Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Adakah Program Keringanan Kredit dari HSBC Karena Covid-19?

Beberapa bulan terakhir, puluhan bank telah mengumumkan siap merestrukturisasi kredit nasabah yang kesulitan membayar cicilan akibat Covid 19. Hal ini sesuai dengan imbauan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) agar pihak bank proaktif membantu nasabah yang terdampak melalui kemudahan membayar angsuran.

Di sisi lain, kebijakan relaksasi ini tidak berlaku otomatis karena memerlukan kerja sama antara debitur dengan pihak bank. Debitur wajib mengajukan permohonan keringanan cicilan, sebelum bank melakukan assessment. Keringanan cicilan pembayaran ini cukup bervariasi dengan jangka waktu maksimal satu tahun.

Program Keringanan Kredit dari HSBC Akibat Covid-19

Sejauh ini diketahui, setidaknya ada lebih dari 90 bank dan perusahaan pembiayaan yang telah memberikan relaksasi kredit kepada debitur yang bermasalah. Umumnya, relaksasi tersebut berbentuk penyesuaian pembayaran kewajiban sesuai dengan kondisi dan usaha debitur. Salah satu bank yang memberikan program tersebut adalah HSBC.

Melalui pemberitahuan secara resmi, HSBC menyatakan siap berkomitmen membantu para nasabah untuk bisa melalui masa penuh tantangan ini sesuai arahan OJK. Oleh sebab itulah, HSBC mengeluarkan kebijakan Special Relief Program yang memiliki beberapa persyaratan dan ketentuan.

Program keringanan kredit dari HSBC karena Covid-19 ini hanya berlaku bagi nasabah yang terdampak secara kesehatan atau kesulitan dalam hal finansial. Namun, bantuan ini terbatas hanya pada sektor industri yang terimbas pandemi sesuai ketetapan Pemerintah.

Adapun bentuk keringanan pembiayaan yang diberikan kepada nasabah berupa penjadwalan ulang pembayaran dan penurunan suku bunga kredit. Meski demikian, program ini tetap akan mengikuti kebijakan yang telah ditetapkan oleh HSBC. Selain itu, kebijakan program ini juga bisa berubah sewaktu-waktu sesuai perkembangan situasi dan arahan OJK serta Bank Indonesia.

Langkah Pengajuan Program Keringanan Kredit dari HSBC Karena Covid-19

Apabila kamu tertarik untuk mengikuti program keringanan kredit dari HSBC karena Covid-19 ini, maka perhatikan dulu langkah-langkah pengajuannya sebagai berikut:

  • Mengisi formulir aplikasi secara online

Demi memudahkan proses assessment, kamu harus mengisi formulir aplikasi online dengan lengkap dan benar melalui link ini.

Formulir tersebut berisi data-data penting, seperti informasi nasabah, produk dan pilihan program, informasi dampak pandemi, serta syarat dan ketentuan program secara lengkap.

  • Verifikasi data oleh pihak HSBC

Setelah formulir diisi lengkap, kamu akan menerima email balasan dari HSBC sesuai dengan alamat email yang tercantum dalam formulir tersebut. Email balasan yang dikirimkan oleh HSBC berisi tentang detail aplikasi beserta nomor referensi aplikasi yang kamu ajukan. Kamu hanya perlu mengikuti instruksi di email tersebut untuk tahapan berikutnya.

  • Mengirimkan dokumen persyaratan

Langkah selanjutnya adalah pengiriman dokumen persyaratan yang juga dilakukan melalui email. Kamu harus mengirimkan dokumen-dokumen yang diminta dalam waktu dua hari kerja sejak menerima email balasan pada langkah kedua. Apabila dalam dua hari pihak HSBC tidak menerima dokumen atau pernyataan pendukung sebagaimana yang dipersyaratkan, maka pengajuanmu dianggap batal.

  • Proses assessment

Setelah proses persyaratan dokumen dan pernyataan telah diterima secara lengkap, HSBC akan melakukan verifikasi sekitar 5-7 hari kerja. Perlu kamu ketahui, saat mengajukan aplikasi ini, secara tidak langsung kamu juga memberi kuasa kepada bank untuk menghubungi sumber manapun guna memeriksa kebenaran informasi yang diberikan.

  • Informasi status persetujuan aplikasi

Setelah proses assessment selesai, HSBC akan segera menginformasikan status persetujuan aplikasimu ke nomor telepon atau email yang terdaftar dalam sistem. Dengan demikian, proses pengajuan program keringanan kredit dari HSBC karena Covid-19 pun usai.

