakan salah satu dari sekian banyak jenis usaha yang muncul.

Umumnya, pengusaha UMKM memiliki dana terbatas sehingga untuk membeli aset perusahaan harus berhutang kepada pihak bank yang memakan waktu lama dengan persyaratan rumit. Oleh sebab itu, tak sedikit pengusaha yang kemudian memilih untuk menyewa peralatan kantor daripada membelinya.

Sewa Peralatan Kantor Bisa Jadi Pilihan Terbaik

Apabila kamu sedang ingin membangun suatu perusahaan baru atau sedang dalam tahap usaha yang ingin berkembang, menyewa beberapa peralatan atau aset akan jadi pilihan yang sangat menguntungkan.

Pasalnya, kamu tidak perlu menyediakan dana terlalu besar untuk membeli peralatan yang dibutuhkan untuk operasional perusahaan tersebut. Misalnya, kamu membutuhkan ruko, tapi modal yang dimiliki sangat terbatas untuk membeli sebuah ruko sebagai tempat usaha.

Selain membutuhkan dana yang terlampau besar, membeli ruko untuk usaha juga memerlukan pertimbangan yang matang. Ruko tersebut sudah pasti harus berada di lokasi yang strategis dengan peluang usaha yang menjanjikan.

Kelebihan Menyewa Peralatan Kantor:

  1. Menghemat pengeluaran perusahaan

Dengan menyewa peralatan kantor, kamu tidak perlu lagi pusing memikirkan soal biaya yang harus dikeluarkan di muka. Cara ini juga bisa dijadikan solusi terbaik apabila modal usaha yang kamu miliki terbatas dan menghindari risiko hutang.

  1. Pengurangan atas biaya pajak

Ketika kamu memutuskan untuk menyewa peralatan kantor, maka pembayaran yang dilakukan akan dianggap sebagai pengeluaran bisnis, bukan sebagai hutang jangka panjang yang biasanya dibebankan sejumlah pajak.

  1. Memudahkan pembuatan anggaran di masa depan

Menyewa peralatan untuk kantor dalam periode waktu tertentu bisa membantu kamu dalam membuat anggaran perusahaan di masa depan. Dengan begitu, pengeluaran ataupun arus kas perusahaan sudah bisa diprediksi sejak jauh hari.

  1. Tidak perlu mengkhawatirkan soal biaya perawatan

Saat menyewa peralatan untuk kantor, kamu tidak perlu pusing lagi memikirkan soal biaya perawatannya. Umumnya, biaya semacam ini tetap dibebankan kepada lessor. Bahkan, mereka pula yang akan menanggung risiko jika peralatan tersebut mengalami kerusakan.

Apabila kamu perlu meningkatkan atau mengganti peralatan tersebut, maka kamu cukup melakukan sedikit penyesuaian pada sistem pembayaran reguler yang selama ini telah disepakati. Tentu saja hal ini jauh lebih menguntungkan daripada harus menginvestasikan uang dengan nominal cukup besar di awal.

Kekurangan Menyewa Peralatan untuk Kantor

Di balik kelebihan tentu saja ada kekurangan. Berikut ini beberapa kekurangan menyewa peralatan untuk kantor yang juga perlu kamu ketahui, di antaranya:

  1. Biaya yang dikeluarkan lebih mahal

Meskipun tidak perlu mengeluarkan biaya cukup besar di awal, tapi menyewa peralatan kantor seperti ini bisa jadi lebih mahal daripada kamu membelinya secara langsung. Dalam beberapa kasus, kamu juga harus memberikan sejumlah deposit sesuai kesepakatan bersama.

  1. Perjanjian sewa yang terkadang lebih rumit

Perjanjian atau kontrak sewa semacam ini terkadang bisa jadi lebih rumit untuk dikelola daripada membeli langsung peralatan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Bahkan, tak sedikit orang yang menganggap, menyewa peralatan untuk kantor semacam ini justru menambah pengeluaran administrasi.

  1. Barang yang disewa bukan termasuk aset perusahaan

Ketika kamu memutuskan untuk menyewa peralatan kantor, maka sudah pasti kamu tidak bisa memilikinya secara pribadi sehingga tidak bisa dikatakan sebagai aset perusahaan. Namun, ada kemungkinan pihak lessor mengizinkan kamu untuk membelinya di akhir perjanjian.

