Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Pekerjaan yang Masih Bisa Bertahan Ketika Resesi

Lebih dari 8 juta pekerjaan hilang selama resesi terjadi. Meskipun tidak ada yang memperkirakan penurunan berikutnya akan terjadi separah ini, namun setiap orang harus bersiap. Sementara tidak ada pekerjaan yang sepenuhnya terlindungi dari perekonomian yang terpuruk, namun masih ada beberapa pekerjaan yang akan lebih sedikit terkena dampak negatif saat resesi melanda. Seperti pekerja medis, pegawai negeri sipil, guru, tentara, politisi dan lain sebagainya. Berikut ulasan selengkapnya mengenai pekerjaan yang tetap bisa bertahan di saat resesi ekonomi terjadi.

Guru

Punya masa liburan musim panas yang menyenangkan itu baik, namun memiliki pekerjaan yang tak terpengruh saat resesi melanda itulah yang dibutuhkan. Sementara kenaikan jumlah pekerjaan di bidang ini sudah mengimbangi rata-rata nasional, keamanan menjadi kunci dalam hal ini. Apakah bekerja sebagai guru di sekolah swasta atau negeri baik di sekolah dasar maupun sekolah menengah, masyarakat akan selalu membutuhkan pendidikan dan sekolah sebagai saranannya. Sehingga ketika terjadi resesi, penurunan di bidang pekerjaan ini tak akan terlalu berpengaruh tajam.

Dokter

dokter menjadi salah satu pekerjaan dengan pertumbuhan tercepat di tahun 2020, dengan tingkat pertumbuhan yang diproyeksikan sekitar 31%. Menawarkan pilihan pekerjaan yang cukup fleksibel. Siapaun pasti pernah merasakan sakit di keadaan apapun, jadi dokter sangat dibutuhkan.

Di kondisi adanya resesi memang berdampak signifikan pada kondisi ekonomi, namun setiap orang pasti membutuhkan kesehatan. Sehingga pekerjaan sebagai dokter menjadi salah satu bidang pekerjaan yang hampir dipastikan tidak terlalu terpengaruh dengan adanya resesi.

Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Bekerja sebagai seorang pegawai negeri sipil atau PNS memang jadi impian setiap orang. Pasalnya banyak fasilitas yang didapatkan oleh pekerja di bidang ini, salah satunya tunjangan hari tua atau pensiun. Dan hampir dipastikan tak akan terpengaruh dengan adanya resesi ekonomi, sebab para PNS tersebut bekerja pada pemerintah yang memiliki standar kerja tersendiri.

Serta tidak sembarang melakukan pengurangan pekerja hanya karena alasan resesi. Sebab, hal tersebut bisa bertentangan dengan aturan yang ada. Sehingga pekerjaan di bidang ini terbilang cukup aman dan kebat terhadap resesi yang mungkin saja sangat berpengaruh pada perekonomian.

Perawat

Sama halnya dengan dokter, pekerja di bidang medis yaitu perawat juga terbilang cukup kebal dengan adanya resesi ekonomi yang terjadi. Pasalnya pekerja di bidang ini sangat dibutuhkan kehadirannya dalam menjaga kesehatan masyarakat yang mungkin jatuh sakit saat resesi ekonomi melanda.

Tentu seseorang yang sakit butuh perawatan yang intensif bukan? Sehingga pekerjaan sebagai perawat atau di bidang medis lainnya bisa cukup aman dari gejolak resesi ekonomi yang terjadi. Karenanya tak perlu khawatir.

Polisi

Ketika terjadi resesi ekonomi pasti akan sangat berdampak pada tingkat kriminalitas yang tinggi juga, sehingga rasa aman perlu dihadirkan. Pekerjaan ini mungkin cukup beresiko karena memiliki tugas untuk menjaga keselamatan seluruh masyarakat luas. Namun demikian pekerjaan sebagai seorang polisi bisa cukup kebal dari adanya resesi ekonomi.

Pasalnya, pekerjaan ini dijamin oleh negara sehingga memiliki payung hukum yang akan melindungi pekerjanya dari kondisi resesi ekonomi. Selain itu, sebagaimana pekerjaan PNS yang menjadi tanggungan negara, pekerjaan sebagai seorang polisi juga mendapatkan tunjangan dari pekerjaannya serta jaminan hari tua. Sehingga tak perlu khawatir berlebihan.

Pekerja Logistik

Jangan pernah anggap remeh pekerjaan yang bergelut di bidang logistik. Pasalnya, bidang pekerjaan tersebut juga cukup kebal dengan resesi bahkan diprediksi mampu bertahan di saat resesi ekonomi terjadi. Salah satu penyebab mengapa pekerjaan di bidang ini tetap bisa bertahan di masa resesi yang sulit  karena adanya perubahan gaya hidup masyarakat masa kini yang lebih suka berbelanja online.

Bahkan, bisnis yang menyasar bidang logistik sekarang ini semakin meningkat sehingga membuat banyak lapangan pekerjaan baru terbuka. Sehingga ikut turut menyumbang penurunan angka pengangguran secara signifikan.

