Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

11 Contoh Modus Kasus Pencurian Oleh Karyawan

Salah satu modus pencurian yang harus diwaspadai adalah pencurian yang terjadi di tempat kerja. Karyawarn tentu saja mudah melakukan pencurian, entah bagaimanapun caranya. Inilah beberapa contoh kasus penipuan oleh karyawan sendiri.

1. Mencuri di toko tempat bekerja

Kasus pencurian uang milik toko terjadi di Lamongan, Jawa Timur. Pelaku adalah karyawan toko yang tinggal di mess sebelah toko. Saat menjalankan aksinya, pelaku bersembunyi di lantai 3 dan menunggu hingga toko tutup. Setelah itu, pelaku turun ke lantai 1 dan membuka paksa ruang penyimpanan, tempat dimana uang toko berada.

Pelaku kemudian mengambil semua uang yang ada. Saat ia berusaha kabur melalui pintu utama, ternyata masih banyak orang di depan toko. Pelaku pun menyembunyikan uang yang dicurinya di lantai 3. Pemilik toko merasa curiga pada karyawannya sendiri karena pelaku tahu persis dimana uang disimpan.

2. Mencuri dus minuman

Tiga orang karyawan PT Coca Cola pernah berusaha mencuri 76 dus minuman dari gudang perusahaan. Ketiga pelaku yang merupakan karyawan gudang menyelundupkan kardus ke mobil yang digunakan untuk mengirim barang.

Satpam gudang yang memeriksa barang menemukan keganjilan karena jumlah dus yang ada di mobil tidak sesuai dengan surat jalan. Ada sebanyak 76 dus yang tidak tercatat. Hal ini kemudian dilaporkan kepada pihak berwajib sehingga terkuaklah niat ketiga pelaku untuk menyelundupkan minuman.

3. Mencuri isi koper di bandara

Pencurian barang yang dilakukan oleh karyawan pernah terjadi di Bandara Depati Amir, Bangka Belitung. Kasus ini sudah berlangsung selama beberapa waktu sebelum akhirnya dilaporkan pada pihak yang berwajib. Telah banyak laporan kehilangan barang yang terjadi di bandara. Pelaku merupakan karyawan yang bekerja di bagian ground handling di bandara. Pihak berwajib menyita beberapa barang bukti dari pelaku.

4. Mencuri biji plastik

Karyawan sebuah pabrik plastik di Sidoarjo sebanyak 3 orang terlibat dalam pencurian biji plastik miliki perusahaan mereka sendiri. Kejahatan mereka tertangkap oleh kamera CCTV gudang, yang kemudian dijadikan sebagai barang bukti.

Salah seorang pelaku merupakan pemegang kunci gudang, sehingga leluasa masuk keluar gudang penyimpanan. Pelaku dan teman-temannya mengambil biji plastik menggunakan kendaraan motor tidak berplat nomor. Biji plastik yang dicuri mencapai 20 ton dan dijual ke penadah seharag Rp 15 ribu per kilo. Kerugian perusahaan ditaksir mencapai Rp 40 juta rupiah.

5. Memanfaatkan anak majikan

Seorang pemilik pet shop di wilayah Yogyakarta mengalami kerugian senilai Rp 60 juta akibat pencurian uang yang dilakukan oleh karyawannya sendiri. Pelaku yang barus saja diterima bekerja di pet shop telah dipercaya korban untuk mengelola tokonya.

Pelaku justru menyalahgunakan kepercayaan korban dengan mengambil uang puluhan juta dan perhiasan senilai Rp 30 juta. Pelaku menyuruh dan mengancam anak korban untuk mengambil uang yang di laci toko. Ironisnya, anak korban mengalami keterbelakangan mental. Setelah berhasil mengambil uang korban, pelaku melarikan diri ke kota asalnya, Pontianak.

6. Mencuri dari paket uang

Berhati-hatilah saat mengirimkan uang melalui paket. Dua orang karyawan PT Pos Indonesia nekat merusak paket berisi uang senilai Rp 100 juta dari Kantor Pos Sukabumi yang seharusnya diserahkan ke Kantor Pos Cabang di Sukaraja, Jawa Barat.

