Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Alasan Kamu Harus Berinvestasi Pada Panel Energi Bertenaga Surya

Selama ini kita terbiasa dengan tenaga listrik yang berasal dari minyak bumi yang sumber energinya cukup mahal dan terbatas. Padahal untuk menghasilkan listrik sebenarnya ada sumber energi lainnya yang lebih efisien, bersih dan hemat disbanding minyak bumi. Ya, pembangkit listrik tersebut bertenaga surya yang sangat direkomendasikan saat ini.

Kamu tahu sendirikan kalau matahari selalu menyinari kita tiada hentinya setiap hari, energinya ini akan ada terus sepanjang masa. Nah, panel bertenaga surya diperoleh dari matahari dan kemudian diekstraksi melalui penggunaan sel fotovoltaik. Cara ini mengubah sinar matahari menjadi listrik.

Karena kedepan peran panel energi bertenaga surya sangat penting dan menjanjikan, maka tak ada salahnya jika kamu harus berinvestasi disana. Setidaknya karena beberapa alas an berikut ini:

  1. Ramah Lingkungan

Salah satu alasan utama untuk memasang panel bertenaga surya adalah karena energi ini ramah lingkungan. Sistem tenaga surya mengimpor energi bersih dan murni dari matahari. Sehingga dengan memasang panel bertenaga surya di rumah atau kantormu membantu memerangi emisi gas rumah kaca dan mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil.

Listrik tradisional bersumber dari bahan bakar fosil seperti batu bara dan gas alam. Akibatnya, ketika bahan bakar fosil dibakar untuk menghasilkan energi, mereka mengeluarkan gas beracun yang merupakan penyebab utama polusi dan pemanasan global.

  1. Ramah di kantong

Kebutuhan listrik rumah tangga sangatlah menggila dan mahal. Pemanas air adalah alat yang cukup vital  di rumahmu sehingga menjadi salah satu alat yang menuntut kebutuhan energi cukup banyak. Dengan begitu kamu butuh konsumsi energi yang besar di sini. Biaya untuk memanaskan air di rumah kemungkinan adalah 25-30% dari total biaya energi listrik di rumahmu. Betapa borosnya!

Untungnya ada sistem pemanas air tenaga surya yang akan mencakup 50- 60% dari kebutuhan pemanas air panasmu dengan energi matahari. Rata-rata dapat diperkirakan bahwa penggunaan listrik untuk air panas akan berkurang antara 1.200 dan 1.500 kWh (unit listrik) per tahun. Wah bisa sangat menghemat isi kantong ya!

  1. Sumber Energi yang Awet

Selama masih ada bumi tempat kita berpijak, matahari akan terus bersinar setiap hari. Energi yang diserap dari matahari kemudian diolah dengan teknologi yang super canggih, membuat tingkat radiasi matahari cukup untuk menjadi sumber energi listrik di tiap rumah tangga.

Hanya dengan memasangnya satu meter persegi di atap rumah,alat ini dapat memanaskan air panas sebanyak satu tahun dengan menggunakan sekitar 400 hingga 500 unit listrik.Sangat efisien, hemat dan awet kan?

  1. Teknologi Yang Terbukti Bisa Diandalkan

Panel bertenaga surya sebenarnya telah dikembangkan dan ditemukan sejak lama bahkan telah terbukti pula kehandalannya. Sebenarnya teknologinya relatif sederhana, namun cukup inovatif dan canggih.

Panel bertenaga surya ini diciptakan agar tahan lama dan membutuhkan sedikit perawatan. Instalasinya juga mudah, dengan tingkat keamanan dan kenyamanan yang layak.

  1. Investasi yang Menguntungkan

Panel energi surya bukanlah teknologi yang boros.Ini adalah salah satu cara terbaik untuk berinvestasi. Bahkan investasi dengan pembelian alat inibisa mendapatkan pengembalian profit melebihi investasi semacam saham dan obligasi.

Penggunaan panel bertenaga surya ini bisa menghemat tagihan listrik yang besar. Tak ada investasi yang lebih besar dari sesuatu yang bisa menekan angka pengeluaran secara drastis, dan menggunakan panel tenaga surya inilah menjaddi solusinya.

  1. Meningkatkan nilai properti

Beberapa studi telah menemukan bahwa rumah yang dilengkapi dengan sistem utilasi energi surya memiliki nilai properti yang lebih tinggi dan lebih banyak diminati daripada rumah biasa.

Para pencari properti semakin mempertimbangkan instalasi surya karena merupakan teknologi yang modern dan keren. Selain itu mereka menyadari manfaat dari pemakaian panel bertenagasurya ini, sehingga permintaan akan properti yang dilengkapi dengan sistemini akan terus tumbuh.

