Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Fintech dengan Pertumbuhan Cepat

Penyedia jasa layanan keuangan berbasis teknologi atau yang kerap disebut dengan fintech, kian hari kian menunjukkan taringnya pada industri global maupun lokal. Banyak startup yang bergerak di bidang ini berlomba-lomba untuk menginisiasi fintech yang banyak diapresiasi serta dibutuhkan oleh pasar.

Jika Anda tertarik untuk ambil bagian di dalamnya, berikut ini adalah beberapa fintech dengan pertumbuhan cepat.

1. Perdagangan dan Investasi (Trading & Investment)

Masihkan Anda menggunakan jasa penasihat keuangan yang mahal dan seringkali mengusulkan ide-ide yang tidak masuk akal untuk kesehatan finansial Anda?

Jika Anda sudah bosan dengan omong kosong dan motivasi-motivasi “langit” tersebut,  cobalah beralih pada layanan manajemen kekayaan berbasis teknologi terbaru yang akhir-akhir ini secara terang-terangan mengguncang dunia industri serta investasi.

Umumnya, mereka mengandalkan sistem algoritma canggih untuk mengontrol perdagangan dan investasi yang dikelola secara otomatis.

Platform otomatis ini menyediakan penghematan besar bagi pengguna serta menawarkan kemudahan layanan perencanaan keuangan bagi para investor besar.

Kendati demikian, investor pemula pun dapat menikmati layanan fintech ini karena terdapat pula ruang yang menyediakan modal kecil untuk memulai investasi.

Maka tidak mengherankan, jika layanan fintech ini menjadi semacam ancaman yang berarti bagi banyak broker serta penasihat keuangan tradisional, karena bisa diakses dengan sangat mudah, efisien, dan yang paling penting adalah…, tentu saja lebih cerdas dalam memetakan masalah keuangan Anda.

2. Pinjaman (Lending)

Setiap orang, baik itu pengusaha kecil, menengah, atau pun besar, pastilah membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan nilai usaha mereka. Suatu bentuk baru dalam dunia perbankan telah muncul  dalam bentuk teknologi yang memungkinkan dan menawarkan sumber pembiayaan alternatif. Platform yang mengandalkan mesin algoritma ini bisa diandalkan untuk menyelamatkan keuangan serta bisnis Anda, menghemat banyak waktu, uang, dan membantu membuka akses kredit.

Layanan fintech ini menjanjikan layanan kredit yang mudah, cepat, dan murah kepada para peminjam yang tidak dapat teratasi oleh bank. Tentu layanan fintech ini sangat sesuai bagi Anda yang ingin mengembangkan sebuah usaha anti mainstream atau penelitian tidak populer lainnya.

Bahkan jika Anda tertarik untuk melihat lagi, Anda akan menemukan sejumlah bantuan tidak terduga di dalam layanan fintech ini.

3. Pendanaan (Funding)

Platform ekuitas dan crowdfunding menyediakan sumber alternatif investasi untuk individu yang ingin memulai bisnisnya. Platform seperti crowdfunding online akan mengumpulkan sejumlah uang atau dana dari beberapa individu yang secara kolektif akan mendanai proyek-proyek yang kurang menarik di mata bank tradisional atau perusahaan besar lainnya.

Tentu ini merupakan revolusi baru dalam dunia permodalan dan memungkinkan para pebisnis awam untuk mengembangkan usaha rintisan mereka.

Namun pendanaan crowdfunding tidak hanya terbatas pada modal usaha, tetapi juga melingkupi nilai kemanusiaan seperti pembiayaan medis, pembangunan rumah, dan beasiswa pendidikan.

4. Pembayaran (Payment)

Teknologi yang menyangkut tentang sistem pembayaran telah mengubah cara kita dalam melakukan kegiatan perbankan, mentransfer sejumlah uang, serta membayar barang dan jasa. Tentu hal ini didorong pula dengan hadirnya smartphone, teknologi tanpa kontak, dan teknologi yang memungkinkan kita untuk bertransaksi secara digital.