Kedua pelaku ditugaskan untuk mengirimkan sekarung paket berisi uang dengan mengendarai sepeda motor. Di tengan jalan, pelaku nekat merusak pengaman paket, mengganti isi paket dengan benda lain dan mengambil uangnya. Masing-masing pelaku mendapatkan Rp 50 juta. Kasus ini dilaporkan oleh pihak Kantor Pos Sukabumi.

7. Pencurian kabel proyek

Karyawan Telkom yang berjumlah 11 orang bekerja sama untuk melakukan pencurian kabel optic milik perusahaan. Salah seorang teknisi Telkom menjadi otak dari kejahatan ini. Dalam melakukan aksinya, pelaku berpura-pura memasang kabel optik. Padahal yang ia lakukan adalah sebaliknya pelaku mencuri kabel lalu menjualnya untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Aksi para pelaku biasanya dilancarkan di sore hari.

8. Melakukan rekayasa perampokan

Seorang karyawan minimarket di kawasan Depok, Jawa Barat mengaku dirinya sebagai korban perampokan untuk menutupi kejahatannya. Pelaku yang mengambil uang toko sejumlah Rp 94 juta mengikat dirinya sendiri dengan rantai, menutupi kepala dengan sweater, dan bersikap seolah dirinya menjadi korban perampokan. Namun berdasarkan keterangan dari para saksi, diketahuilah bahwa pelaku merekayasa kejadian tersebut untuk menutupi fakta bahawa ia sendiri yang telah mencuri uang milik toko.

9. Pencurian brankas yang diotaki satpam

Seorang satpam yang bertugas di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menjadi otak pencurian brankas milik kampus. Pelaku melancarkan aksinya dengan dibantu 4 orang teman. Pencurian dilaksanakan pada di awal bulan saat waktu gajian tiba.

Pelaku mengetahui ada uang senilai Rp 200 juta yang disimpan di brankas kampus. Pada pukul 03.00 pagi, pelaku dan kawan-kawannya mencuri lalu merusak brankas untuk mengambil semua isinya, termasuk uang, perhiasan, dan berlian. Brankas kemudian dikuburkan di rumah salah seorang pelaku.

10. Pencurian di apartemen oleh petugas cleaning service

Pembobolan unit apartemen di Tambora, Jakarta Barat dilakukan oleh pegawai cleaning service gedung. Pelaku yang dibantu seorang rekan membobol paksa pintu apartemen setelah memastikan unit tersebut kosong dengan cara merasakan suhu ruangan. Karena ruangan tidak dingin, berarti AC tidak menyala yang menjadi tanda apartemen sedang kosong.

Pelaku mencuri barang berharga yaitu 1 buah LCD TV, 2 buah tas bermerk Fendi dan Furla, serta I buah handphone iPhone 5.

11. Mencuri cincin pasien di rumah sakit

Pencurian terhadap barang berharga milik pasien terjadi di RSUD Situbondo. Pelaku merupakan karyawan IGD sendiri. Ketika pasien sedang dirawat di IGD, pelaku dengan sengaja melepas cincin korban dan mencurinya.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 11 contoh modus kasus pencurian oleh karyawan, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Mengapa Karyawan Mencuri?
Mengapa Orang Lebih Suka Jadi Karyawan Dibanding Berbisnis? Ini Alasannya!
Kenali Modus Penipuan Menggunakan E-Banking
Modus Penipuan Uang Gaib/Uang Soekarno
Waspada! Modus Pencurian dan Jual Beli Data Nasabah
Contoh Modus Kasus Penipuan ATM yang Masih Marak
Cara Merekrut Karyawan Ala Mafia Manager
Inilah Alasan Orang Lebih Senang Menjadi Karyawan
Kejahatan Berupa Pencurian Identitas (Identity Theft)
Hati-Hati Ketika Menerima SMS Modus Penipuan ini!


Bagikan Ke Teman Anda