Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Sejarah Berdirinya Snapchat

Snapchat menjadi salah satu platform media sosial yang paling populer saat ini, terutama di kalangan anak muda. Konsep awal Snapchat muncul pada tahun 2011 oleh tiga mahasiswa Stanford University yaitu Evan Spiegel, Reggie Brown, dan Bobby Murphy.

Konsep dasar Snapchat adalah membagikan informasi yang tidak ingin disimpan terlalu lama dan akan menghilang dengan sendirinya. Snapchat adalah aplikasi pengiriman pesan secara one-to-one dan grup yang memungkinkan penggunanya untuk bertukar foto, video, dan teks. Di awal kemunculannya, Snapchat hanya bisa digunakan oleh pengguna gadget dengan sistem operasi iOS saja.

Saat ini, diperkirakan sekitar 150 juta orang menggunakan Snapchat setiap harinya dan setiap detiknya durasi video yang ditonton oleh semua pengguna mencapai 800 jam.

Ada banyak fitur inovatif yang ditawarkan Snapchat kepada para penggunanya. Mulai dari Stories (pesan video dan gambar yang akan menghilang dalam waktu 24 jam setelah diunggah) dan Memories (foto yang disimpan agar bisa dibagikan kemudian. Fitur-fitur ini kini telah banyak diadaptasi oleh berbagai platform media sosial lainnya.

Yuk, simak sejarah awal berdirinya Snapchat hingga berkembang sampai sekarang.

2011 – Sejarah Awal

Spiegel dan kedua rekannya, Brown dan Murphy, menciptakan Picaboo pada musim semi tahun 2011. Picaboo adalah versi awal dari Snapchat. Ketiganya ingin membuat aplikasi yang bisa mengirimkan foto, namun foto tersebut dapat menghilang nantinya. Ketika pertama kali diluncurkan di App Store iOS pada Juli 2011, aplikasi ini tidak mendapatkan sambutan yang hangat.

Ternyata ada satu masalah dalam aplikasi tersebut yang membuatnya sepi peminat. Yaitu pengguna bisa menangkap foto yang dikirimkan, sehingga membuat fungsi Picaboo menjadi kurang efektif. Kemudian, mereka menciptakan fitur yang memungkinkan si pengunggah foto mendapatkan notifikasi jika ada yang menangkap fotonya.

Baru pada bulan September 2011 Picaboo di-rebrand menjadi Snapchat dan diluncurkan ulang di App Store. Fokus utama dari aplikasi ini adalah pada invoasi teknologi yang ditemukan dalam aplikas-aplikasi sebelumnya.

2012 – Postingan Pertama Snapchat

Pada bulan Mei 2012, Spiegel membuat postingan pertama pada blog Snapchat dan menjelaskan tentang konsep utuh dari aplikasi tersebut. Da;am tulisannya, Snapchat merupakan aplikasi yang memungkinkan pengguna yang ingin membagikan momen apapun saat itu juga.

Pada bulan Oktober, Snapchat for Android diluncurkan di Google Play agar mampu menjangkau lebih banyak pengguna. Dalam tahun pertama peluncurannya, Snapchat mencatat bahwa pengguna mereka mengirimkan 20 juta snap setiap harinya, atau sekitar 25 snap per detik.

Di bulan Desember, angka tersebut meningkat menjadi 50 juta snap setiap harinya. Snapchat kemudian membagikan fitur terbaru yaitu merekam dan mengirimkan video sepanjang 10 detik. Cara merekam video pun cukup mudah, tinggal tahan tombol yang digunakan untuk mengambil foto.

2013-2014 – Fitur Stories dan Chat

Pembaruan kembali dilakukan oleh Snapchat pada bulan Oktober 2013, dimana Stories mulai diluncurkan. Ini adalah fitur dimana pengguna bisa memposting foto untuk semua teman mereka dan bisa dilihat selama 24 jam ke depan. Fitur Stories banyak dimanfaatkan oleh pengguna dan brand untuk memberikan update mengenai aktivitas terbaru mereka.

Menyusul fitur Stories yang sangat populer, Snapchat meluncurkan fitur baru pada tahun 2014. Fitur ini diberi nama Chat, diperkenalkan untuk pertama kali kepada para pengguna di bulan Mei. Chat adalah fitur perpesanan yang masih menggunakan format yang sama seperti Stories dan snap, yaitu menghilang dalam waktu 24 jam.

Fitur tambahan lain yang sangat menarik bagi pengguna adalah mereka bisa melakukan live video chat dengan teman yang kebetulan sama-sama sedang online. Berikutnya, ada fitur Our Story yang diluncurkan pada bulan Juni. Fitur ini memungkinkan pengguna Snapchat di seluruh dunia untuk memposting foto dan video secara public.

Tidak berhenti sampai di situ, di bulan Juli Snapchat meluncurkan Geofilters, memungkinkan pengguna untuk mengkustomisasi snap mereka dengan filter dan hiasan lain sesuai dengan lokasi mereka mengambil snap tersebut.

Pengiklanan melalui Snapchat dimulai pada Oktober 2014. Iklan mulai bermunculan di menu “Recent Updates”, bersama dengan update terbaru dari teman-teman pengguna. Iklan ini bisa dilewatkan saja dan akan menghilang dalam waktu 24 jam.

Fitur Snapcash diperkenalkan pada bulan November, dimana pengguna bisa mengirim dan menerima uang secara langsung dari Snapchat ke rekening mereka. Langkah monetisasi Snapchat selanjutnya dilakukan di bulan Desember melalui Community Geofilters dimana brand bisa membeli filter untuk bisnis atau acara yang mereka sponsori.

2015 – Fitur Discover dan Lenses

Bulan Januari 2015, Snapchat memperkenalkan Discover, sebuah lama yang bisa diakses melalui home screen Snapchat. Lama ini menampilkan konten iklan dari berbagai portal terkemuka seperti BuzzFeed, Food Network, CNN, dan Vox. Saat itu, jumlah pengguna Snapchat sudah mencapai 75 juta.

Pada bulan September, Snapchat kembali meluncurkan fitur yang memanjakan penyuka selfie, yaitu Lenses. Hanya dengan menatap kamera, pengguna bisa mengubah tampilan wajah mereka dengan filter yang unik dan lucu. Fitur yang paling terkenal tentu saja adalah telinga dan lidah anjing yang imut.

2016 – Rebranding Snapchat

2016 adalah tahun yang luar biasa bagi Snapchat. Menurut laporan Bloomberg di bulan April, Snapchat berhasil mencatat 10 miliar tayangan video setiap harinya. Angka ini 2 miliar lebih tinggi dari laporan Facebook pada November 2015. Pada bulan Juni 2016, Snapchat berhasil membukukan 150 juta pengguna aktif setiap harinya, jauh melebihi Twitter.

Kini Snapchat adalah perusahaan publik dengan kapitalisasi pasar senilai 20 miliar dolar AS =, sementara harga sahamnya adalah 14 dolar AS pada bulan Februari 2021.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang sejarah berdirinya Snapchat, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Sejarah Munculnya Uang
Mengenal Sejarah Mobil Listrik
Sejarah Mobil Listrik
Sejarah Dogecoin, Berawal dari Meme
Sejarah Ripple (XRP)
Harga Minyak Minus, Apa Faktor dan Bagaimana Sejarahnya Terjadinya?
Sejarah Alibaba, Toko Online Pesaing Utama Amazon
Sejarah Perusahaan Uber
Alasan Mengapa Penting Belajar Sejarah
Mengenal Sejarah Ethereum


Bagikan Ke Teman Anda