  1. Mendukung Kemandirian Energi

Matahari adalah sumber energi yang hampir tak terbatas dan menjadi komponen kunci untuk mencapai kemandirian energi di berbagai negara. Dengan meningkatkan kapasitas menghasilkan listrik dari matahari, kamu juga dapat melindungi negara kita dari fluktuasi harga di pasar energi global.

Jadi, saat harga minyak dunia pasang surut dan kondisi ekonomi global sedang tidak menentu, kamu bisa tetap tenang dengan memakai panel energi surya karena kamu tak akan terdampak kondisi global.

  1. Membantu perekonomian Lokal Wilayahmu

Menurut The Solar Foundation, ditemukannya teknologi untuk merangkai sumber energi matahari ini akan memicu tren produk yang berasal dari teknologi  industri surya. Hal ini akan membuka berbagai peluang usaha dan kerja.

Dengan ikut memakai produk bertenaga surya, kamu membantu tumbuhnya perekonomian lokal di wilayahmu. Pertumbuhan ini diperkirakan akan terus berlanjut. Pekerjaan yang terkait sumber energi matahari cenderung bernilai ekonomi tinggi sehingga menjadi kontributor yang signifikan bagi ekonomi suatu negara.

  1. Daya Tahan Yang Luar Biasa

Panel bertenaga surya tidak terdiri dari serangkaian alat yang bergerak sehingga tidak mudah rusak. Karena ini, kemungkinan segala jenis gangguan dalam layanan yang disediakan oleh panel surya sangatlah minim. Teknologi ini diuji secara menyeluruh untuk memastikan bahwa alat ini dapat tahan terhadap segala macam kondisi iklim.

Dari iklim yang hanya angin sepoi-sepoi, sampai hujan deras  atau salju yang sangat deras, Panel bertenaga surya ini terbukti sangat kaku dan sangat tahan terhadap turbulensi ekstrim. Bahkan dalam kondisi seperti itu, efisiensi kerjanya bisa dibilang sangat baik.

  1. Menghasilkan Uang

Ketika kamu telah memasang panel bertenaga surya di rumah dan secara konsisten merasakan manfaat dari efisiensi energi dan harganya, kamu bisa mendapatkan kesempatan untuk menjualnya  kembali dengan harga premium. Banyak perusahaan utilitas memerlukan energi efisien dalam melakukan kinerja industrinya lho.

Kesempatan ini bisa kamu ambil untuk menjual panel energi suryamu ke mereke. Atau bila ada tetanggamu yang kekurangan daya listrik, bisa menyalur daya listrik dari tenaga surya yang kamu miliki. Lumayan kan, kamu bisa memanfaatkan kelebihan daya di rumahmu untuk menghasilkan uang.

  1. Bisa Digunakan Setiap Hari

Banyak mitos tentang tenaga surya bahwa energi ini punya keterbatasan kemampuan menghasilkan daya listrik. Padahal kamu harus tahu  bahwa energi surya dihasilkan dari panas matahari bukan sinar matahari. sehingga pada saat hujan atau berawan-pun, panel bertenaga surya tetap bekerja untuk menghasilkan energi.

Alat ini terdiri dari baterai, yang bertindak sebagai unit penyimpanan sehingga bahkan jika tidak ada sinar matahari alat ini memiliki cukup cahaya untuk digunakan di malam hari. Semua energi dikumpulkan, menciptakan lebih banyak powerlistrik sehingga bisa digunakan untuk melakukan segala jenis pekerjaan kapanpun dan sepanjang hari dengan hemat.

  1. Keamanan Jaringan

Panel bertenaga surya memberikan cadangan listrik yang besar jika terjadi pemadaman listrik. Kamu tinggal menghubungkan sel fotovoltaik dengan baterai jika ingin memaksimalkan keamanan jaringan. Sistem seperti ini disebut sebagai sistem hybrid, di mana memiliki komponen pada sistem grid maupun off grid.

Jika memiliki sistem panel bertenaga surya yang terpasang maka daya cadangan dapat digunakan untuk menyediakan listrik dari unit penyimpanannya. Hal ini dapat membantu menghindari segala bentuk insiden semacam intrusi atau kecelakaan.

  1. Digunakan dalam Skala Global

Teknologi sumber energi yang berasal dari surya dianggap sebagai sesuatu penemuan inovatif dan keren. Ada sebuah penelitian yang dilakukan oleh Fakultas Teknik UC San Diego Jacobs, yang menemukan bahwa panel surya bertindak sebagai pelindung atap agar bangunan tetap dingin.

Selain itu, daya energi surya cenderung alami, murni dan bersih. Panel  bertenaga surya menyerap sinar matahari dan menampungnya di  atap, sedangkan atap yang tanpa ada panel bertenaga surya akan terpapar sinar matahari secara keseluruhandan menembus ke dalam bangunan. Tentu saja resiko radiasinya akan lebih besar terpapar di dalam bangunan itu.