Kelebihan Jika Memilih Beli Peralatan untuk Kantor

Dengan membeli peralatan kantor, maka bisa diartikan jika kamu telah menambah kepemilikan aset dalam laporan keuangan perusahaan. Artinya, kamu bebas menggunakan aset tersebut tanpa ada batasan suatu perjanjian yang mengikat.

Contoh sederhananya, apabila kamu membeli ruko, maka kamu bebas mengganti tata ruang atas ruko tersebut sesuai kebutuhan perusahaan. Bahkan, kamu bebas melakukan renovasi tanpa harus meminta izin dari pemilik ruko sebelumnya. Di samping itu, kamu juga tidak perlu repot mengurus segala persyaratan yang tertulis di dalam kontrak perjanjian sewa menyewa.

Ketika kamu memilih untuk membeli peralatan atau aset kantor semacam ini, maka kamu telah memberikan rasa aman kepada pelanggan atau calon investor. Sebab, aset tersebut adalah milik perusahaan yang secara tidak langsung akan menjadi jaminan di kemudian hari jika perusahaan tersebut mengalami pailit.

Ada beberapa keuntungan membeli peralatan kantor secara langsung, di antaranya:

  1. Aset dimiliki sepenuhnya oleh perusahaan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, membeli peralatan kantor berarti menjadikan barang-barang tersebut sebagai aset berharga perusahaan. Kamu bebas menggunakannya untuk keperluan apapun yang mengatasnamakan perusahaan, kecuali kamu telah menggunakannya sebagai jaminan pinjaman kepada pihak perbankan.

  1. Biaya yang dikeluarkan lebih murah

Bisa dipastikan, membeli barang secara langsung jauh lebih murah daripada harus membayar sewa sesuai perjanjian atau kontrak yang telah disepakati antara lessor dan lessee.

Kekurangan Membeli Peralatan untuk Kantor

Namun ternyata, ada beberapa potensi kerugian yang harus kamu hadapi ketika membeli peralatan secara langsung, antara lain:

  1. Biaya awal yang lebih besar

Seperti membeli barang pada umumnya, kamu harus mengeluarkan sejumlah uang untuk membeli peralatan kantor tersebut di awal. Bisa jadi, jumlahnya cukup besar sehingga akan memengaruhi arus kas perusahaanmu. Bahkan, tak sedikit perusahaan yang terpaksa melakukan pinjaman untuk mendanai pembelian peralatan tersebut supaya kegiatan operasional bisa tetap berjalan.

  1. Berisiko melakukan pembelian peralatan yang tidak perlu

Apabila kamu tidak memiliki pengetahuan atau pengalaman atas suatu produk dengan baik, kemungkinan besar kamu bisa membuat pilihan yang tidak bijaksana. Bahkan, bisa saja kamu akhirnya membeli peralatan yang sebenarnya tidak dibutuhkan sehingga pengeluaran perusahaan membengkak dan terbuang sia-sia.

  1. Pemeliharaan dan perbaikan jadi tanggung jawab perusahaan

Membeli peralatan untuk kantor semacam ini juga berarti bahwa kamu akan menanggung seluruh biaya pemeliharaan dan perbaikannya. Begitu juga saat peralatan tersebut mengalami kerusakan sehingga harus diganti dengan yang baru.

  1. Aset mengalami penurunan nilai

Setiap aset yang kamu beli pasti akan mengalami depresiasi nilai seiring berjalannya waktu. Bahkan, nilainya bisa lebih rendah dari yang kamu bayarkan ketika membelinya.

Demikian kelebihan kekurangan sewa dan beli peralatan untuk kantor. Pada dasarnya, menjalani setiap usaha sudah pasti membutuhkan kecermatan dalam menggunakan modal yang dimiliki demi efisiensi pengelolaan keuangan.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang keuntungan dan kerugian sewa atau beli peralatan untuk kantor, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Untung Rugi Jual Beli Mobil Lewat Dealer
Keuntungan dan Kerugian Knowledge Management
Di Mana Kita Bisa Beli E-money?
Keuntungan Usaha Laundry
Keuntungan dan Kerugian Kloning Manusia
Tips Sukses Bermain Politik Kantor
Untung Rugi Beli Mobil di Lelang
Kerugian Membeli Apartemen, Jangan Tergoda Prestis Semata
Cara Menghasilkan Keuntungan Bisnis Di Masa Resesi
Cara Bank Memperoleh Keuntungan


Bagikan Ke Teman Anda