Koki

Pekerjaan yang tidak tak terpengaruh terlalu signifikan karena adanya resesi ekonomi ialah koki. Bidang pekerjaan di bidang kuliner tersebut bisa dipastikan masih sanggup bertahan ketika resesi ekonomi melanda. Hal ini terjadi karena pekerjaan tersebut berhubungan dengan kebutuhan dasar manusia yakni makanan.

Sehingga meski masalah resesi ekonomi terjadi dan membuat banyak orang kehilangan pekerjaan, pekerjaan tersebut tak akan terpengaruh secara signifikan. Bahkan jika punya kreatif, pekerjaan di bidang tersebut bisa membuka lapangan kerja baru.

Akuntan

Akuntan bekerja dengan untuk klien secara  individu dan juga organisasi besar maupun kecil untuk menyiapkan catatan keuangan dan memastikan bahwa pajak dibayar secara tepat dan tepat waktu. Jam lembur terkadang terjadi di waktu-waktu tertentu, terutama selama musim pembayaran pajak dan akhir tahun.

Namun tetap saja, ini merupakan pekerjaan yang cukup diminati karena tak terlalu terpengaruh adanya resesi. Meski terkadang ada tekanan soal tenggat waktu, sehingga hanya beberapa saja yang bisa menangani masalah tersebut. Namun soal pembayaran pekerjaan sebagai akuntan memiliki rate yang cukup memuaskan sehingga bisa membuka peluang kerja.

Auditor

Tak jauh berbeda dengan akuntan, auditor juga bekerja di bidang keuangan yang memastikan bahwa catatan keuangan akurat dan pajak dibayar dengan tepat waktu. Auditor pun juga memiliki tugas untuk menilai catatan keuangan sebuah perusahaan untuk memastikan apakah semuanya berjalan secara efisien.

Pekerjaan ini membutuhkan skill di bidang keuangan setingkat sarjana. Mengapa pekerjaan ini lebih aman saat resesi. Pasalnya audit sering kali diharuskan secara hukum untuk perusahaan mana pun yang sahamnya diperdagangkan di bursa saham. Maknanya,  audit bisa menjadi sebuah kebutuhan ekonomi yang harus dipenuhi, baik dalam kondisi resesi ataupun tidak.

Pekerja Utilitas

Mengapa pekerjaan yang satu ini lebih aman ketika terjadi resesi ekonomi? Pekerja utilitas merupakan bagian dari fondasi dasar dalam operasional untuk kebutuhan dasar masyarakat. Karenanya, pekerja utilitas sangat diperlukan. Pekerja tersebut bekerja untuk menjaga kondisi jalan agar tetap baik, listrik selalu berfungsi, pengambilan sampah secara rutin, hingga aspek-aspek mendasar lainnya.

Di balik setiap kenyamanan modern secara mendasar ada seseorang yang bekerja di belakang layar untuk mewujudkannya dan memastikan semuanya tetap berjalan lancar. Meskipun di saat ekonomi sedang buruk seperti saat resesi terjadi sekalipun.

Pekerja Farmasi

Pekerjaan selanjutnya yang masih akan tetap bisa bertahan di kala resesi terjadi ialah pekerja di bidang farmasi. Pekerjaan ini berhubungan dengan pembuatan obat-obatan, pendistribusian hingga penjualan ke konsumsen. Ketika orang sakit, tentu akan membutuhkan obat-obatan, bukan?

Karenanya meski masalah resesi ekonomi muncul ke permukaan, pekerjaan di bidang tersebut hampir bisa dipastikan tidak terlalu terpengaruh secara signifikan. Pasalnya, obat-obatan merupakan salah satu kebutuhan mendasar yang wajib terpenuhi. Karena menyangkut hajat hidup orang banyak.

Pekerjaan di sektor pertanian

Kebutuhan pokok bisa dipenuhi jika sektor pertanian tetap berjalan. Karenanya ketika resesi ekonomi terjadi, pekerjaan yang berhubungan dengan bidang pertanian masih tetap dibutuhkan. Pekerjaan tersebut, seperti buruh, petani, distributor produk pertanian hingga para ahli di bidang pertanian.

Sektor pekerjaan di bidang pertanian pun juga bisa membuka lapangan pekerjaan, pasalnya pekerjaan di bidang tersebut tidak memerlukan keahlian secara khusus. Terutama untuk pekerjaan sebagai buruh, petani maupun distributor hasil pertanian. Hanya dibutuhkan kemauan dan kecekatan dalam bekerja.

Kurir

Pekerjaan yang satu ini tentu dibutuhkan banyak orang untuk membantu mereka mengantar surat atau dokumen penting, paket atau barang apapun ke tempat lainnya. Sehingga meskipun berada di situasi resesi ekonomi yang tak menentu dan sulit, pekerjaan ini masih bisa tetap bertahan. Pasalnya kebutuhan seseorang akan jasa kurir ini tak bisa ditawar di situasi apapun.

Pekerjaan ini tak cuma bisa dikerjakan oleh individu saja tetapi juga perusahaan secara profesional. Terlebih dnegan gaya hidup masyarakat modern seperti sekarang ini yang semakin getol memanfaatkan belanja online. Sehingga membuat pekerjaan ini tetap bisa bertahan karena banyaknya permintaan.