  1. Baik Untuk Kelangsungan Flora dan Fauna

Tenaga surya sangat ideal jika dilihat dari sudut pandang sumbernya, iklim dan untuk keberlangsungan ekosistem kita. Teknologi ini merupakan alat yang memadai untuk pengurangan emisi gas rumah kaca  di mana sangat bagus untuk menjaga kelestarian lingkungan. Dengan melakukan integrasi panel energi surya dengan cara yang benar, pertanian dapat terus menjadi sumber keanekaragaman hayati dan energi.

Pertanian yang menggunakan alat tenaga surya dapat mengekstraksi energi matahari dalam jumlah besar dan menyimpannya dalam baterai untuk didistribusikan kepada para penggunanya. Oleh karena itu, sejumlah besar keuntungan dapat diperoleh dari penggunaan panel bertenaga surya.

  1. Membantu Memenuhi Penambahan Interior Rumah

Ketika memasang sistem panel bertenaga surya di rumah, kamu punya kesempatan untuk menambahkan beberapa space dan renovasi interior rumah. Misalnya, kamu ingin memiliki kolam renang atau bak mandi air panas yang bisa menghemat  energi listrik, alat ini sangatlah membantu.

Oleh karena itu, panel bertenaga surya dapat dirancang untuk mencakup pemanfaatan daya ekstra. Kamu tidak perlu seutuhnya memakai listrik harian yang cenderung mahal untuk beberapa tambahan power energi listrik, cukup pakai energi dari panel bertenaga surya ini. Percayalah ini sangat membantu menekan tagihan listrikmu!

  1. Prospek yang Baik dan Kompetitif

Kalangan industri telah dengan cepat menyadari manfaat sosial dan ekonomi dari mengadopsi energi dari tenaga surya ini. Panel bertenaga surya mempunyai sistem teknologi yang aman, murni, mudah dan tingkat keamanan yang tinggi. Maka banyak perusahaan yang mulai melirik pemakaian alat listrik tenaga surya.

Ke depannya produk semacam ini akan kian berkembang dan menjamur maka tak ayal industri ini akan cukup kompetitif dan memiliki pangsa pasar yang baik di kemudian hari. Walaupun intensitas matahari kurang di daerah tertentu, dengan teknologi yang memadai energi surya yang diserap akan cukup untuk menghasilkan sejumlah besar daya listrik pada seluruh rumah, tergantung pada ukuran sistem PV-nya.

  1. Sebagai Akses Insentif

Manfaat lain dari pembelian panel energi surya adalah kemungkinan kamu akan memiliki akses ke program insentif. Misalnya, Kredit Energi yang teralihkan ke energi matahari akan memungkinkan mengurangi 30% dari harga panel surya dari pajak pendapatan federal kamu.

Ini bisa menjadi cara yang cerdas untuk melakukan sesuatu yang positif dengan mendapatkan insentif energi yang ramah lingkungan sekaligus menghemat finansialmu

  1. Harganya Menjadi Lebih Terjangkau

Sekarang adalah waktu yang tepat untuk berinvestasi dalam panel berenergi surya karena biayanya terus menurun. Ini berarti alat ini menjadi lebih terjangkau dan dapat diakses bahkan untuk orang-orang yang memiliki anggaran terbatas.

Selain itu, jika tidak bisa membayar biaya sistemnya di muka, kamubisa mengajukan sistem pembayaran kredit berjangka. Kamu tinggal mengajukan aplikasi sehingga dapat segera memproses dan menginstal sistemnya.

Penggunaan panel surya sungguh menjadi pilihan yang smart untuk kaum milenial dan modern. Beralih dari energi listrik konvesional ke panel bertenaga surya membuat kamu memiliki cadangan sumber energi yang tak akan habis dan hemat. Maka memiliki alat ini merupakan sumber investasi yang ideal, tidak mahal dan tepat guna. Benar-benar sumber energi yang sempurna!

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang alasan kamu harus berinvestasi pada panel energi bertenaga surya, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Mengapa Uang Dicabut, Ditarik, dan Dimusnahkan?
Apa itu Sharpe Ratio? Definisi Sharpe Ratio
Apa Itu Capital Gain?
Apa itu Bandar Saham? Definisi Bandar Saham
7 Prinsip Investasi Jangka Panjang Bagi Calon Investor Sukses
Ciri-ciri Investasi Skema Ponzi
Apa itu SBR007?
Untung Rugi Investasi Perak
Aturan-aturan Emas Dalam Berinvestasi
Apa Itu Day Trading?


Bagikan Ke Teman Anda