Produk-produk keuangan baru inilah yang membuat pembayaran jadi lebih mudah, cepat, dan mengarahkan kita pada sistem pembayaran tanpa uang tunai. Dalam waktu dekat, Anda tidak lagi membutuhkan dompet dengan ukuran besar yang menampung banyak lembaran uang, tumpukan kartu kredit dan kartu debit.

Satu-satunya barang yang perlu untuk dibawa hanyalah smartphone Anda.

5. Blockchain

Teknologi blockchain akan menciptakan sistem yang aman, terdesentralisasi, anonym, serta tamper proof & unchangeable, tidak seperti bank, para broker, atau perantara lainnya yang menyimpan data pribadi.

Anda pun tidak membutuhkan bank untuk sekedar mentransfer atau menyimpan akun pribadi milik Anda.

Itulah sebabnya mengapa blockchain dapat menjadi ancaman bersama bagi perusahaan-perusahaan dan industri lain yang masih sangat bergantung kepada perantara.

Dampak potensial dari blockchain ini dinilai lebih revolusioner dibandingkan dengan penemuan teknologi seperti mesin cetak, telepon, komputer, dan internet. Anda tertarik?

6. Keuangan Pribadi (Personal Finance)

Generasi baru dari fintech tengah mengembangkan sistem keungan pribadi yang lebih canggih, lebih pintar, lebih terjangkau dan lebih transparan lagi. Aplikasi seluler dan berbagai platform yang ada sekarang telah banyak membantu individu untuk mengembangkan bisnis, anggaran, mengajukan pajak, berinvestasi, bahkan mencari pinjaman.

Tidak hanya itu, mereka juga mampu melacak pengeluaran harian, dan membantu pengguna untuk mengatasi situasi keuangan yang sedang dihadapi secara real time. Tujuannya adalah demi meningkatkan keamanan serta literasi keuangan.

7. Pertukaran Mata Uang (Money Transfer)

Untuk Anda yang suka bepergian ke luar negeri, tentu salah satu kendala yang Anda hadapai adalah masalah pertukan mata uang. Memindahkan serta menukarkan uang secara internasional kerap kali mengundang emosi kita karena dapat menguras waktu dan biaya yang dibutuhkan cukup mahal.

Namun perusahaan pertukaran mata uang dan pengiriman uang tengah mengembangkan platform inovatif yang membuat proses ini lebih sederhana lagi, cepat, mudah, dan tentu saja murah.

Dari pertukaran uang peer to peer yang akan mengurangi biaya pertukaran mata uang, hingga ke transfer-transfer uang berbasis smartphone, serta platform yang memungkinkan pengiriman uang yang lebih efektif bagi orang-orang yang melakukan transaksi atau mentranfer sejumlah uang ke luar negeri.

Itulah sejumlah fintech yang tengah berkembang pesat dan wajib untuk kita pelajari. Kemajuan teknologi harus dapat kita rengkuh sebaik mungkin karena selain memudahkan kita dalam melakukan kegiatan keuangan, teknologi yang semakin berkembang ini akan menelan kita jika kita tidak mampu menguasainya.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang fintech dengan pertumbuhan cepat, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Mengapa Pinjaman Online (Pinjol) Adalah Utang yang Buruk?
Ezubao: Kasus Penipuan P2P Lending dengan Skema Ponzi
10 Perusahaan Penyedia Layanan “Bisa Kredit Online, Tanpa Kartu Kredit”
Waspada Fintech P2P Ilegal dari Cina
Produk Keuangan Apa yang Ditawarkan oleh Financial Technology?
Apakah Financial Technology (Fintech) itu dan Apa saja Produknya?
10 Perusahaan Fintech yang Terdaftar di OJK Lebih dari Setahun
Bank Sentral Memberi Warning pada P2P Lending di Vietnam
Pertumbuhan Ekonomi, Pengertian dan Pengukurannya
5 Peer to Peer Lending di Indonesia yang Patut Diperhitungkan


Bagikan Ke Teman Anda