Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa Itu Net Income?

Dalam segala bentuk pekerjaan, keuangan adalah salah satu bidang yang membutuhkan ketelitian dan pemahaman atas istilah-istilah keuangan. Salah satu istilah yang sudah tidak asing didengar adalah net income atau biasa disebut pendapatan bersih.

Pendapatan merupakan berapa banyak uang yang bisa dihasilkan secara teratur, baik dalam hitungan bulanan maupun tahunan. Misalkan menghasilkan $ 1000 per minggu sehingga akan memiliki pendapatan bulanan sekitar $ 4.000 dan pendapatan tahunan sekitar $ 52.000.

Namun, pendapatan berbeda dengan pendapatan bersih atau disebut net income. Net income / Pendapatan bersih atau laba bersih adalah uang yang sebenarnya yang dimiliki, dalam artian uang yang dihitung dari perhitungan penjualan dikurangi harga pokok penjualan, penjualan, biaya umum dan administrasi, biaya operasi, depresiasi, bunga, pajak, dan biaya lainnya. Ini adalah angka yang berguna bagi investor untuk menilai seberapa besar pendapatan melebihi biaya organisasi. Angka ini muncul di laporan laba rugi perusahaan dan juga merupakan indikator profitabilitas perusahaan.

Pendapatan bersih biasanya dihitung per tahun, untuk setiap tahun fiskal. Item yang dipotong biasanya akan mencakup biaya pajak, biaya pembiayaan (biaya bunga), dan hak minoritas. Demikian pula, dividen saham preferen akan dikurangi juga, meskipun bukan merupakan beban. Untuk perusahaan merchandising, biaya yang dikurangi dapat berupa harga pokok penjualan, diskon penjualan, dan retur dan tunjangan penjualan. Untuk perusahaan produk, biaya periklanan, produksi, & desain dan pengembangan sudah termasuk. Pendapatan bersih juga dapat dihitung dengan menambahkan pendapatan operasional perusahaan ke pendapatan non-operasional dan kemudian mengurangi pajak.

Misalnya, untuk keperluan individu, net income bisa dihitung dari pengurangan antara total pemasukan pendapatan kotor dikurangi dengan potongan. Dalam hal ini, pendapatan kotor adalah pendapatan total individu sebelum potongan pajak dan potongan lain seperti potongan pajak pendapatan negara, pajak jaminan sosial, premi asuransi kesehatan, dan kontribusi program pensiun. Sebagai contoh, seseorang memiliki pendapatan kotor $ 60.000 dan memenuhi syarat untuk diberlakukan potongan $ 10.000 atas pendapatannya. Penghasilan kena pajak individu itu adalah $ 50.000 dengan tarif pajak efektif 13,88% sehingga mengharuskan memberikan pembayaran pajak penghasilan $ 6,939,50. Sehingga net income atau laba bersih yang diperoleh adalah senilai $ 43,060,50.

Sedangkan untuk keperluan bisnis, net income sama dengan jumlah yang tersisa setelah dikurangi semua biaya dan pengeluaran dari pendapatan. Perusahaan publik menggunakan net income untuk membantu menghitung laba per saham (EPS) mereka. Dalam bisnis, net income juga disebut sebagai laba final, karena muncul sebagai item terakhir dalam laporan laba rugi. Nominal laba bersih atau net income yang diperoleh suatu perusahaan atau bisnis, nantinya bisa juga digunakan untuk menghitung rasio keuangan. Rasio keuangan yang dimaksud adalah seperti Earning per Share (Rasio Laba per Saham) dan Net Profit Margin (Margin Laba Bersih).

Pendapatan bersih sangat bervariasi antara perusahaan dan industri. Seringkali lebih tepat untuk mempertimbangkan laba bersih sebagai persentase dari penjualan (dikenal sebagai margin keuntungan).

Pendapatan bersih atau net income digunakan oleh investor dan pemegang saham saat menentukan kesehatan investasi dan menentukan kelayakan bisnis untuk mendapatkan pinjaman. Ketika itu, mereka akan membandingkan pendapatan perusahaan menggunakan rasio harga terhadap pendapatan (P / E). Rasio ini menyatakan berapa banyak investor membayar (harga saham) untuk setiap dolar dari laba bersih yang dapat dihasilkan perusahaan. Pendapatan bersih yang rendah atau bahkan negatif menyebabkan penurunan nilai saham perusahaan yang besar.

Dalam dunia bisnis, apalagi bisnis kecil, perhitungan net income sangatlah penting. Meskipun banyak bisnis kecil tidak mulai menghitung profitabilitas mereka sampai mereka dipaksa oleh pemberi pinjaman atau investor, melacak pendapatan bersih adalah salah satu cara terbaik untuk memantau kesehatan bisnis. Jika pendapatan bersih suatu bisnis meningkat, hal itu menunjukkan bahwa bisnis yang dijalankan berada di jalur yang benar. Jika tidak, mungkin sudah waktunya untuk memotong biaya baik biaya produksi atau yang lainnya.

Tidak hanya investor dan juga pelaku bisnis baru, net income juga penting bagi pemberi pinjaman, yang ingin memastikan bahwa orang yang akan diberikan pinjaman memiliki cukup uang untuk membayar kembali semua hutangnya, dan investor ingin mengetahui berapa banyak uang yang tersisa dari bisnis tersebut untuk membayar dividen, berinvestasi kembali dalam bisnis tersebut.

Namun, ada beberapa istilah dalam net income seperti contohnya negatif net income. Apakah artinya? Ketika dilaporkan bahwa terjadi laba bersih negatif, itu berarti biaya perusahaan ditambahkan lebih dari pendapatannya. Dengan demikian, organisasi mengalami “kerugian bersih” selama periode tersebut.. Umumnya, ketika laba bersih perusahaan rendah atau negatif, banyak masalah yang bisa disalahkan. Ini dapat berkisar dari penurunan penjualan hingga pengalaman pelanggan yang buruk hingga manajemen biaya yang tidak memadai. Karena memang ada kalanya penjualan perusahaan tidak bisa sesuai target dan menghasilkan laba bersih yang sedikit. Namun pelaku bisnis harus bersikap bijak dan mencari solusi untuk meningkatkan laba perusahaan bisnisnya.

Cara agar tidak terjadi negatif net income adalah dalam sebuah bisnis atau perusahaan perlu dilakukan kontrol terhadap arus kas perusahaan, baik pendapatan maupun pengeluaran. Kemudian dilakukan pencatatan secara detail terhadap pemasukan dan pengeluaran perusahaan. Kegiatan yang membutuhkan pengeluaran biaya seperti produksi, kegiatan promosi, dan juga marketing harus dilakukan secara optimal agar tidak melebihi budget dan bisa meningkatkan prosentase net income.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang apa itu net income, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Apa itu Universal Basic Income?
Perbedaan Antara Revenue Dengan Sales
Apa Beda Revenue dan Income?
7 Ide Passive Income Bagi Pemilik Bisnis Kecil
Tips Mengelola Keuangan Bagi Para Pekerja Freelancer dengan Pendapatan yang Tidak Menentu
Menghitung Beban atau Pendapatan Bunga Menggunakan Metode Simple Interest Rate
Apa Itu Arus Pendapatan Melingkar (Circular Flow Income)?
Memangkas Pengeluaran atau Meningkatkan Pendapatan?
Apa Itu Pendapatan Nasional dan Cara Menghitungnya
Bagaimana Mendapatkan Pendapatan dari Berbagai Sumber (Multiple Source Income) ?


Bagikan Ke Teman Anda