Supir transportasi umum

Apapun yang terjadi, masyarakat pasti akan selalu membutuhkan transportasi umum untuk memudahkan perpindahan ke tempat-tempat atau kota-kota tertentu. Meskipun resesi ekonomi terjadi, pekerjaan tersebut terbukti mampu bertahan. Meski memang ada beberapa yang kehilangan pekerjaannya sebagai supir, namun untuk sopir transportasi umum biasanya tidak terlalu signifikan.

Pemadam  kebakaran

Pekerjaan ini termasuk ke dalam pekerjaan yang ditanggung oleh negara, sehingga lebih terjamin dan aman dari pengaruh resesi ekonomi. Pekerjaan ini pun juga mendapatkan berbagai tunjangan pasalnya resiko pekerjaan yang cukup tinggi sehingga peminatnya pun tidak terlalu banyak.

Pekerjaan di industri bbm dan gas

BBM dan gas merupakan kebutuhan pokon yang harus tercukupi, karenanya pekerjaan di bidang ini hampir bisa dipastikan tidak terlalu terdampak secara signiifikan dengan adanya resesi ekonomi. Pekerjaan tersebut diantaranya, pegawai tambang minyak, konsultann hingga pekerjaan di akar rumput pendistribusian produknya seperti di SPBU dan SPBE.

Pengasuh Anak

Pekerjaan selanjutnya yang masih bisa bertahan di saat resei melanda ialah pengasuh anak. Pekerjaan ini termasuk pekerjaan informal yang terbilang aman dari ppengaruh resesi. Pasalnya pekerjaan ini berhubungan langsung dengan pelayanan mendasar.

Terutama bagi orang tua pekerja yang tak mampu mengurus sendiri anak-anaknya sehingga membtuhkan bantuan orang lain untuk menjaga dan mengasuh anaknya dengan baik dan maksimal.

Pemandu Wisata

Meskipun di saat resesi ekonomi terjadi, imbasnya turut mempengaruhi sektor pariwisata. Namun pekerjaan sebagai pemandu wisata bisa dibilang cukup aman dari resesi yang terjadi. Sebab, pekerjaan ini berhubungan langsung dengan layanan, sehingga pekerjaan ini masih akan tetap kuat bertahan di tengah badai ekonomi yang terjadi.

Apoteker

Pekerjaan yang satu ini sangat berhubungan erat dengan kebutuhan masyarakat di bidang kesehatan, pasalnya ketika sedang sakit setiap orang pasti membutuhkan obat. Dibanding pergi ke tempat pelayanan kesehatan, banyak yang mmeilih pergi ke apotek untuk mendapatkan obat-obatan yag dibutuhkan.

Terapis

Terapis atau terapi pijat Terapi pijat merupakan istilah umum untuk pekerjaan yang meliputi beragam jenis dan teknik pijat yang digunakan untuk memperbaiki kondisi kesehatan serta fisik tertentu. Di tengah resesi, pekerjaan ini menjadi salah satu pekerjaan yang mampu bertahan. Pasalnya tak banyak yang memiliki keahlian ini, sehingga peluang kerjanya masih cukup terbuka lebar. Selain itu, pendapatan di bidang pekerjaan ini juga terbilang cukup menjanjikan.

Konsultan Kesehatan

Selanjutnya, konsultan kesehatan juga menjadi salah satu pekerjaan yang mampu bertahan di tengah gempuran resesi ekonomi yang membuat banyak orang kehilangan pekerjaannya. Hal ini kemungkinan terjadi karena adanya tingkat stres yang meningkat secara signifikan akibat pemutusan hubungan kerja. Sehingga memicu dampak yang buruk untuk kesetan, sehingga banyak orang perlu mendapatkan konsultasi yang tepat dengan ahlinya.

Demikian tadi beberapa pekerjaan yang akan tetap bertahan ditengah resesi ekonomi yang berdampak luas dalam kehidupan masyarakat.  Dari mulai guru, dokter, akuntan, kurir hingga konsultan kesehatan. Semuanya merupakan pekerjaan yang secara langsung berhubungan dengan kebutuhan hidup mendasar sehingga, meski dampak resesi ekonomi tetap ada namun beberapa pekerjaan tersebut masih mampu bertahan dan bahkan beberapa justru meningkat secara signifikan.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang pekerjaan yang masih bisa bertahan ketika resesi, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Bagaimana Menjadi Orang yang Rajin dan Tidak Menunda Pekerjaan?
Apa Hubungan Inflasi dan Resesi?
Apa Itu Work Life Balance?
Cara Bertahan dari Krisis Finansial
Persiapan Pribadi Menghadapi Resesi yang Akan Datang
10 Pekerjaan Paling Berbahaya Selama Pandemi Covid-19
Persiapan untuk Usaha Kecil Menghadapi Resesi Ekonomi yang akan Datang
Apa itu Resesi Ekonomi? Apa Indikatornya?
Apa Penyebab Resesi?
6 Pekerjaan Aneh dan Tidak Umum yang Bergaji Tinggi


Bagikan Ke Teman Anda