Persyaratan Dokumen Pengajuan Program Keringanan Kredit dari HSBC karena Covid-19

Perlu kamu ketahui, persyaratan dokumen untuk pengajuan aplikasi program keringanan pembiayaan akibat Covid-19 ini disesuaikan dengan dampak dan kondisi nasabah. Melansir dari laman resmi HSBC, adapun persyaratannya sebagai berikut:

Persyaratan dokumen atas dampak kesehatan yang dialami nasabah

  • Foto/scan KTP nasabah yang sah dan terbaca secara jelas.
  • Foto/scan surat keterangan dokter, rumah sakit atau hasil laboratorium yang menyatakan bahwa nasabah terdampak Covid-19.

Persyaratan dokumen atas dampak kesehatan yang dialami kerabat tinggal serumah

  • Foto/scan KTP nasabah yang sah dan terbaca dengan jelas.
  • Foto/scan KTP kerabat terdampak yang tinggal serumah.
  • Foto/scan Kartu Keluarga dengan nama kerabat yang tercantum di dalamnya atau akta nikah, jika yang terdampak adalah pasangan nasabah.
  • Foto/scan surat keterangan dokter, rumah sakit, atau hasil laboratorium yang menyatakan kerabat yang tinggal serumah terdampak Covid-19.

Persyaratan dokumen atas dampak ekonomi yang dialami nasabah sebagai karyawan

  • Foto/scan KTP dan Kartu Identitas Karyawan yang sah dan bisa terbaca dengan jelas.
  • Foto/scan slip gaji selama dua bulan terakhir atau surat keterangan perusahaan yang menyatakan nasabah terkena dampak pandemi Covid-19. Misalnya, PHK atau pemotongan gaji yang di dalam surat tersebut mencantumkan nama nasabah.

Persyaratan dokumen atas dampak ekonomi yang dialami nasabah non karyawan

  • Foto/scan KTP nasabah yang sah dan bisa dibaca dengan jelas.
  • Foto/scan TDP, SIUP, atau surat keterangan legalitas usaha yang setara dan masih berlaku.
  • Foto/scan rekening giro atau rekening koran satu bulan terakhir yang tertanggal tidak lebih dari 45 hari dari tanggal pengajuan. Dokumen tersebut harus menunjukkan penurunan mutasi transaksi dikarenakan penurunan bisnis atau,
  • Foto/scan surat pengumuman penutupan akses ke kantor atau tempat usaha karena terdampak Covid-19 yang dikeluarkan secara resmi oleh pihak berwenang.

Untuk informasi selengkapnya, Anda bisa mengunjungi link ini.

Poin Penting Yang Harus Diperhatikan Saat Mengajukan Aplikasi Program Keringanan Kredit HSBC

Selain memperhatikan soal syarat dan ketentuannya, kamu juga perlu mengetahui bahwa keringanan pembiayaan kredit HSBC hanya bisa diberikan satu kali untuk setiap fasilitas kredit. Baik itu kartu kredit, flexi kredit, personal installment loan, maupun kredit pemilikan rumah.

Apabila dalam masa proses pengajuan program ternyata ada tagihan yang telah memasuki masa jatuh tempo, maka kamu wajib membayar tagihan tersebut sesuai nominal yang ditagihkan. Pasalnya, aplikasi pengajuan relaksasi kredit yang kamu inginkan belum tercatat dalam sistem.

Nah, jika kamu adalah nasabah kartu kredit HSBC, kewajiban nasabah yang akan dipertimbangkan dalam program ini adalah transaksi yang telah tercatat pada sistem bank. Jika ternyata ada transaksi yang belum tercatat pada sistem, maka akan dimasukkan dalam tagihan bulan berikutnya dan harus kamu bayar secara normal.

Demikian beberapa hal yang perlu kamu pahami sebelum mengajukan aplikasi program keringanan kredit dari HSBC karena Covid-19. Untuk informasi selengkapnya, silakan kunjungi hsbc.co.id. Semoga informasi ini bisa membantumu, ya!

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang program keringanan kredit dari HSBC karena Covid-19, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Prinsip 5C dan 7P dalam Pemberian Kredit di Lembaga Keuangan/Bank
Apa Itu Refinancing Kredit
Apa Itu Coronavirus?
Apa yang Akan Berbeda Setelah Adanya Corona Virus
Isu Resesi Menyeruak Akibat Pandemi Corona, Ini 6 Tandanya!
Mengenal Pandemic Fatigue, Gejala, dan Cara Mengatasinya
Mengenal Seluk-Beluk Dompet Digital
Keuntungan dan Kerugian Work From Home
Tips Mengelola Keuangan Selama Lockdown
Penyebab Banyak UMKM Bangkrut Saat Pandemi


Bagikan Ke Teman Anda