Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Tip-Tip Finansial Yang Berhasil

Saat ini anda dapat dengan mudah menemukan tips tips finansial di internet. Namun demikian kadang kala tips finansial tersebut mungkin tidak berhasil karena kondisi anda berbeda dengan kondisi orang yang bercerita di internet. Berikut ini penulis rangkum tips tips finansial yang berhasil diterapkan oleh pengguna Quora:

1. Show up on time and don’t drive drunk

Kalimat secara literal diatas dapat diartikan sebagai datang tepat waktu dan jangan mengemudi ketika mabuk.  Kalau diartikan secara konotatif, kalimat diatas berarti rejeki tidak akan datang terlambat (show up on time) oleh karena itu jangan bekerja berlebihan.

Seringkali kita bekerja mengumpulkan pundi pundi uang sembari mengabaikan kesehatan kita dan waktu kita untuk berkumpul dengan keluarga. Padahal pada akhirnya ketika uang kita terkumpul namun kesehatan kita buruk, uang itu juga akan segera hilang tanpa bekas.

Dengan demikian kita tidak hidup untuk hari ini ataupun masa depan. Nikmatilah waktu anda bersama keluarga anda dengan bekerja sepatutnya saja dan jagalah kesehatan anda.

2. Berinvestasi sejak masih muda

Biarkan uang anda bekerja untuk anda.  Begitulah ucapan orang sukses yang menyarankan anda untuk berinvestasi.

Memang benar dengan berinvestasi anda akan mendapatkan passive income dan membiarkan uang anda bekerja untuk anda. Akan tetapi hasil investasi tidak bisa serta merta dipetik dalam jangka waktu yang pendek. Beberapa pengguna aplikasi quora bahkan memerlukan waktu 10 hingga 18 tahun untuk melihat hasil investasi mereka.

Oleh karena itu investasi lebih baik dimulai saat anda masih muda. Karena dengan demikian anda memiliki tenaga untuk meneliti pasar, dan anda memiliki kesempatan untuk mengambil keuntungan dari investasi tersebut.

3. Atur pengeluaran dengan bijaksana

Seberapa banyakpun pendapatan anda, namun jika anda tidak mengatur pendapatan tersebut dengan baik tentu pendapatan itu tidak akan terasa. Tentu tidak masalah jika anda ingin menikmati hidup dengan membeli barang barang kesukaan anda. Akan tetapi pastikan anggaran untuk itu anda tetapkan sebagaimana mestinya.

Pastikan sebelum bersenang senang anda sudah membayar semua cicilan (termasuk cicilan rumah dan kendaraan) dan sudah mengalokasikan jumlah yang cukup untuk kebutuhan pokok dan tabungan anda. Dengan demikian anggaran gaya hidup anda tidak akan mengganggu anggaran yang lebih penting.

4. Sisihkan sebagian gaji anda perbulan secara rutin untuk ditabung atau diinvestasikan

Ketika mendapatkan gaji, pastikan minimal 10% dari gaji tersebut anda tabung atau anda investasikan. Anda bisa mengalokasikannya untuk dana pensiun, dana darurat atau alokasi tabungan anda yang lain.

Percayalah, hasil tabungan anda tersebut akan dapat membantu anda di waktu waktu yang tak terduga. Tips ini juga berlaku untuk anda jika anda masih mahasiswa.

Anda dapat menyisihkan 10% dari uang saku anda untuk anda tabung. Tidak perlu muluk muluk menyiapkan dana pensiun, dengan tabungan yang berjumlah 60% dari uang saku anda perbulan anda sudah bisa membantu orang tua anda membayar biaya kuliah atau membuka bisnis kecil kecilan.

5. Ilmu keuangan itu ada tiga:

  • Cara mendapatkan penghasilan
  • Cara membelanjakan uang
  • Cara menabung/investasi.

Seringkali kita menemukan saran saran dalam keuangan hanya berfokus pada cara membelanjakan uang saja atau cara investasi saja dan melupakan cara mendapatkan penghasilan. Padahal tanpa penghasilan kita tidak memiliki uang untuk dibelanjakan atau ditabung.

Penghasilan tidak melulu soal gaji. Anda bisa membuka usaha dan mendapatkan keuntungan atas usaha tersebut itu juga merupakan penghasilan.

Prinsip mengatur keuangan ada tiga yaitu bijaksana dalam membelanjakan uang, hati hati dalam investasi dan kreatif dalam mencari uang. Kreativitas dalam mencari uang dibutuhkan agar anda mampu mencari tambahan pendapatan dalam kondisi apapun.

6. Catat semua pendapatan dan pengeluaran anda

Anda merasa gaji bulanan anda cepat habisnya dan anda lupa uang gaji tersebut anda gunakan untuk apa saja?. Ini adalah kebiasaan buruk yang harus anda hilangkan.

Mulailah merekam data keuangan anda. Mulai dari jumlah pendapatan hingga membuat rincian pengeluaran. Hal ini bertujuan untuk menjaga anda tetap pada tujuan anda menganggarkan atau menabung dan sebagai catatan yang dapapt ditelusuri jika dibutuhkan.

Tidak perlu muluk muluk mencatat dengan aplikasi khusus, anda dapat membuat catatan keuangan ini di Microsoft Excel atau di buku tulis kosong milik anda. Asalkan anda dapat dengan rutin memperbaharui catatan tersebut.

7. Perhatikan prinsip prinsip dalam berhutang

Prinsip prinsip tersebut seperti:

  • Jangan berhutang untuk gaya hidup, berhutanglah untuk memenuhi kebutuhan pokok yang mendesak;
  • Jangan berhutang untuk membeli barang barang elektronik dan kendaraan jika barang barang tersebut tidak anda butuhkan untuk keperluan produksi. Karena barang barang jenis ini memiliki nilai depresiasi yang tinggi;
  • Langsung lunasi hutang begitu mendapatkan uang yang cukup. Jadikan pembayaran hutang sebagai prioritas pertama alokasi anggaran bulanan anda. Karena jika hutang Bank atau hutang kredit jumlahnya akan membesar jika tidak segera dilunasi sedangkan hutang kepada teman atau saudara akan berpotensi merusak hubungan baik jika tidak segera dibayar.

8. Rejeki tidak akan tertukar

Terakhir dan tidak kalah penting adalah anda harus percaya ungkapan “kalau sudah rejeki tidak akan kemana”. Meskipun rejeki harus dicari, rejeki tidak akan tertukar dan Tuhan pasti memberikan rejeki kepada setiap hambanya.

Dengan mempercayai hal ini setidaknya anda akan mampu menikmati hidup dalam masa masa susah dengan mensyukuri hadiah hadiah kecil yang Tuhan berikan kepada anda. Dengan demikian anda tetap bisa berpikir jernih untuk menemukan cara keluar dari masa masa susah seperti saat pandemi saat ini.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang tip-tip finansial yang berhasil, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Tip Finansial untuk Generasi Umur 25 Tahun
Tip Berbisnis dari Para Milyarder
Tip Finansial Yang Tidak Membutuhkan Penghematan
Ide Resolusi Finansial Tahun 2019
Mindset Orang Sukses, Ubah Pola Pikir supaya Berhasil
Tip Menghadapi Perang Dunia III ataupun Perang Nuklir Jika Benar Terjadi
Cara Berhemat yang Terbukti Sudah Berhasil
Pelajari Tip-tip Ini Agar Bisnis Baru Anda Berhasil!
Tip Usaha Warung Kopi
Financial Planning Before Disaster (Persiapan Finansial Sebelum Bencana)


Bagikan Ke Teman Anda