Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Mengenal Apa Itu Kartu Kredit Kripto dan Cara Kerjanya

Semua orang tahu apa itu kartu kredit. Kartu kredit adalah kartu sakti yang bisa sangat bermanfaat dan nyaman digunakan untuk berbelanja. Tanpa perlu membawa uang tunai, kamu bisa berbelanja apa saja. Selama kamu menggunakan kartu sesuai dengan limitnya, tidak akan ada bunga yang perlu kamu tanggung. Tapi bagaimana dengan kartu kredit kripto. Tahukah kamu apa itu?

Cryptocurrency akhir-akhir ini menjadi asalah satu aset yang sangat berharga. Perkembanganya dalam beberapa tahun juga sangat pesat dengan nilai yang terus meningkat. Menurut CoinMarketCap, nilai semua mata uang kripto yang tersedia sudah lebih dari $2 triliun. Tentu saja ada terus meningkat seiring berjalanya waktu. Apalagi ada begitu banyak mata uang kripto terbaru yang bermunculan.

Industri dalam dunia kripto juga ikut meningkat. Yang terbaru ada yang namanya kartu kredit kripto. Apa itu?

Apa itu Kartu Kredit Kripto?

Kartu kredit kripto adalah kartu kredit yang memungkinkan kamu berbelanja dengan mata uang kripto serta mendapatkan hadiah juga berupa mata uang kripto. Ini tentu sama seperti kartu kredit pada umumnya, tapi yang kamu gunakan dan dapatkan adalah mata uang kripto.

Kehadiran kartu kredit ini tak lepas dari perkembangan mata uang digital yang semakin populer akhir-akhir ini. Yang paling terkenal adalah Bitcoin, yang diluncurkan pada tahun 2009, tetapi ada lebih dari 4.000 mata uang kripto yang berbeda di luar sana. Mata uang digital ini dapat dibelanjakan, sama seperti dolar AS, selain itu juga dapat digunakan sebagai investasi.

Bahkan tak hanya kartu kredit kripto, di luar sana juga ada kartu debit kripto. Jika kamu tertarik untuk memiliki kartu debit atau kartu kredit kripto yang perlu kamu ingat bahwa kartu crypto berfungsi sebagai kartu kredit biasa, jadi kamu harus melunasi setiap bulan, membayar bunga atau biaya keterlambatan. Uniknya, selain kamu bisa melunasi tagihan atau biaya lainya dalam mata uang biasa, kartu juga memungkinkan kamu melunasinya dengan mata uang kripto.

Perlu diingat juga bahwa kartu kredit kripto mempengaruhi nilai skor kredit kamu dengan cara yang sama seperti kartu pada umumnya. Mungkin saja ada biaya yang dikenakan pada kartu seperti biaya tahunan atau biaya transaksi. Jadi pastikan memeriksa syarat dan ketentuan sebelum kamu memutuskan menggunakan kartu ini.

Cara Kerja Kartu Kredit Cripto

Kartu kredit kripto bekerja dengan cara yang mirip dengan kartu kredit biasa. Saat kamu menggesek kartu dan melakukan pembelian, kamu akan mendapatkan hadiah. Hadiah ini diberikan dalam bentuk mata uang kripto. Inilah yang membuat perbedaan antara kartu kredit kripto dengan kartu kredit biasanya.

Karena ini, mana yang lebih baik antara kartu kredit kripto dengan kartu kredit biasa sangat tergantung dengan kebutuhan dan kebiasaan kamu. Jika kamu adalah seseorang yang sering melakukan perjalanan, maka kartu yang memberikan hadiah berupa poin penerbangan dan hotel adalah pilihan yang bagus. Tetapi jika kamu adalah penggemar kripto, maka kartu kredit kripto adalah pilihan tepat.

Beda Kartu Kredit Kripto dengan Kartu Debit Kripto

Seperti dijelaskan sebelumnya, selain kartu kredit kripto ada pula kartu debit kripto. Keduanya sebenarnya bekerja dengan cara yang serupa. Bedanya, saat kamu menggunakan kartu debit kripto, maka dana akan diambil dari akun kamu. Karena itu, jika kamu menggunakan kartu debit kripto, maka kamu harus memiliki kripto yang tersedia di akun sebelum melakukan pembelian.

Sebaliknya, jika kamu menggunakan kartu kredit kripto maka tidak perlu ada saldo dalam akun kamu. Kamu akan meminjam kripto dari penerbit kartu kredit yang kamu gunakan. Tentu saja kamu harus membayar di kemudian apa yang sudah kamu gunakan beserta imbalanya.

Haruskah Memiliki Kartu Kredit Kripto?

Ada cukup banyak kartu kredit crypto tersedia saat ini. Jika kamu ingin mendapatkan hadiah crypto untuk pembelian sehari-hari, kamu bisa memiliki salah satunya. Tetapi jika kamu tidak tertarik dengan mata uang kripto, maka tidak ada alasan untuk memilikinya. Lebih baik menggunakan kartu kredit biasa saja.

Tetapi sebelum kamu memiliki kartu kredit kripto, pastikan kamu melakukan beberapa pertimbangan terlebih dahulu. Selalu ada biaya yang perlu dibayarkan untuk memiliki kartu kredit ini. Berikut beberapa pertanyaan dan pertimbanganya yang perlu kamu tanyakan pada diri sendiri:

  • Berapa tingkat imbalan yang akan diberikan?
  • Apakah ada biaya tahunan?
  • Apakah ada biaya lain?
  • Apakah ada manfaat atau fasilitas lain yang disertakan dengan kartu?
  • Bisakah kamu mendapatkan nilai tambah yang lebih baik dengan kartu lain?

Ingat bahwa di luar sana ada banyak kartu kredit. Tidak hanya kartu kredit kripto saja. Kemungkinan besar, kartu kredit lain memiliki lebih banyak manfaat dan menawarkan hadiah yang lebih berharga dari dari pada kartu kredit kripto. Lagi pula kamu bisa membeli Bitcoin dengan imbalan uang yang lebih menarik dengan kartu kredit biasa.

Baru masuk akan menggunakan kartu kredit kripto jika menawarkan hadiah yang lebih baik dan biaya tahunan yang lebih rendah. Imbalan dalam bentuk mata uang kripto mungkin tampak menarik. Tetapi ingat, mata uang kripto sangat fluktuatif, selain itu perlindungan hukumnya juga masih lemah. Terlebih lagi, tidak semua transaksi menerima pembayaran dengan mata uang kripto.

Sama seperti investasi pasar saham, nilai mata uang kripto bisa naik dan turun dengan sangat cepat. Jadi cryptocurrency bukanlah cara yang bagus untuk menyimpan uang jika kamu membutuhkannya dalam jangka pendek. Meski demikian, kartu kredit kripto adalah sebuah inovasi yang cukup menarik bagi beberapa kalangan.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang kartu kredit kripto dan cara kerjanya, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Kartu Kredit: Balance Transfer, Apa Itu?
Kesalahan Umum Yang Dilakukan Selama Proses Pengajuan Pinjaman
Apa Itu Corporate Credit Card? Definisi Corporate Credit Card
Aturan 20/4/10 dalam Kredit Mobil
Nasabah KPR Sakit Parah, Terus Bagaimana?
Apa Itu Trading Crypto? Simak Tips dan Cara Melakukannya
Kartu Kredit Kadaluwarsa? Ini Dia Cara Mengatasinya
Memahami Cara Kerja Purchase Order
10 Perusahaan Penyedia Layanan “Bisa Kredit Online, Tanpa Kartu Kredit”
Apa Itu Ninja Loan?


Bagikan Ke Teman Anda